+62 812-9000-4560     support@sevima.com


Pentingnya Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Berbasis ICT

Aplikasi OnlinesiAkad CloudTeknologi
 

adminweb

 

10 Oktober 2019

SEVIMA.COM – Sistem Informasi Manajemen adalah Suatu sistem Informasi yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi apapun di kampus secara online, seperti proses akademik, penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa, keuangan, akreditasi, dll. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus.

Pemanfaatan TIK menjadi vital dan sangat menentukan kemajuan organisasi sebuah lembaga pendidikan dalam menghadapi persaingan global. Lembaga pendidikan tinggi yang baik tentunya harus memiliki sistem informasi manajemen pendidikan yang cukup, bahkan baik, guna memberikan pelayanan prima kepada seluruh civitas akademika (mahasiswa, tenaga pengajar, pengelola maupun pemangku kepentingan lainnya di luar lembaga Perguruan Tinggi itu sendiri.

Demi memberikan pelayanan prima bagi seluruh civitas akademiknya maka sistem informasi terintegrasi kini mulai menjadi kebutuhan yang penting bagi universitas. Mengingat proses manajemen kampus yang tidak sederhana. Ada banyak lingkup yang harus dikelola oleh perguruan tinggi. Mulai sistem pendaftaran, perencanaan studi, aset, perpustakaan, hingga keuangan. Belum lagi sistem pendukung lainnya pada lingkup kemahasiswaan seperti sistem pengumpulan PKM, beasiswa, Yudisium, PMW, dan lainnya.

Baca juga: Keberanian STP Bandung Untuk Perubahan Besar Dengan Siakad Cloud

Setiap sistem memiliki fungsi sendiri-sendiri terutama dalam penanganan data. Seperti sistem informasi akademik yang menangani data perkuliahan mahasiswa. Sistem kepegawaian yang mengurusi setiap data yang berhubungan dengan SDM yang ada di universitas. Selain itu ada pula sistem penjaminan mutu yang berfungsi mendata dokumentasi untuk pelaporan ke Ban-pt.

Namun dalam pelaksanaannya, sistem informasi di perguruan tinggi dikembangkan secara parsial oleh unit-unit di dalam perguruan tinggi. Pengembangan sistem dilakukan secara mandiri berdasar pada pemenuhan kebutuhan di unit tersebut. Hal ini menyebabkan perbedaan pada format database di satu unit dengan unit yang lain, bahkan dengan unit pusat di perguruan tinggi. Berikut beberapa permasalahan yang akan muncul.

Sayangnya, kenyataan di lapangan acap kali ditemukan sistem informasi yang masih berdiri sendiri-sendiri. Manajemen kampus pun harus beberapa kali memasukkan data yang sama ke beberapa sistem informasi yang berbeda. Misalnya saja saat proses pengumpulan PKM, pengajuan beasiswa, atau pendaftaran yudisium, mahasiswa masih diminta untuk memasukkan data identitasnya kembali saat melakukan pendaftaran pada aplikasi yang berbeda. Padahal, pihak kampus sendiri sebenarnya telah memiliki data seluruh mahasiswa, dan tinggal digunakan. Hal ini terjadi karena antara sistem satu dengan yang lainnya tidak saling terintegrasi.

Untuk itu, apabila perguruan tinggi ingin memberikan pelayanan terbaiknya guna meningkatkan kualitas pendidikan kedepan. Sekaranglah saatnya kampus memiliki sistem informasi yang terintegrasi. Salah satu foundasi Sistem Informasi Manajemen dibutuhkan kampus adalah Sistem Informasi Akademik.

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

Sistem Informasi Akademik secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas layanan, daya saing serta kualitas SDM yang dihasilkannya. Pengembangan Sistem Informasi Akademik dilakukan secara kontinu dan intensif, mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan mendasar perguruan tinggi, sehingga kemampuan Sistem Informasi Akademik akan terus meningkat.

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dapat membantu Anda dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar (dosen) serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan bantuan Software agar mampu mengefektifkan waktu dan menekan biaya operasional. Sistem Informasi Akademik juga telah disesuaikan dengan kebutuhan pembuatan laporan Perguruan Tinggi, diantaranya sudah sinkron dengan format terbaru Feeder DIKTI.

Kelebihan Sistem Informasi Akademik Teritegrasi dan Sesuai dengan Regulasi Dikti

User Friendly

SEVIMA sudah mempunyai pengalaman kurang lebih dari 15 tahun sebagai konsultan dan pengembang sistem informasi akademik di berbagai kampus, dan sudah mengetahui work flow sistem kemahasiswaan di kampus. SIAKAD di desain dengan tampilan dan menu-menu yang mudah dioperasikan dengan tidak menghilangkan informasi penting yang ingin disampaikan.

Kompatibel dengan laporan DIKTI

SIAKAD dapat mengakomodir kebutuhan pembuatan laporan Feeder DIKTI dari DIKTI. Sehingga laporan ke DIKTI dapat dilaksanakan dengan cepat dan akurat. Sudah Terbukti dan Terjamin keakuratanya.

Kompatibel dengan laporan DIKTI (Support export data akademik mahasiswa dalam bentuk Excel, Support import data akademik mahasiswa dalam bentuk Excel, Mengintegrasikan jumlah data yang banyak dalam waktu singkat, Pelaporan PDDIKTI setiap semester).

Menekan Biaya Operasional

SIAKAD terbukti efektif memangkas biaya operasional pengelolaan data akademik terutama dalam hal efektivitas kerja dan biaya untuk alat tulis kantor (ATK). Tentu dengan adanya sistem ini, akan mengurangi penggunaan kertas di berbagai kampus. Tentu ini sangat bagus dan menekan biaya oprasional dan juga membantu menjaga penebangan pohon untuk keperluan pembuatan kertas.

Sesuai dengan kebutuhan Perguruan Tinggi

SIAKAD dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan sistem akademik pada Perguruan Tinggi seperti sistem pengambilan mata kuliah, format transkrip nilai, pengelolaan data mahasiswa dan dosen, pengelolaan program studi dan lain-lain.

Saling Terintegrasi

Karena saling terintegrasi, tentu tidak ada pengulangan atau duplikat data yang ada dalam sistem sehingga sharing antar data sistem menjadi cepat dan akurat. Artinya data dalam satu database maka kegiatan pengolahan, dan perputaran informasi akan lebih cepat.

Fitur Paling Lengkap

Disamping kostumisasi modul, SIAKAD juga mempunyai fitur yang lengkap, seperti:

– Manajemen Data Program Studi
– Manajemen Data Kurikulum
– Manajemen Data Pembayaran dan Tagihan
– Manajemen Data Semester
– Manajemen Ruang Kelas
– Manajemen Data Penjadwalan Perkuliahan, UTS dan UAS
– Monitoring Penilaian Dosen
– Manajemen Data Dosen
– Manajemen Data Kemahasiswaan
– Manajemen Data KRS (KRS Online)
– Yudisium
– Portal Mahasiswa (Data Kemahasiswaan)
– Portal Dosen (Data Kepegawaian)
– Terintegrasi Dengan Feeder DIKTI terbaru
– Pembayaran Terintegrasi dengan Bank Mitra

Semoga dengan adanya sistem informasi akademik (SIAKAD) terintegrasi ini dapat memudahkan kampus anda dalam memperbaiki pelayanan dan proses pembelajaran yang ada dikampus, serta memangkas semua pekerjaan yang memakan banyak waktu, sehingga manjemen bisa fokus untuk peningkatan mutu perguruan tinggi.

Bagiamana kampus Anda siap menggunakan Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Berbasis ICT, yuk mulai dengan Sistem Informasi Akademik yang sudah banyak dipercaya perguruan tinggi dan juga sudah sesui dengan peraturan Ristekdikti: siakadcloud.com

Free Download WordPress ThemesDownload Nulled WordPress ThemesDownload WordPress ThemesDownload Premium WordPress Themes Freefree download udemy coursedownload karbonn firmwareDownload Nulled WordPress Themesfree download udemy course

Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami