5 Tips Kuliah Online Agar Lebih Efektif Selama Social Distancing

Dunia Kampuse-learningFeatured
 

adminweb

 

24 Maret 2020

SEVIMA.COM – Himbauan dari pemerintah untuk melakukan social distancing, membuat beberapa kegiatan yang kita lakukan harus dikerjakan di rumah. Meskipun banyak hal yang harus dilakukan di dalam dalam rumah, bukan berarti seluruh kegiatan yang kita lakukan bisa terbengkalai kan? Kegiatan tersebut bisa sekali diantisipasi untuk dilakukan dengan baik dan benar selama kita punya niat dan tekad untuk menyelesaikan kerjaan tersebut.

Selama masa social distancing seperti ini, seluruh kegiatan perkuliahan pun juga dilakukan di dalam rumah. Namun, mungkin banyak sekali di antara kamu yang masih suka bosen dan malas untuk mengerjakannya. Eits, jangan malas dulu ya. Berikut adalah tips biar kamu efektif selama melakukan kuliah online.

1. Buat reminder jadwal kuliah online

Melakukan perkuliahaan di rumah bukan berarti kamu melupakan kewajibanmu menjadi mahasiswa. Kamu harus mengingat dan mencatat jadwal perkuliahan online yang sudah diberikan oleh dosenmu. Biasanya, setiap perkuliahan online selalu diberikan absensi agar dosen bisa mengecek kehadiranmu dalam perkuliahan online tersebut. So, jangan terlalu menyepelekan ya. Bisa-bisa kamu dapat teguran jika terlalu menyepelekannya, lho.

2. Disiplin waktu dalam pengumpulan tugas

Selain melakukan pengecekan jadwal mata kuliah online, kamu juga wajib sekali untuk mencatat jadwal pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosenmu. Biasanya, ketika kamu melakukan sistem online, kamu harus tepat waktu mengumpulkan tugas tersebut. Karena semua sistem tercatat secara online, maka tidak ada toleransi jika kamu telat mengumpulkan tugas.

3. Simak dengan baik materi perkuliahan online yang disampaikan

Berada di rumah bukan berarti membuat kamu seenaknya sendiri dalam melakukan perkuliahan. Kamu harusnya lebih bersemangat dan selalu menyimak dengan baik semua materi perkulihan yang diberikan oleh dosen kamu. Tidak hanya itu, kamu juga harus melakukan konsentrasi tinggi agar materi perkuliahan onlinemu bisa berjalan efektif.

4. Catat hal-hal penting tentang materi perkuliahan

Gak hanya menyimak saja, kamu juga wajib untuk mencatat semua hal-hal penting dalam materi perkuliahan tersebut. Dengan demikian, meskipun perkuliahan tersebut diadakan dalam sistem online, tapi kamu masih bisa untuk mendapatkan poin-poin penting saat penyampaian materi online tersebut.

5. Cari ruangan yang buat kamu nyaman dan berkonsentrasi tinggi

Namanya juga mengerjakan di rumah, pasti kamu susah untuk melakukan konsentrasi saat melakukan perkuliahan oline. Beberapa hal dapat men-distract kamu saat kuliah onlinemu berlangsung. Nah, maka dari itu kamu seharusnya mencari lokasi di tempat tinggalmu yag nyaman dan tentunya dapat memudahkan kamu untuk berkonsentrasi dalam perkuliahan tersebut.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan selama melakukan perkuliahan online. Dengan demikian, kamu akan melakukan kegiatan tersebut dengan sangat efektif meskipun semuanya dilakukan di dalam rumah. Bagi teman-teman yang belum punya platform untuk kuliah online, coba deh aplikasi EdLink untuk memulai kuliah online di kampus mu. Semangat berkuliah online ya!

Bagikan artikel ini
Download WordPress Themes FreeFree Download WordPress ThemesDownload WordPress ThemesPremium WordPress […] Download Nulled WordPress ThemesDownload WordPress ThemesDownload Premium WordPress Themes FreeDownload […]

Komentar :