4 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Solusi SEVIMA • 01 Apr 2024

Tracer Study Memiliki Poin Tertinggi di Instrumen Akreditasi, Yakin Masih Abai?

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Keberhasilan lulusan di sebuah perguruan tinggi ternyata punya peran penting dalam penilaian akreditasi. Itulah mengapa, proses penelusuran rekam jejak lulusan harus dilakukan dengan baik. Salah satunya melalui program tracer study kampus. 

Meskipun terbilang penting, nyatanya masih banyak perguruan tinggi yang abai dengan tracer study. Bahkan beberapa perguruan tinggi masih kesulitan melakukan tracer study ini. Seberapa penting data tracer study digunakan untuk instrumen akreditasi? Berikut pembahasannya.

Nilai Tracer Study Mempengaruhi Pemenuhan Akreditasi Program Studi 

Dalam pemenuhan akreditasi program studi (APS 4.0) dan 4 LAM lainnya, hal yang patut disorot adalah Capaian Luaran Tridharma dengan proporsi penilaian paling tinggi, sekitar 30-50 persen.

Untuk memaksimalkan nilai poin C.9 Capaian & Luaran Tridarma, maka Anda perlu memaksimalkan Tracer Study Alumni. Apabila nilai Luaran dan Capaian Tridharma memiliki bobot penilaian kurang dari  30%, artinya perguruan tinggi akan kesulitan mendapatkan predikat ‘unggul’. 

Kendala Perguruan Tinggi Melaksanakan Tracer Study

Meskipun sebagian besar perguruan tinggi telah aware dengan pentingnya tracer study sebagai penilaian instrumen akreditasi, nyatanya masih ada beberapa hambatan yang kerap terjadi. Beberapa di antaranya:

1. Pengumpulan data masih menggunakan data manual

Pengumpulan data yang masing manual ini memang cukup memakan banyak biaya hingga waktu lebih banyak untuk sampai ke tujuan. Tidak hanya itu, meski dilakukan dengan broadcast maupun wawancara, alumni sering kali masih sulit untuk dihubungi. 

2. Alumni tidak memberi feedback

Selain pelacakan alumni yang cukup sulit, sering kali alumni tidak langsung memberikan feedback. Ini menyebabkan proses tracer study di kampus jadi terhambat. 

3. Kurangnya Inisiatif Alumni

Perguruan tinggi perlu memperkuat lulusan untuk menjaring relasi-relasi yang mempermudah kerjasama dengan industri. Namun sayangnya tidak semua perguruan tinggi berinisiatif untuk melakukan hal tersebut.

Adanya kendala tersebut, SEVIMA meluncurkan modul Tracer Study yang dapat mempermudah proses tracer study di perguruan tinggi. Seperti apa modul tracer study SEVIMA Platform? Temukan jawabannya di bawah ini. 

Baca juga: Tak Ada Feedback dari Alumni saat Tracer Study? Ini Dia Solusinya

Modul Tracer Study SEVIMA Platform Permudah Pelaksanaan Tracer Study Kampus

Modul Tracer Study besutan SEVIMA merupakan modul yang dirancang untuk mempermudah perguruan tinggi mengumpulkan data alumni. Berikut adalah beberapa keunggulan dan fitur yang membantu perguruan tinggi  melaksanakan tracer dengan mudah:

  • Pembuatan kuesioner lebih mudah dan cepat

Karena sudah tersedia template sesuai kebutuhan tracer study Dikti dan tentunya tetap bisa di-custom sesuai kebutuhan perguruan tinggi.

  • Pengisian form tracer sudah di-design sedemikian rupa

Ini bertujuan agar pengisi form tidak merasa terbebani mengisi banyak pertanyaan

  • Semua hasil dari pengisian tersaji dalam dashboard tracer

Hasil dari pengisian tersaji dalam dashboard tracer yang bermanfaat dalam pengisian borang akreditasi dan penunjang pengambilan keputusan

  • Mudah dipantau pimpinan

Poin perhitungan tracer study yang masuk dalam penilaian luaran Tridharma dapat dengan mudah dipantau oleh pimpinan.

Melalui penyajian pelaporan dashboard ini, Anda bisa terbantu dalam menentukan strategi ke depan dalam pengelolaan tracer study. Lebih tepatnya strategi dalam pencapaian luaran Tridharma perguruan tinggi.

Baca juga: Tingkatkan Capaian IKU 1 Perguruan Tinggi dengan Tracer Study dan Career Center SEVIMA Platform

Melihat pentingnya tracer study di perguruan tinggi, apakah Anda masih abai? Semoga dengan pelaksanaan tracer study yang baik, sejalan dengan peningkatan nilai akreditasi program studi di kampus Anda.

Pelaksanaan tracer study mudah dan tepat bisa dengan modul Tracer Study SEVIMA Platform. Semua kebutuhan tracer study Anda bisa terpenuhi hanya dengan sekali klik.  Yuk segera diskusi dengan menghubungi kami di  082261610404.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×