10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 16 Feb 2024

Penting! Perguruan Tinggi Harus Punya 4 Dokumen SPMI Ini, Apa Saja?

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) merupakan kegiatan penting untuk melakukan penjaminan mutu perguruan tinggi. Menurut Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 pada bab I pasal I menjelaskan kegiatan SPMI dilakukan secara otonom yang berfungsi untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi agar lebih tertata.

Masih dalam aturan Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 pada pasal 69, dijelaskan bahwa penyelenggara SPMI yaitu perguruan tinggi memiliki tugas untuk menyusun beberapa dokumen, seperti: dokumen kebijakan, standar mutu, tata cara penilaian (manual), hingga dokumentasi formulir. Untuk lebih jelas apa penjelasan 4 dokumen tersebut, simak ulasannya di bawah.

4 Dokumen Mutu yang Harus Dimiliki Perguruan Tinggi dalam Melaksanakan SPMI

Dikutip dari materi yang telah di publish pada laman resmi lldikti6.kemdikbud.go.id, 4 dokumen mutu ini memiliki fungsi yang krusial dalam merancang dan pelaksanaan SPMI di perguruan tinggi, apa saja 4 dokumen mutu tersebut:

1. Dokumen Kebijakan

Setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh sebuah perguruan tinggi wajib terdokumentasi dengan jelas. Melalui dokumen kebijakan ini perguruan tinggi memberikan informasi terkait kualitas sebuah perguruan tinggi yang menyangkut visi, misi, tujuan, hingga latar belakang menjalankan SPMI. 

Dokumen ini berdiri standar yang dibuat oleh perguruan tinggi secara otonom melalui pertimbangan Standar Nasional (SN Dikti) yakni Standar Luaran, Standar Proses, dan Standar Masukan Pendidikan. 

2. Dokumen Standar Mutu

Dokumen kebijakan kemudian dibahas secara detail melalui dokumen standar mutu. Pada dokumen ini, perguruan tinggi menjabarkan secara utuh terkait pengukuran kebijakan dan indikator dari standar yang akan dicapai. 

3. Dokumen Manual

Indikator-indikator yang memuat tentang petunjuk kebijakan, akan diukur melalui dokumen manual. Perguruan tinggi dapat menetapkan terkait pengukuran dilakukan dengan cara seperti apa mengukur indikator dari standar yang ditetapkan. Dokumen ini akan menjadi landasan dan panduan penetapan pengukuran agar tidak terjadi salah tafsir pada pengukuran standar SPMI sebuah perguruan tinggi.

Dokumen manual ini memiliki bentuk seperti formulir yang digunakan untuk mengukur keberhasilan yang telah ditetapkan perguruan tinggi melalui dalam pembuatan SPMI. Untuk detailnya, perguruan tinggi dapat melampirkan mekanisme dalam mengukur keberhasilan dalam mencapai standar. 

4. Dokumen Formulir

Dokumen selanjutnya adalah dokumen formulir. Seluruh formulir yang digunakan secara sah baik terkait ranah akademik dan non akademik dikumpulkan menjadi satu format. Perguruan tinggi dapat menggunakan semua dokumen mulai dari dokumen penerimaan mahasiswa baru, Kartu Rencana Semester (KRS), dan berbagai formulir yang di-provide.

Setiap formulir yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi, akan dinilai berdasarkan standar yang ditetapkan sesuaikan dengan setiap standar. Formulir ini menjadi alat untuk mengendalikan pelaksanaan standar dan merekam mutu hasil pelaksanaan standar. 

Mudah SPMI dengan Modul SEVIMA

SEVIMA meluncurkan modul SPMI SEVIMA Platform untuk mempermudah perguruan tinggi dalam mendokumentasi berbagai kegiatan. Modul ini telah dilengkapi dengan fitur 4 Manajemen Dokumen Mutu yang berisi template dokumen SPMI yang memudahkan perguruan tinggi untuk membuat 4 dokumen SPMI tersebut. 

Selain template dokumen SPMI, perguruan tinggi juga dapat mengelola dokumen SPMI menjadi lebih terpusat dalam satu aplikasi, sehingga dokumen-dokumen tersebut tidak tercecer dan tersimpan dengan rapi serta dapat diakses oleh semua tim penjaminan mutu, agar standar dan budaya penjaminan mutu di kampus dan prodi sama rata.

Tak hanya itu, modul SPMI ini juga dapat terintegrasi dengan sistem informasi akademik kampus sehingga memudahkan perguruan tinggi untuk pengumpulan data untuk pelaporan akreditasi. Mari permudah proses pengisian dokumen SPMI dengan Modul SPMI SEVIMA Platform. 

Tertarik menggunakan modul ini untuk pelaporan dokumen SPMI yang lebih matang? Yuk segera diskusi dan hubungi Tim SEVIMA untuk penjelasan lebih lanjut. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×