10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 05 Jun 2024

Strategi Tingkatkan Poin IKU 8: Program Studi Berstandar Internasional,  dengan Kurikulum OBE

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Peningkatan mutu merupakan keharusan setiap perguruan tinggi untuk memberikan pendidikan yang unggul dan relevan dengan tuntutan di dunia industri. Kemendikbudristek dalam rangka mengukur kinerja dan peningkatan mutu di pendidikan tinggi mengeluarkan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) yang perlu dicapai. 

Pada artikel ini, kita akan fokus membahas bagaimana strategi yang tepat untuk mencapai poin pada IKU 8 yakni Program Studi Berstandar Internasional. Untuk meraih ketercapaian pada poin IKU 8 merupakan tantangan tersendiri karena perguruan tinggi harus memastikan bahwa program studi telah sesuai dengan standar internasional.

Salah satu langkah untuk mencapai Poin IKU 8 adalah dengan menerapkan kurikulum Outcome Based Education (OBE) yang kini telah menjadi kurikulum standar internasional. Hal ini disampaikan oleh Asspc. Prof. Wahyudi Agustiono, Ph.D., selaku Pakar dan Praktisi Akreditasi dan Product Researcher SEVIMA, menerangkan pentingnya untuk mengoptimalkan strategi meningkatkan poin IKU 8 untuk program studi mencapai akreditasi internasional. 

“Strategi untuk mengoptimalkan poin IKU 8 agar prodi mendapatkan akreditasi internasional dapat dilakukan dengan mempersiapkan kurikulum OBE. Mengapa sih harus kurikulum OBE? Ini disarankan oleh menteri kita agar pendidikan tinggi di Indonesia dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan bersaing di tingkat dunia,”  jelas Wahyudi pada Webinar Nasional Strategi Sukses Meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) pada Jum’at (22/03).

Outcome Based Education (OBE) merupakan sistem pendidikan yang fokus pada pencapaian pembelajaran dimana pendidikan tidak berpusat pada materi namun juga outcome. Rancangan kurikulum OBE menekankan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, serta interaktif. Sehingga pada implementasi pembelajaran berorientasi untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa agar siap bersaing di level global.

Dengan OBE, fokus pendidikan tidak hanya pada materi yang diajarkan, tetapi juga pada hasil yang diharapkan dari pembelajaran tersebut. Dengan demikian, penerapan OBE dapat menjadi strategi yang efektif dalam memperkuat reputasi dan kualitas pendidikan tinggi di tingkat internasional. 

Seperti apa implementasi OBE dapat meningkatkan poin IKU dan bagaimana cara pelaksanaan yang tepat? Berikut pembahasannya.

Implementasi Kurikulum OBE Dukung Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU)

Implementasi pelaksanaan kurikulum OBE merupakan salah satu strategi yang dapat dilaksanakan perguruan tinggi guna meningkatkan kualitas standar nasional dan internasional. Dengan menggunakan kurikulum OBE artinya perguruan tinggi dapat membuktikan bahwa kualitas mutu pendidikannya telah melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). 

Baca juga: Pentingnya SIAKAD Kampus Terintegrasi Pembayaran Online

Dengan output kurikulum OBE yang sudah optimal, perguruan tinggi dapat mengajukan standar melalui akreditasi internasional. Hal ini secara langsung berdampak pada pelaksanaan IKU 8. 

Dalam mempersiapkan kurikulum, perguruan tinggi perlu memetakan kompetensi yang dibutuhkan lulusan ketika menghadapi dunia kerja. Hal ini bertujuan agar kurikulum ini mempersiapkan lulusan menjadi matang dan siap terjun ke dunia kerja. 

Maka untuk mencapai tujuan tersebut, perancangan kurikulum disusun melalui persiapan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), hingga Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi. 

Proses perancangan kurikulum OBE ini memiliki alur yang kompleks jika tidak terdokumentasi secara otomatis melalui sistem. Maka untuk mengoptimalkan penyusunan kurikulum OBE hingga tahap pelaksanaan, perguruan tinggi membutuhkan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang mengakomodir pelaksanaan OBE. 

Guna memenuhi kebutuhan ini, SEVIMA Platform telah mengakomodir kebutuhan implementasi OBE melalui Modul yang tersedia. Lalu Seperti apa SIAKAD dari SEVIMA Platform dapat mendukung pelaksanaan OBE? Mari kita bahas. 

Pelaksanaan OBE dengan SEVIMA Platform, Optimalkan IKU 8

SEVIMA telah mengembangkan modul yang mendukung implementasi Outcome Based Education (OBE). Dengan adanya modul ini, perguruan tinggi dapat lebih mudah menyusun dan melaksanakan kurikulum OBE. 

Nah, berikut adalah keunggulan menggunakan SIAKAD berkualitas menunjang pembelajaran OBE: 

1. Mudah Melakukan Pemetaan Kurikulum

Rancangan kurikulum merupakan tahap awal untuk memetakan antara rancangan CPL pada setiap komponen mata kuliah. Sehingga pada dokumentasi pembelajaran, baik dosen dan mahasiswa dapat memahami CPL yang akan dituju. Melalui rancangan yang ditampilkan CPL di setiap mata kuliah diharapkan dapat mendukung pencapaian kompetensi yang diinginkan.

2. Monitoring Proses Pembelajaran Lebih Cepat

Agar implementasi kurikulum OBE optimal, perguruan tinggi perlu memantau proses pembelajaran OBE melalui SIAKAD kampus. SIAKAD SEVIMA Platform kini telah memiliki berbagai fitur mulai dari pencatatan nilai dan tugas, jadwal kuliah, hingga tingkat ketercapaian kompetensi mahasiswa. Melalui fitur monitoring, perguruan tinggi dapat lebih mudah memastikan bahwa mereka mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan kurikulum OBE.

3. Pelaporan dan Evaluasi jadi Tertata

SIAKAD dapat menyediakan alat untuk pelaporan dan evaluasi yang komprehensif terkait dengan pencapaian learning outcomes. Ini mencakup pembuatan laporan kemajuan mahasiswa, analisis capaian learning outcomes secara keseluruhan, dan evaluasi efektivitas kurikulum dan metode pengajaran.

4. Mahasiswa Mengetahui Hasil Proses Pembelajarannya Secara Lengkap

Dengan adanya SIAKAD, mahasiswa dapat mengetahui progress pembelajarannya dengan mudah. Misalnya melihat informasi akademik mereka, feedback dosen terkait keberhasilan, hingga melihat ketercapaian CPMK. 

Pelaksanaan OBE merupakan strategi peningkatan mutu pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan berkualitas sehingga lulusan dapat diterima dan sesuai dengan kebutuhan industri. Output-nya bagi perguruan tinggi, kualitas pendidikan yang meningkatkan berdampak pada akreditasi hingga pencapaian IKU 8. 

Baca juga: Tingkatkan Akreditasi dengan SIAKAD yang Terintegrasi dengan EDOM (Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa)

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai strategi meningkatkan poin IKU 8 dengan kurikulum OBE. Bagi Anda yang ingin merasakan kemudahan pelaksanaan OBE dengan SEVIMA Platform yuk segera hubungi tim kami melalui Whatsapp  082261610404.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×