Lomba Artikel

Pemanfaatan Siakad Cloud & Google Classroom sebagai LMS pendukung MBKM di UKWK Malang

Penulis: Dr. Sunik, S.T., M.T
Dekan Fakultas Teknik: Universitas Katolik Widya Karya Malang

Salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 adalah mengenai Sistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu mahasiswa diberi hak belajar tiga semester di luar program studi. Kebutuhan dan perkembangan jaman menuntut kompetensi mahasiswa yang unggul melalui ketercapaian capaian pembelajaran, persiapan berpikir kritis menyesuaikan tata nilai kehidupan dan memilih peluang yang dibutuhkan agar berhasil dalam jalur yang mereka pilih melalui link-match dunia industri dan dunia kerja.

Adanya perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat memberikan wadah bagi mahasiswa melalui MBKM. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Karya Malang adalah salah satu prodi yang menerapkan program MBKM untuk memberi kesempatan mahasiswa mengembangkan potensi diri melalui pembelajaran yang otonom, fleksibel, mengalami kultur belajar inovatif, tidak mengekang, sesuai kebutuhan mahasiswa. 

Prodi Teknik Sipil UKWK menerapkan program pembelajaran MBKM lintas program studi yang sama di luar UKWK pada Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 dan kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Prodi yang sama di luar UKWK yang bermitra dalam pembelajaran MBKM adalah Prodi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Dalam kegiatan pembelajaran ini digunakan pemanfaatan Google Classroom (GC) dan Siakad Cloud sebagai LMS pendukung MBKM. Penggunaan Google Classroom mempermudah mahasiswa dalam proses belajar mengajar karena materi setiap pertemuan dan tugas mandiri dapat diunduh maupun diunggah dalam Google Classroom tersebut.

Dosen pengampu juga mudah dalam melakukan monitoring setiap tugas yang diunggah untuk direview dan dinilai serta dikembalikan kepada mahasiswa sebagai umpan balik pemahaman materi yang diberikan. Tahapan dalam Google Classroom juga sangat mudah dipelajari. Dosen pengampu dapat membuat kelas, menambah peserta pembelajaran, membuat konten, membuat pengumuman, membuat tugas, pertanyaan maupun quiz. Mahasiswa dapat melihat pengumuman, mengunggah tugas yang diberikan dosen, melihat review tugas yang dikembalikan oleh dosen dan melihat nilai. 

Salah satu mata kuliah yang digunakan sebagai pembelajaran MBKM di Prodi Teknik Sipil UKWK adalah mata kuliah Hidrologi. Adapun link contoh pembelajaran materi supaya mahasiswa dapat memahami tentang siklus hidrologi dan perhitungan curah hujan rencana menggunakan metode Log Pearson tipe III adalah sebagai berikut:

https://drive.google.com/drive/folders/1_c4u2mtazgk5yu5aZ90cNM9UK50J2cCc

Dalam perkuliahan daring, materi dipresentasikan melalui zoom dan Gmeet. Selain pemberian materi dan tugas, juga diberikan quiz untuk mereview materi yang sudah disampaikan. Salah satu media untuk quiz menggunakan play.kahoot.it. Contoh pembelajaran dan quiz menggunakan Gmeet dan Gclassroom adalah sebagai berikut:

Penggunaan Siakad Cloud dalam proses akademik, penerimaan mahasiswa, pengelolaan mahasiswa, keuangan dan kepegawaian juga sangat membantu dan mendukung dalam proses belajar mengajar. Monitoring mahasiswa terkait KRS, perkuliahan, nilai, presensi, keuangan juga lebih mudah. Penggunaan Siakad Cloud di UKWK dimulai tanggal 1 Agustus 2019 dan dalam proses entri data, uji coba, sosialisasi dan implementasi (baik untuk dosen maupun mahasiswa) terus dilaksanakan melalui pelatihan secara berkala. 

Menu dalam Siakad Cloud pengaktifan disesuaikan peruntukkannya yaitu untuk pejabat struktural, dosen, mahasiswa, kepala unit (Ka. BAA, Ka.BAU, Ka.LPM, Ka. LPPM) serta admin.Untuk dapat masuk dalam menu Siakad Cloud diberikan user dan password tersendiri sesuai peruntukan tersebut. Berdasar beberapa uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan LMS pendukung MBKM memberikan keuntungan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di UKWK karena adanya kemudahan dalam proses PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Peninjauan/monitoring dan Peningkatan/tindak lanjut)

Berikut ini adalah contoh undangan pelatihan Google Classroom dan Siakad Cloud bagi dosen, juga tampilan menu untuk mata kuliah Hidrologi yang memuat tentang detil kelas, dosen pengajar, kontrak kuliah, jadwal perkuliahan, peserta kelas, presensi kelas, jadwal ujian, nilai perkuliahan, rekap kuisioner, RPS, rencana dan realisasi materi, kelas kuliah, Pembimbing Akademik serta tugas kuliah.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar