10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 04 Jun 2024

SEVIMA Platform Siap Mendukung Pelaksanaan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Keputusan Mendikbudristek No. 210/M/2023 telah menetapkan delapan indikator kinerja utama yang perlu dipenuhi perguruan tinggi. Kedelapan poin tersebut penting untuk meningkatkan kualitas dan daya saing perguruan tinggi di Indonesia, serta memastikan bahwa tujuan pendidikan nasional tercapai. 

Untuk mencapai delapan poin IKU, perguruan tinggi perlu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Tak hanya itu, perguruan tinggi juga butuh strategi tepat untuk meningkatkan pencapaian IKU. Salah satunya dengan menerapkan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) terintegrasi yang mendukung poin IKU.

Dengan menggunakan SIAKAD yang saling terintegrasi dengan data terpusat, perguruan tinggi dapat menjadi lebih mudah monitoring pelaksanaan IKU. Salah satu SIAKAD yang telah mendukung kebutuhan perguruan tinggi untuk mencapai IKU adalah SiAkad Cloud dari SEVIMA Platform.

Seperti apa SIAKAD SEVIMA Platform membantu perguruan tinggi mencapai target IKU? Yuk kita bahas. 

SIAKAD SEVIMA Mendukung Pelaksanaan IKU

Indikator Kinerja Utama atau IKU terdiri dari 8 poin yang perlu dicapai oleh perguruan tinggi. Dengan tercapainya berbagai poin yang dirancang oleh Kemendikbud ini artinya telah menunjukkan kualitas dan kinerja suatu perguruan tinggi.

Untuk mendukung perguruan tinggi melaksanaan IKU dengan optimal, SEVIMA Platform merancang SIAKAD yang saling terintegrasi untuk mendukung poin-poin IKU. Dengan adanya SIAKAD dari SEVIMA Platform ini, dapat membantu perguruan tinggi manajemen pelaksanaan IKU dengan runtut. 

Nah, berikut ini adalah keunggulan fitur SEVIMA platform yang sudah mendukung pelaksanaan IKU, antara lain:

Baca juga: Penerapan IKU di PTS: Tantangan dan Solusi untuk Masa Depan Pendidikan

Poin IKU 1 (Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak)

Poin IKU 1 mengukur kinerja perguruan tinggi melalui lulusan yang mendapatkan pekerjaan dengan layak dalam jangka waktu 6-12 bulan. Poin ini mendorong agar perguruan tinggi mencetak alumni berkualitas yang mampu mendapatkan pekerjaan ataupun menekuni usaha sendiri. Maka untuk mencapai indikator ini, perguruan tinggi perlu fokus untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa agar ketika lulus mampu bersaing di dunia industri.

Untuk mendukung poin ini, SEVIMA Platform mengembangkan Modul Tracer Study dan Career Center yang terintegrasi untuk mengumpulkan data alumni sekaligus membantu alumni mendapatkan pekerjaan pertamanya. 

Poin IKU 2 (Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus)

Eksplorasi pengetahuan mahasiswa melalui pengalaman di luar kampus kini telah diakomodir melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Ada berbagai kegiatan yang dapat dipilih mahasiswa sesuai dengan minat dan bakat yang ingin diasah mulai dari magang, pertukaran pelajar, kegiatan mengajar, penelitian dan masih banyak lagi. 

Dengan mengikuti program ini, mahasiswa diharapkan dapat langsung berkontribusi dengan real project yang ada di lapangan. Sehingga kegiatan ini dapat mendukung kompetensi dan keterampilan mahasiswa.

Untuk mempermudah kampus memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan MBKM, SEVIMA Platform telah menyediakan modul MBKM yang dapat memfasilitasi pelaporan kegiatan mahasiswa. Modul ini dirancang khusus untuk saling terintegrasi dengan SIAKAD Kampus. Kini segala kegiatan mahasiswa di luar kampus akan direkam secara otomatis. 

Poin IKU 3 Dosen Berkegiatan di Luar Kampus

IKU poin 3 mendorong agar dosen memiliki berbagai pengalaman di luar, sehingga aktivitas dosen tidak hanya di dalam kampus sendiri. Namun dosen juga bisa melakukan beberapa pekerjaan di industri sekaligus mengajar di kampus lain.

Untuk mengoptimalkan kegiatan dosen di luar kampus, SEVIMA Platform telah mengakomodir kebutuhan pencatatan dosen melalui Modul Kepegawaian yang telah terintegrasi dengan SISTER Cloud. Melalui modul ini, setiap kegiatan tenaga pendidik dapat direkam secara otomatis sehingga dosen tidak perlu takut kehilangan data-data penting. 

Poin IKU 4 Praktisi Mengajar di Dalam Kampus

IKU berikutnya adalah praktisi mengajar di dalam kampus. Pengajar kini tidak terbatas hanya pada kalangan dosen namun juga praktisi. Merekrut dosen praktisi yang sudah berpengalaman dengan kondisi di lapangan pasti akan lebih mudah memberikan pengalaman yang tak ternilai bagi mahasiswa. Terlebih, mereka juga akan lebih mudah memberikan case yang sering terjadi dilapangan secara real.

Sama seperti poin ketiga, praktisi mengajar di dalam kampus juga telah diakomodir melalui Modul Kepegawaian yang telah terintegrasi dengan SEVIMA. Modul Kepegawaian dapat menjadi solusi praktis pencatat semua kegiatan dosen praktisi. 

Poin IKU 5 Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat

IKU kelima adalah hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat. Poin ini menjelaskan terkait hasil riset yang dilakukan sebaiknya memberikan manfaat besar bagi masyarakat di sekitar.

Khusus untuk poin ini, SEVIMA Platform sedang bersiap mengembangkan Modul LITABMAS yakni proses administrasi tridharma dosen dapat dilakukan melalui modul ini. Modul ini segera di-publish.

Poin IKU 6 Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia

IKU berikutnya adalah berjalannya program studi yang bekerjasama dengan mitra kelas dunia. Sehingga pihak PTN akan menjalani kolaborasi dengan mitra untuk meningkatkan value  program studi seperti magang, penyerapan lulusan, dan lain-lain.

Sama seperti IKU 2, Program studi yang bekerja sama dengan mitra internasional kini telah diakomodir melalui program MBKM. Mahasiswa yang masuk ke dalam program ini dapat monitoring dengan modul MBKM dari SEVIMA Platform. 

Poin IKU 7 Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif

Kelas kolaboratif dan partisipatif sesuai Petunjuk Teknis Pengukuran dan Perhitungan Insentif IKU menekankan pelaksanaan kelas berbasis team based project dan case method. Melalui kelas yang aktif ini, mahasiswa diharapkan dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran di kelas.

Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, SEVIMA Platform telah menyediakan Learning Management System (LMS) EdLink untuk menyediakan kelas yang aktif.  Dengan modul ini, Seluruh pelaksanaan akademik dengan menggunakan modul ini dapat di monitoring secara real time melalui fitur Dashboard Pimpinan.

Poin IKU 8 – Program Studi Berstandar Internasional

Untuk mencapai program studi berstandar internasional perguruan tinggi perlu meningkatkan kualitas mutu dan pendidikan. Strategi untuk mencapai standar internasional adalah dengan melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dengan menerapkan kurikulum Outcome Based Education (OBE). 

Kurikulum OBE dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan standar internasional. Maka untuk menunjang pelaksanaan kurikulum OBE, SEVIMA menyediakan Modul OBE yang mengakomodir kebutuhan OBE mulai dari penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) hingga Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK).

Baca juga: Kupas Tuntas IKU, Dorong Peningkatan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru

Bagaimana nih Bapak/Ibu, sangat mudah bukan memanajemen poin-poin IKU dengan SEVIMA Platform? Bagi Anda yang tertarik menggunakan sistem ini yuk segera diskusi dengan tim kita untuk informasi lebih lengkapnya melalui Whatsapp 082261610404.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×