Dunia Kampus | Info Kuliah | Tips & Trik

5 Pekerjaan Paling Banyak Dibutuhkan Menurut Mendikbud Nadiem Makarim

SEVIMA.COM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebutkan lima pekerjaan yang dianggap paling hot di Indonesia saat ini. Paling hot maksudnya adalah yang paling banyak dibutuhkan saat ini.

Hal itu disampaikan Nadiem di hadapan para milenial dalam gelaran Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020 di The Tribrata, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Pekerjaan itu adalah bidang analis, researcher, UX design, software engineer, dan product management. “Itu adalah lima job yang paling hot di Indonesia saat ini,” kata Nadiem.

Berikut penjelasan singkat pekerjaan-pekerjaan rekomendasi Mendikbud Nadiem Makarim;

1. Analis

Profesi analis dapat dijumpai diberbagai bidang, seperti politik, kesehatan, teknologi, ekonomi, dan lain-lain. Dibidang teknologi, kita mengenal analis sistem. Ahli kimia yang bekerja di laboratorium juga disebut analis. Dibidang kesehatan, ada jurusan Analis Kesehatan atau Teknologi Laboratorium Medik.

Namun apapun bidangnya, tugas seorang analis adalah membedah, menguraikan, memilah, dan mengenal seluruh bagian. Karena tugasnya tersebut, seorang analis harus memiliki kemampuan dalam memahami data dan informasi. Kamu siap jadi analis?

2. Peneliti/Researcher

Jika merasa memiliki kesabaran dan konsistensi, profesi ini mungkin menarik buatmu. Tapi yang paling mendasar dibutuhkan oleh seorang peneliti adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Dari rasa ingin tahu inilah dilakukan penelitian dan analisis – yang memerlukan waktu, untuk kemudian informasi yang diperoleh disampaikan kepada klien.

3. UX Design

Anak IT pasti tidak asing dengan istilah UX Design. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan digital, profesi UX Design juga semakin banyak dibutuhkan untuk mengakomodasi layanan lewat web atau aplikasi. Dalam mendesain, faktor kenyamanan pengguna menjadi pertimbangan utama tanpa mengesampingkan sisi estetika.

Info loker UX designer: sevima.com/karir

4. Software Engineer

Software engineering sendiri merupakan penerapan prinsip-prinsip teknik pengembangan perangkat lunak. Software engineering diaplikasikan pada sistem yang kompleks, seperti organisasi bisnis.

Seorang software engineer mengawali pekerjaannya dengan menganalisis kebutuhan pengguna. Kemudian, berangkat dari kebutuhan tersebut, software engineer mendesain, mengkonstruksi, dan menguji aplikasi melalui penggunaan bahasa pemrograman.

Baca juga: Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Belajar Apa Aja Sih?

5. Product Manager

Sebenarnya bidang product management sudah ada cukup lama. Kenapa masih dibutuhkan lagi dimasa mendatang? Karena perkembangan teknologi yang cukup besar didunia bisnis. Maka tentunya, ada penyesuaian, pergeseran, bahkan perubahan dalam dunia bisnis seiring dengan penggunaan teknologi yang semakin masif.

Product manager sendiri bertugas menghasilkan produk yang berkualitas. Tak selesai sampai disitu, tugas product manager pula untuk menghasilkan strategi bisnis produk tersebut. Itulah sebabnya, seorang product manager perlu memahami seluruh aspek bisnis dimana ia bekerja.

Sekarang, apakah kita harus sepakat dengan Mendikbud Nadiem Makarim? tentu itu tergantung kamu, boleh sepakat atau tidak. Tapi bolehlah dijadikan referensi ide sebagai rujukan dalam memilih jurusan kuliah, karena memang saat ini 5 pekerjaan itu sangat di butuhkan di lapangan.

Itulah 5 pekerjaan paling banyak dibutuhkan menurut Mendikbud Nadiem Makarim, bagaimana menurutmu?

Bagikan artikel ini

Komentar