7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 07 May 2024

Sistem Akademik yang Mendukung Implementasi Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 41 Tahun 2021 tentang RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau), yaitu untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi setiap individu untuk menempuh pendidikan formal, nonformal dan informal melalui fasilitas pembelajaran sepanjang hayat serta memberikan kesempatan penyetaraan terhadap kualifikasi tertentu. 

Dengan adanya program RPL, calon mahasiswa yang telah bekerja dapat mengkonversikan pengalamannya sebagai pemenuhan SKS. Seperti apa penerapan RPL dan bagaimana implementasinya agar semakin optimal? Berikut ulasannya. 

Apa itu RPL?

Dilansir dari laman Universitas Ubudiyah Indonesia program RPL merupakan sistem pengakuan terhadap pencapaian belajar dari berbagai sumber, seperti pendidikan formal, informal, dan pengalaman kerja, yang menjadi dasar untuk melanjutkan atau menyamakan kualifikasi pendidikan. Program ini ditujukan untuk individu yang memiliki latar belakang pendidikan formal dan informal serta telah bekerja selama lebih dari dua tahun.

Program RPL memberikan kesempatan bagi tenaga kerja untuk memperoleh akses ke pendidikan tingkat sarjana, meningkatkan kompetensi, mendapatkan gelar, dan mendukung pengembangan karir mereka. 

Keuntungan Penerapan RPL di Perguruan Tinggi

Menurut Wahyudi Agustiono, Ph.D., Pakar & Praktisi Akreditasi sekaligus Product Researcher SEVIMA dalam Webinar Nasional: Sukses Pelaporan dan Pendataan Rekognisi Pembelajaran Lampau di SIERRA & PDDIKTI pada Selasa (12/12/2023). Beliau menjelaskan berbagai manfaat ketika perguruan tinggi membuka jalur ini, seperti:

1. Peluang Meningkatkan Intake Mahasiswa Baru

Program RPL membuka kesempatan untuk calon pendaftar yang telah memiliki pendidikan formal, informal, hingga pengalaman kerja untuk dapat melakukan penyetaraan.

“Dengan RPL ini akan menjaring mahasiswa baru yang berdampak pada peningkatan pendapatan perguruan tinggi,” jelas Wahyudi.

2. Menunjang Akreditasi, Membantu Pencapaian IKU, hingga Data Hibah

Pengajuan RPL yang dijalankan sesuai regulasi dapat memberikan kontribusi di dunia pendidikan ternyata memberikan manfaat bagi kampus mulai dari menunjang akreditasi, membantu capaian IKU, hingga mendapatkan dana hibah. Calon mahasiswa pendaftar ini biasanya 

“Kalau misalnya calon mahasiswa adalah praktisi industri atau memiliki perusahaan maka hal ini secara langsung dapat meningkatkan peluang pencapaian IKU dan digandeng menjadi mitra perguruan tinggi,” jelas Product Researcher SEVIMA ini.

3. Meningkatkan Branding Perguruan Tinggi

Jalur RPL ini biasanya diisi oleh calon mahasiswa yang telah memiliki kompetensi dan pengalaman kerja yang sesuai. Melalui jalur ini, akan mendapat exposure lebih, sehingga dapat meningkatkan branding perguruan tinggi karena terdapat para influencer yang terkenal.

“Para praktisi yang telah ahli seperti musisi hingga pejabat dapat ikut mendaftar pada program RPL ini. Sangat jelas bahwa mereka yang mendaftar ini akan menarik minat calon mahasiswa baru,” tambahnya.

Baca juga: Apa itu RPL? Pengertian, Jenis, Syarat, Prinsip, Tahapan & Implementasinya di Perguruan Tinggi

Implementasi RPL di Perguruan Tinggi

Pada Implementasi RPL terdiri dari dua tipe yaitu RPL Tipe A dan RPL Tipe B:

RPL Tipe A

RPL tipe A merupakan cara untuk mengakui pencapaian belajar sebagian dari hasil belajar di universitas sebelumnya, pendidikan nonformal, informal, dan pengalaman kerja setelah menyelesaikan pendidikan menengah.

RPL Tipe B

RPL tipe B merupakan program agar dosen bisa mendapatkan pengakuan kualifikasi yang setara dengan jenjang KKNI untuk menjadi dosen profesional. Universitas yang menyelenggarakan program RPL jenis B akan memastikan implementasi dan hasil RPL sesuai dengan kriteria dosen.

Universitas akan mengikuti Kepdirjendiktiristek No. 162/E/KPT/2022 mengenai panduan teknis RPL di PT yang menyelenggarakan Pendidikan Akademik untuk menjalankan RPL. Dalam panduan tersebut, universitas harus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, dan Permendikbudristek No. 41 Tahun 2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau. 

Saat ini, kebanyakan universitas di Indonesia lebih memilih untuk menyelenggarakan RPL jenis A. Oleh karena itu, mari kita ulas syarat dari RPL jenis A ini. Bagaimana kira-kira syarat penyelenggaraannya?

Syarat Penyelenggaraan RPL Jenis A di Universitas

Penerapan RPL harus memenuhi kriteria penyelenggaraan RPL agar mendapatkan pengakuan transfer kredit dan mendapatkan ijazah yang sah dan tercatat di PDDikti. Berikut adalah syarat penyelenggaraan RPL jenis A:

RPL Transfer Kredit

  • Program studi memiliki status akreditasi minimal terakreditasi.
  • Program studi telah menghasilkan lulusan sesuai dengan standar PDDikti.

RPL Perolehan Kredit

  • Program studi telah terakreditasi dengan status minimal Baik Sekali atau B.
  • Program studi telah menghasilkan lulusan sesuai dengan standar PDDikti.

Untuk menyelenggarakan RPL dengan dua tipe tersebut, perguruan tinggi menyusun rencana pembelajaran mahasiswa yang telah disetujui oleh SIERRA. Perguruan tinggi perlu mendapatkan izin untuk penyelenggaraan RPL perguruan perlu mempersiapkan beberapa dokumen untuk diajukan ke Sierra Kemendikbud, yakni:

Setelah mendapatkan izin untuk penyelenggaraan, perguruan tinggi dapat membuka program RPL dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut: 

  1. Perguruan Tinggi harus mendapatkan izin untuk menyelenggarakan program RPL 
  2. ⁠Calon pendaftar harus menyiapkan berbagai dokumen portofolio yang relevan sebagai pembuktian capaian pembelajaran. Dokumen yang dimaksud adalah ijazah, logbook pekerjaan, sertifikat, portfolio, dan berbagai bukti pendukung capaian ke asesor.
  3. ⁠Asesor RPL menilai banyak dokumen tdk dalam satu wadah

Proses penerimaan mahasiswa RPL ini cukup kompleks, sehingga tim PMB perlu teliti agar terhindar dari kesalahan. Jika terjadi kesalahan maka pihak perguruan tinggi perlu melaporkan langsung ke PDDIKTI. 

Untuk memudahkan perguruan tinggi membuka program RPL hingga proses penerimaan mahasiswa baru, SEVIMA Platform kini merancang modul yang telah mendukung pelaksanaan RPL. Seperti apa SEVIMA Platform dapat mendukung pelaksanaan RPL? Berikut pembahasannya. 

SEVIMA Platform Dukung Pelaksanaan Program RPL

Pada implementasi untuk mengajukan RPL, perguruan tinggi seringkali menghadapi berbagai masalah seperti: 

  1. Perguruan Tinggi harus mendapatkan izin untuk menyelenggarakan program RPL dengan mengajukan berbagai dokumen sesuai syarat.
  2. ⁠Calon pendaftar harus menyiapkan berbagai dokumen portofolio yang relevan sebagai pembuktian capaian pembelajaran. Bisa ijazah, logbook pekerjaan, sertifikat, portfolio, dan masih banyak lagi untuk mendukung pembuktian capaian ke asesor. Dokumen ini harus dinilai satu persatu oleh asesor yang memakan banyak waktu.
  3. ⁠Asesor RPL menilai banyak dokumen tidak dalam satu wadah.

Guna mendukung perguruan tinggi melaksanakan RPL mulai dari mempersiapkan dokumen SPMI hingga sampai tahap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur RPL, kini SEVIMA Platform telah mengakomodir semua kebutuhan tersebut. Berikut adalah keunggulan SEVIMA Platform dalam penyelenggaraan RPL:

  1. Mengakomodir dokumen pendaftar program RPL sesuai kompleksitas yg dibutuhkan, 
  2. ⁠Memudahkan asesor penilai melakukan rekognisi Capaian Pendaftar dengan Mata Kuliah pada kurikulum Perguruan Tinggi.
  3. Kemudahan manajemen laporan proses pendaftaran RPL. 
  4. Mendukung pelaporan data mahasiswa baru RPL ke SIERRA

RPL

Baca juga: RPL Bukan Cara Mudah Peroleh Gelar, Ini Manfaat RPL untuk Perguruan Tinggi

Itu tadi penjelasan lengkap terkait cara sukseskan pelaporan dan pendataan RPL ke SIERRA dan PDDikti agar sukses. Bagi bapak Ibu yang tertarik dengan SIAKAD SEVIMA yang telah support RPL, dapat langsung koordinasi dengan Tim SEVIMA di sini untuk informasi lebih lanjut.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×