Portofolio

Beberapa produk Sevima telah digunakan oleh berbagai institusi dan perusahaan di seluruh Indonesia.

Kemenristekdikti

kemenristekdikti

Deskripsi Projek

Pengembangan PDDIKTI Feeder ini nanti akan digunakan oleh sekitar 4,500 Perguruan Tinggi di Indonesia untuk melaporkan data-data akademik seperti mahasiswa, aktivitas mahasiswa, nilai perkuliahan dan aktivitas mengajar secara berkala ke DIKTI.

Detail Projek

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) terus melakukan terobosan baru bagi perguruan tinggi di Indonesia, hal ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang berkemajuan dalam pendidikan di Indonesia. Salah satunya, dengan cara menggandeng SEVIMA guna  mengembangkan PDDIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). Bisa diakses di alamat: http://forlap.ristekdikti.go.id/

Tujuan Pengembangan

Tujuan dari pengembangan PDDIKTI Feeder sendiri adalah untuk membangun basis data pendidikan tinggi di Indonesia yang akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan strategis seperti akreditasi institusi, evaluasi proses belajar mengajar, sertifikasi dosen, dan sebagai acuan bagi kebijakan-kebijakan lainnya. Aplikasi ini nanti akan digunakan oleh sekitar 4,500 Perguruan Tinggi di Indonesia untuk melaporkan data-data akademik seperti mahasiswa, aktivitas mahasiswa, nilai perkuliahan dan aktivitas mengajar secara berkala ke DIKTI.

Modul Aplikasi PDDIKTI Feeder

Arsitektur aplikasi PDDIKTI terdiri dari 3 (tiga) modul utama yaitu Modul Feeder yang berada di perguruan tinggi (PT) dan bertugas sebagai pengumpul data sebelum dikirimkan ke pusat, Modul Sync yang bertugas melakukan pengiriman data dua arah antara PT dan DIKTI, dan Modul Forlap yang berfungsi sebagai media pelaporan informasi dari data yang berhasil dilaporkan ke DIKTI. Team SEVIMA yang terlibat dalam proyek PDDIKTI berjumlah 7 (tujuh) orang terdiri dari team analis, team programmer dan team support. Pengembangan PDDIKTI ini berlangsung dari bulan Januari 2015 sampai Januari 2016 sudah termasuk periode maintenance.

Implementasi

Pengembangan PDDIKTI merupakan pioneer dalam usaha membangun database pendidikan nasional yang bersih dan akurat, dikarenakan pendataan yang dilakukan di masa sebelumnya mengalami banyak kegagalan dan belum mampu menghasilkan data yang bisa digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan strategis. Hal ini menciptakan tantangan tersediri bagi Team SEVIMA mengingat ekspektasi yang cukup tinggi dan beberapa kali kegagalan sebelumnya membuat end-user skeptis terhadap sistem baru. Namun atas dukungan kuat dari manajemen DIKTI untuk perubahan dan sejalan dengan misi SEVIMA untuk menciptakan Good Governance di dunia pendidikan, maka kerjasama antara SEVIMA dan DIKTI diharapkan dapat meletakkan pondasi awal sejarah pendataan pendidikan nasional di Indonesia.

Keberhasilan

Secara garis besar pengembangan PDDIKTI dapat dikatakan cukup berhasil, meskipun dalam perjalanannya mengalami beberapa hambatan-hambatan yang sempat membuat jadwal terganggu. Namun Akhirnya bisa terselesaikan tepat waktu, dan aplikasi berjalan dengan baik dan dapat digunakan 100% oleh seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Foto Dokumentasi

pd22

Semoga ulasan Success story ini bermanfaat, dan membantu rekan-rekan dalam menentukan layanan yang berkualitas dalam mengembangkangkan Sistem Informasi Management di Perguran Tinggi, Instansi maupun perusahaan yang anda kelola.

Sevima: Take IT Easy