7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 10 Jun 2024

Sistem Informasi Akademik yang Telah Mendukung Tracer Study dan Career Center

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Dalam rangka mewujudkan keberhasilan Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 yaitu lulusan mendapat pekerjaan yang layak, perguruan tinggi membutuhkan strategi dan pelaksanaan yang tepat. Salah satu langkah untuk mencapai poin IKU 1 adalah dengan penyesuaian Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dengan kebutuhan industri dan mengembangkan fasilitas dalam menyalurkan lulusan ke industri. Salah satu dengan mengoptimalkan career center data tracer study.  

Tracer study dan Career center merupakan dua hal penting sebagai fasilitator para lulusan dengan dunia industri. Namun sayangnya, masih banyak perguruan tinggi yang abai dengan kedua hal ini. 

Lantas, bagaimana pentingnya tracer study dan career center di perguruan tinggi? Mari kita ulas di bawah ini. 

Baca juga: SEVIMA Platform Siap Mendukung Pelaksanaan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi

Pentingnya Tracer Study dan Career Center di Perguruan Tinggi Berdampak pada Akreditasi

Dilansir dari laman resmi Tracer Study Kemendikbud, pelaksanaan tracer study bertujuan untuk mengetahui hasil pendidikan terhadap alumni dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan ke dunia industri. Hasil dari tracer study ini menjadi evaluasi bagi keberhasilan perguruan tinggi dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas pembelajaran.

Mengikuti perkembangan alumni merupakan bagian penting dari delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dijelaskan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3/M/2023 tentang evaluasi kinerja institusi pendidikan. Selain itu, Permendikbudristek No. 754 Tahun 2022 menegaskan bahwa pelaksanaan tracer study akan berpengaruh besar terhadap akreditasi institusi pendidikan.

Pentingnya hasil data dari tracer study ini juga berdampak pada akreditasi. Bahkan memiliki poin tertinggi di instrumen akreditasi? Bobot penilaian dari tracer study ini telah memegang 30% penilaian, artinya poin ini tidak dapat dipenuhi perguruan tinggi akan kesulitan mendapatkan predikat unggul. 

Untuk mendukung tracer study memiliki hasil data yang baik, perguruan tinggi perlu membantu mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya melalui pengembangan portal job seperti career center yang menghubungkan antara alumni dengan dunia industri. 

Keberhasilan dari career center secara langsung akan mempengaruhi hasil tracer study. Maka penting bagi perguruan tinggi mengembangkan sistem informasi akademik (SIAKAD) yang telah mendukung career center dan tracer study. 

Seperti apa modul SIAKAD dengan integrasi tracer study mempermudah perguruan tinggi mengumpulkan data? Berikut pembahasannya. 

Keunggulan SIAKAD SEVIMA Kini Telah Terintegrasi dengan Tracer Study dan Career Center 

SEVIMA Platform menawarkan solusi untuk mempermudah admin perguruan tinggi dalam mengakses data alumni yang handal dan efisien. Dengan sistem ini, perguruan tinggi juga dapat meningkatkan efektivitas tracer study mereka. Berikut adalah keunggulan dari SIAKAD yang telah terintegrasi dengan modul tracer study dan career center: 

  1. Posting lowongan kerja bagi alumni menjadi lebih dan mudah
  2. Informasi lulusan bisa dipantau secara langsung di dashboard seperti jumlah mahasiswa yang telah bekerja dan belum bekerja.
  3. History pelamar dapat lebih mudah untuk dipantau mulai dari awal recruitment hingga menjadi karyawan.
  4. Kuesioner menjadi lebih mudah dibuat dan cepat karena tersedia template yang sesuai dengan kebutuhan tracer study Dikti.
  5. Desain pengisian form tracer telah disusun untuk mengurangi beban pengisi form dengan menyajikan pertanyaan yang tidak terlalu banyak.
  6. Seluruh hasil pengisian tersaji dalam dashboard tracer study yang bermanfaat untuk pengisian borang akreditasi dan mendukung pengambilan keputusan.
  7. Pimpinan dapat dengan mudah memantau poin perhitungan tracer study yang masuk dalam penilaian luaran Tridharma.

Baca juga: Strategi Tingkatkan Poin IKU 8: Program Studi Berstandar Internasional, dengan Kurikulum OBE

Mengingat pentingnya tracer study, kini perguruan tinggi dapat menjadi lebih mudah dengan mengintegrasikan dengan SIAKAD. Dengan integrasi ini, pelaksanaan tracer study dapat meningkatkan nilai akreditasi program studi di kampus.

Untuk merasakan  kemudahan integrasi modul SIAKAD dengan tracer study, Bapak/Ibu dapat langsung berkonsultasi dengan Tim SEVIMA di sini

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×