support@sevima.com

 +62 31 8722719


Dunia Kampus 

10 Situs Tempat Mencari Referensi Karya Tulis Ilmiah

 

adminweb

 

06 Maret 2017

SEVIMA.COM Karya tulis ilmiah tidak bisa dihidarkan dalam dunia pendidikan, pasti para dosen dan mahasiswa pernah dituntut untuk membuat karya tulis ilmiah, jurnal Dll, tentu dengan referensi yang ilmiah pula. Dan kebanyakan rekan-rekan masih bingun nih, dimana mencari refrensinya, intip aja infografis dibawah, ada 10 situs yang bisa anda jelajahi, chek it out:

1. E-resources.perpusnas.go.ig

Situs web Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) ini sudah menjadi langganan akademisi untuk berburu jurnal. Untuk cara masuknya, anda harus menjadi anggota perpus secara online supaya bisa mengakses dimanapun.

2. LIPI.go.id

Ini dia referensi untuk kamu yang suka pusing baca jurnal Bahasa Inggris. LIPI atau Lembaga Imu Pengetahuan Indonesia merupakan lembaga pemerintah non kementerian tapi koordinatormya adalah Kemenristekdikti. Hampir semua jurnal disini bisa diunduh gratis dan berbahasa Indonesia.

3. ijern.com

International Journal of Education and Research mereview jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications). Situs ini adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa berbagi ilmu pengetahuan.

4. doaj.org

Directory of Open Access Journal (DOAJ)
Direktori khusus untuk jurnal berstatus open access, menyediakan fasilitas pencarian link menuju laman jurnal internasional gratis. Tinggal ketik saja jurnal yang dikehendaki, doaj.org akan memberikan jurnal lewat data yang dimiliki.

5. sciencedirect.com

Yang ini adalah situs penyedia artikel, jurnal, dan buku. Meskipun ada yang berbayar, tapi yang gratis bisa dicari pada bagian open access.

6. Researchgate.net

Ini adalah situs tempat berkumpulnya komunitas online peneliti, peneliti bisa mengupload jurnal atau saling request jurnal secara gratis. Untuk mendaftar menggunakan email institusi atau kampus. Kamu bisa ke IPTIK atau ICT kampus masing-masing untuk meminta email student atau email khusus mahasiswa

7. Google Scholar

Seperti mesin pencari pada umumnya, hanya saja dikhususkan untuk jurnal ilmiah maupun skripsi. Tinggal ketik scholar.google.com dan cari kata kunci yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

8. Freefullpdf.com

Pencarian khusus untuk menemukan paper atau publikasi.

9. libgen.org

Library Genesis menyediakan jurnal lama sampai baru, bisa diakses secara gratis juga lho. Tetapi situs ini ilegal, kata teman-teman.

10. Minta Tolong Teman

Kalau semua sudah dicoba, ada satu lagi, yaitu tanya kepada rekan-rekan anda, mungkin mereka mengetahui, atau tanya kepada dosen yang telah banyak melakukan penelitian, pasti mereka mengetahui tempat mecari refrensi yang tepat untuk karya tulis mu, atau minta tolong teman yang ada di luar negeri atau kampus yang berlangganan jurnal-jurnal ilmiah. Selamat mencoba ya!

Semoga membantu tulisan Daftar Referensi Jurnal Ilmiah Online Gratis ini, mungkin rekan-rekan mengetahui referensi situs lain, bisa dishare di kolom komentar agar membantu rekan yang lain…

Infografis bisa lihat dibawah:

Infografik Situs

SEVIMA : Take IT Easy

Baca juga:

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami