Dunia Mahasiswa | Kampus Terbaik

10 Politeknik Kesehatan Terbaik di Indonesia Tahun 2021

SEVIMA.COM – Politeknik Kesehatan atau yang biasa sering dibilang Poltekkes, merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Makanya politeknik di Indonesia kebanyakan disebut sebagai Poltekkes Kemenkes.

Poltekkes Kemenkes ini didirikan untuk mencetak tenaga kesehatan yang sangat profesional dan kompeten di bidangnya. Kalau sobat Maukuliah pengen masuk di dunia kesehatan, bisa tuh kamu coba masuk di kampus ini.

Oh iya, di kampus ini tersedia program Diploma III dan Diploma IV di bidang kesehatan, seperti kebidanan, keperawatan, fisioterapi, rekam medis, hingga teknobiomedik. Nah, hari ini kita bakalan ngasih tau kamu, poltekkes mana aja sih yang masuk dalam kategori Poltekkes Kemenkes terbaik di Indonesia berdasarkan perangkingan Webometrics tahun 2021. Yuk simak di bawah ini ya.

Baca juga: 9 Universitas Terbaik di Indonesia 2021 versi THE Asia University Rankings

10 Politeknik Kesehatan Terbaik di Indonesia Tahun 2021

1. Poltekkes Malang

Politeknik Kesehatan Malang menjadi satu-satunya politeknik kesehatan yang menduduki 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Kampus yang terletak di kota Malang ini 22 program studi kesehatan yang tentunya sudah memiliki kualitas terbaik.

2. Poltekkes Jakarta I

Yang menjadi terbaik kedua selanjutnya ada Poltekkes Jakarta I. Kampus ini memiliki empat jurusan, antara lain jurusan keperawatan, keperawatan gigi, kebidanan, dan ortotik prostetik.

3. Poltekkes Yogyakarta 

Poltekkes yang terletak di Kota Gudeg ini ternyata juga memiliki kualitas yang sangat baik lho. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta juga menyediakan program studi kesehatan dengan kualitas terbaik. Kampus ini memiliki enam jurusan, yaitu analis kesehatan, keperawatan, kebidanan, gizi, keperawatan gigi, dan kesehatan lingkungan. Untuk masuk di kampus ini, terdapat dua jalur masuk yaitu jalur Simama dan Sipenmaru.

Baca juga: Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi THE Impact 2021

4. Poltekkes Gorontalo

Bagi kamu yang berada di wilayah Indonesia timur, kampus Poltekkes Gorontalo bisa kamu jadikan tujuan studi lho. Kampus ini memiliki 1.083 mahasiswa aktif ini memiliki lima program studi andalan, yaitu gizi, farmasi, kebidanan, keperawatan, dan sanitasi lingkungan.

5. Poltekkes Jakarta II

Poltekkes Kemenkes Jakarta II memiliki tujuh program studi di dalamnya. Beberapa program studi yang ada antara lain teknologi elektromedis, radiologi, teknik gigi, gizi, sanitasi, analis farmasi, dan farmasi. Jadi tinggal pilih aja tuh guys, kamu mau masuk yang jurusan apa.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik Indonesia Versi Scimago (SIR) 2021

6. Poltekkes Semarang 

Kampus Poltekkes Kemenkes Semarang atau biasa disebut Polkesmar adalah kampus poltekkes favorit yang berada di wilayah Jawa Tengah. Kampus ini kini memiliki delapan jurusan favorit yang menjadi dambaan para lulusan SMA.

7. Poltekkes Tanjung Karang

Kampus poltekkes terbaik selanjutnya adalah Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang. Kampus ini berada di wilayah Lampung, Pulau Sumatera. Jadi, bagi sobat maukuliah yang berada di wilayah Sumatera, kampus Poltekkes ini bisa jadi pilihan kamu.

8. Poltekkes Palembang

Masih berada di wilayah Sumatera, kampus Poltekkes Palembang juga menjadi salah satu kampus terbaik di urutan webometrics. Kampus ini memiliki 16 program studi yang terdiri dari program DIII, DIV, dan program profesi.

9. Poltekkes Denpasar

Hayo siapa yang ingin sekolah di Pulau Dewata? Yaps, kampus Poltekkes Kemenkes Denpasar bisa jadi pilihan kamu nih. Kampus ini juga memiliki program studi andalan lho. Seperti halnya program studi keperawatan, kebidanan, kesehatan gigi, gizi, kesehatan lingkungan, dan teknologi laboratorium medis.

10. Poltekkes Surakarta

Poltekkes Kemenkes Surakarta adalah kampus kesehatan yang berada di wilayah Jawa Tengah. Kampus ini punya program studi yang sangat keren lho, seperti terapi wicara, okupasi terapi, okupasi prostetik, akupuntur, jamu, anafarma, keperawatan, dan kebidanan. Nah, beberapa jurusan di kampus ini prospeknya sangat menjanjikan lho. Karena nggak semua kampus punya jurusan ini.

Baca juga: 10 Universitas Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia versi Webometrics

Itulah 10 Poltekkes Terbaik di Indonesia guys. Kamu tinggal pilih aja tuh mau masuk di jurusan apa dan kampus yang mana. Yang terpenting sih mulai sekarang kamu wajib untuk siapkan diri biar bisa lolos masuk di jurusan dan kampus impianmu. Good Luck! 

Mau tau informasi seputar jurusan dan kampus impian? Langsung aja yuk kepoin maukuliah.id, informasi seputar kampus bisa kamu temukan di sini.

Bagikan artikel ini

Komentar