Lomba Artikel

Teknologi Informasi Dalam Lingkungan Akademik

Penulis : Mochamad Afroni, M.Pd
Dosen Kampus : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Sebagaimana kehidupan, pendidikan dituntut untuk selalu berinovasi mengikuti perkembangan jaman. Seperti di era pendidikan revolusi 4.0. Perkebangan  teknologi  sudah merambah ke dunia pendidikan, dari Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

Inovasi merupkan salah satu solusi untuk menjadikan pendidikan yang merupakan sebuah kebutuhan agar mudah diakses oleh peserta didik atau mahasiswa. Dalam proses perkuliahan Pengajar atau Dosen pun dituntut untuk menciptakan perkuliahan yang aktif dan efektif mencapai sebuah tujuan perkuliahan. Seperti halnya ditinjau dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pendidikan disebutkan bahwa pendidikan adalah proses perubahan sikap dan tingkahlaku seseorang atau kelompok dalam usaha mencerdaskan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Bukan hanya itu saja, hadirnya teknologi dalam dunia akademisi perlu diselaraskan dengan kebutuhan dalam proses pendidikan. Agar teknologi yang hadir itu dapat memberikan dampak yang positif dalam proses pendidikan dan mendapatkan hasil yang baik. Pemanfaatan alat elektronik juga menjadi satu hal yang perlu dikembangkan, agar dapat mendukung jalannya proses pendidikan. Ini poin pokok penting, bagaimana teknologi informasi yang hadir di dalam dunia akademik menjadikan nilai tambah dalam hal proses dan hasil pendidikan. 

Di era saat ini pendidikan juga mengharapkan agar dapat menyajikan materi dan perkuliahan yang efektif. Baik dalam prosesnya ataupun dalam jarak tempuh. Mengikuti perkembangan teknologi seakan menjadikan salahsatu hal yang juga harus diberi perhatian khusus agar pendidikan dapat mudah diterima oleh peserta didik dan hasil pendidikanpun akan maksimal. 

Peran Teknologi dalam Pendidikan

Hadirnya pendidikan tentu memberikan warna tersendiri dalam dunia pendidikan. Baik dalam proses atau dalam hasil perkulihan. Sebagaimana yang disampaikan Kahirul Umam bahwa hadirnya teknologi pendidikan dalam pendidikan berpotensi: (1) dapat meningkatnya produktivitas pendidikan, seperti mempercepat tahapa belajar, (2) pelajar mudah dalam belajar secara mandiri, (3) pelajar dapat memahami ilmiah terhadap materi ajar, (4) lebih meyakinkan pembelajaran, (5) pelajar dapat mengakses materi dengan cepat, dan (6) penyajian materi lebih luas. Hal ini menjadikan hadirnya teknologi informasi di dunia akademik mempunyai efek yang positif. Baik dalam perencanaan, Proses, ataupun dalam hasil perkuliahan. 

Adapun Pengorganisasi perkuliahan yang baik harus meliputi beberapa hal, diantaranya:

  1. Perencanaan kuliah,
  2. Penentuan Tujuan perkuliahan,
  3. Pemilihan Sumber Ajar,
  4. Proses Perkuliahan, 
  5. Penugasan, 
  6. Penilaian.

Perencanaan perkulihan merupakan tahapan yang perlu di perhatikan terlebih dahulu disbanding dengan yang lain, karena dalam perencanaan akan menentukan tahapan berikutnya. Ada beberapa hal yang perlu dipersipkan sebelum melaksanakan perkuliahan seperti menghadirkan absensi, Rencana Pelaksanaan Semester (RPS), dan juga materi ajar. Hadirnya teknologi yang dapat mengakses poin-poin tersebut tentu akan menjadikan perkuliahan akan terasa modern dan efektif. Dalam proses perkuliahan hadirnya media ajar yang dapat dijadikan alat diskusi online merupakan suatu hal yang diharapkan oleh Dosen dan Mahasiswa. Bisa dikatakan perlu adanya revolution education.

Di tahun 2014 PT. Sentra Vidya Utama (SEVIMA) Menluncurkan Aplikasi yang dapat di akses oleh dosen mahasiswa yakni Aplikasi Sevima Edlink. Adapun Sevima Edink ini dapat digunakan sebagai media perkuliahan yang menghubungkan atara Dosen dan Mahasiswa secara daring (online).

Sebagaimana dilansir pada halaman utama Sevima, ada banyak hal yang dapat digunakan oleh pengguna. Seperti halnya: 1) Portal Pencarian Kampus, 2) Sistem Informasi Manajemen Akademik, 3) Learning Management System, 4) Pembayaran Online, 5) Sistem Penunjang Persiapan Akreditasi, 6) Pelaporan PDDIKTI, 7) EMIS, 8) SISTER Online, 9) Portal Karir Alumni, dan 10) Persuratan Online. Dari beberapa hal yang tersaji, sudah jelas adanya bahwa Edlink Sevima memberikan kepuasan pengguna dari Pengadministraian, Perkuliahan hingga laporan ke PDDIKTI. 

Pengalaman penulis, menggunakan SIAKAD Edlink Sevima sangatlah mudah dalam proses persiapan, proses perkuliahan, penyajian materi, absensi, hingga laporan penilaian. Adapun prosesnya sebagai berikut:

Awal mula di membuat akun terlebih dahulu di platform Sevima, kemudian Login dengan username dan password yang sudah di daftarkan.

Setelah itu, akan muncul akun profil di sisi kanan, dan di bagian kiri terdapat beberapa fitur 1) Beranda, 2) SDM yang menyajikan profil akun peribadi Dosen, 3) Mahasiswa yang mencangkup daftar mahasiswa dan validasi mahasiswa untuk menghubungkan dengan absesnsi di Siakad, 4) Perkuliahan isinya jadwal Perkuliahan yang diampu oleh Dosen, agenda perkuliahan, presensi dan RPS, 5) Laporan isinya presensi Mahasiswa, jurnal mengajar, nilai dan laporan perkuliahan.  

Lebih efektif lagi, dosen dan mahasiswa dapat melakukan diskusi dengan menggunakan daring atau perkuiahan jarak jauh. Dimana Dosen dapat membagikan  materi kemudian di jam yang sudah ditentukan mahasiswa dan dosen dapat berdikusi sebagaimana perkuliahan tatap muka. 

Inovasi di dunia penidikan sangatlah penting adanya. Sebagai nextgenertion tentu perlu adanya kwalitas dalam segi pendidikan dan teknologi akan menjadi generasi yang dapat bersaing. Hal ini dapat diawali di dunia pendidikan (revolution education). Saat Dosen dan Mahasiswa sudah membiasakan diri dengan dunia teknologi maka teknologi pendidikan aka terus berkembang, seperti halnya hadirnya Edlink Sevima yang menghadirakan beberapa fitur yang menunjang proses pendidikan, baik dari segi proses perkuliahan, laporan PDDIKTI, hingga Akredasi. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar