16 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Teknologi • 26 Jul 2023

Apa Itu Open API? Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Shitny SEVIMA

SEVIMA. COM – Pernahkah Anda melakukan transaksi pembayaran untuk belanja di e-commerce? Tidakkah Anda merasakan perbedaan antara pembayaran dulu dan sekarang? Kalau dulu setelah melakukan pembayaran melalui transfer, kita harus mengirimkan bukti pembayaran berupa screenshot sebagai konfirmasi pembayaran. Namun, sekarang beberapa platform sudah tidak memerlukan konfirmasi seperti sebelumnya karena sistem sudah menjadi otomatis sehingga pembeli tidak perlu melakukan konfirmasi.

Itu adalah salah satu contoh Open API yang sederhana. Dengan adanya Open API, Anda tidak perlu lagi repot karena pekerjaan dapat menjadi lebih cepat dan efisien. Meskipun, banyak diantara kita belum mengenal Open API, mungkin saja Anda sudah merasakan manfaatnya di kehidupan sehari-hari. 

Untuk itu, mari kita lebih mengenal apa itu Open API, tujuan serta manfaatnya. Simak artikel ini hingga tuntas, ya.

Baca juga: Pentingnya Keamanan Informasi Pribadi

Pengertian Open API

Open API atau Application Programming Interface adalah program aplikasi yang dapat menerapkan system to system integration atau program yang memungkinkan suatu aplikasi untuk berinteraksi dengan aplikasi lainnya. Open API ini terdiri dari sekumpulan perintah, protokol, dan fungsi yang dapat diakses oleh pengembang pihak ketiga untuk memfasilitasi integrasi antara sistem yang berbeda.

Tujuan Open API

Open API bertujuan untuk memfasilitasi integrasi antara berbagai aplikasi atau layanan. Jika sebuah institusi menggunakan API, pengembang pihak ketiga dapat menggunakan fungsionalitas atau data untuk menciptakan aplikasi atau platform sesuai kebutuhan institusi.

Jadi sudah jelas ya, Open API memberikan manfaat bagi pengguna karena dapat dengan mudah membangun ekosistem melalui perantara pihak ketiga. 

Manfaat Open API

Masih banyak manfaat lainnya yang didapatkan suatu institusi dengan menggunakan Open API. Apa saja? Ini dia manfaat Open API, meliputi:

  • Lebih Hemat Biaya

Bayangkan jika sebuah institusi harus membangun dan mengembangkan ekosistem aplikasinya sendiri? Tentu akan sangat memakan waktu dan biaya, bukan? Dengan adanya Open API, institusi bisa mengandalkan pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi atau layanan.

Itu artinya, institusi sudah menghemat biaya pengembangan tambahan yang harus dikeluarkan jika dikerjakan sendiri. Selain itu, jika dikerjakan oleh pihak ketiga akan mempercepat proses pengerjaan dan dengan mudah fitur tambahan yang dibutuhkan tersedia karena sudah memiliki pengalaman. 

  • Mudah untuk Diimplementasikan

Open API biasanya disertai dengan dokumentasi yang  dapat menjelaskan secara detail elemen-elemen kunci dalam API. Elemen-lemen tersebut yaitu endpoint, parameter, dan respons yang memiliki peran penting dalam interaksi antar aplikasi atau layanan. 

Sehingga, dokumentasi yang jelas dapat memudahkan pengembang eksternal untuk memahami cara menggunakan API Anda.

  • Pengembangan Menyesuaikan Kebutuhan

Terkadang kita dihadapkan dengan perubahan yang sangat cepat yang tidak berbanding lurus dengan Sumber Daya Manusia. Namun, tidak perlu khawatir,  dengan menggunakan Open API, sebuah institusi seperti memiliki tim tambahan yang dapat membantu untuk mengembangkan aplikasi atau layanan. Nah, pengembangan tersebut disesuaikan dengan kebijakan, aturan atau penyesuaian lainnya. sehingga institusi Anda dapat terus update.

  • Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja

Apakah Tim IT di institusi Anda masih direpotkan dengan pekerjaan yang menumpuk? Tidak perlu khawatir, dengan menghubungkan sistem internal dengan layanan atau aplikasi pihak ketiga melalui API, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dengan cara mengurangi tugas manual yang seringkali dilakukan secara berulang. Tentu, hal tersebut dapat menghemat waktu dan sumber daya pengembangan internal. Sehingga waktu dan tenaga tersedia dapat dialokasikan untuk hal mendesak lainnya.

Baca juga: SEVIMA Bersiap Tingkatkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi Berstandar Internasional Melalui ISO 27001

Kini, Anda lebih mengenal Open API, kan? Banyak manfaat yang didapatkan dengan mengakses Open API. SEVIMA Platform saat ini telah dibekali dengan Open API, yang memungkinkan Perguruan tinggi mengambil data dari ekosistem SEVIMA Platform. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengintegrasikan data dari SEVIMA Platform ke aplikasi atau laporan lain yang dikembangkan. Anda cukup mengambil key API pada halaman API SEVIMA, lalu implementasi ke sistem yang membutuhkan integrasi data.

SEVIMA siap membantu perguruan tinggi menunjang pengelolaan data yang efektif dan efisien namun tetap menunjang keamanan data.  Kunjungi website sevima.com untuk informasi lebih lanjut.

 

Gambar: Canva.com

 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

×