Jangan Bingung! Inil 5 Tips Mudah Menulis Karya Ilmiah dengan Benar

Dunia DosenDunia Kampus
 

adminweb

 

21 Februari 2020

SEVIMA.COM – Membuat suatu karya ilmiah biasanya sangat dibutuhkan oleh setiap mahasiswa dalam dunia perkuliahan. Tidak hanya penting untuk kebutuhan akademik saja, namun juga sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas kampus. Biasanya, tidak semua mahasiswa paham betul tentang cara penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar.

Kebanyakan masih suka bingung dan belum memiliki gambaran yang tepat saat melakukan pembuatan karya ilmiah tersebut. So, biar kamu tau tentang bagaimana gambaran penulisan artikel ilmiah tersebut, berikut adalah 5 tips yang bisa kamu terapkan.

1. Pastikan topik yang kamu pilih menarik pembaca

Salah satu hal yang paling utama dalam pembuatan karya ilmiah adalah menentukan topik. Dengan memilih atau menentukan topik yang tepat, pasti kamu akan mengerti dan bisa membawa kemana arah karya ilmiah tersebut. Dengan memilih topik yang menarik, kamu secara tidak langsung akan menarik minat para pembaca. Sehingga, karya ilmiahmu tersebut bisa menjadi karya ilmiah terbaik dan sangat digemari oleh para pembaca.

Selain itu, kamu juga harus mengenali sasaran pembaca dari artikel ilmiahmu ini. Jangan sampai kamu salah sasaran karena kurang tepat dalam menempatkan topik ya.

2. Perbanyak membaca dari berbagai macam sumber terkait

Namanya juga membuat tulisan karya ilmiah. Pasti tidak bisa dijauhkan dari membaca berbagai macam sumber. Dengan membaca berbagai macam sumber, kamu akan dengan mudah mencari tahu tentang gambaran penulisan tentang karya ilmiahmu tersebut. Sumber-sumber tersebut bisa kamu cari dalam bentuk buku, artikel atau jurnal ilmiah. Dengan demikian, pasti deh kamu akan menemukan kemudahan saat membuat karya ilmiahmu.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap sumber yang sudah kamu pilih, agar referensi yang kamu dapat tersebut benar-benar relevan dengan topik yang kamu pilih. Tidak hanya itu, kamu harus memperhatikan tentang refensi tersebut, apakah menggunakan teori yang pas dan relevan atau tidak.

3. Tentukan cakupan informasi dari topik penelitianmu

Nah, setelah memperhatikan topik dan gambaran karya ilmiah dari artikel atau jurnal terkait. Setelah itu, kamu bisa mengidentifikasi mengenai semua cakupan informasi yang akan kamu tulis di dalam topik penelitianmu. Dengan mengetahui semua informasi tersebut, kamu akan dengan mudah melakukan proses pengelohan data.

Dalam mengumpulkan informasi yang kamu dapat, kamu harus mencatat dan menulis ringkasan dari inti informasi tersebut. Hal tersebut dapat mempermudah kamu dalam melakukan penulisan karya ilmiah, lho.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencari Jurnal yang Sesuai Kebutuhan?

4. Perhatikan cara penulisan

Tidak hanya isinya saja yang harus kamu perhatikan. Tata cara penulisan karya ilmiah pun harus kamu perhatikan sebaik mungkin. Setelah melakukan langkah satu sampai tiga di atas, kamu bisa membuat draf untuk menuliskan semua ide dan informasi terkait yang sudah kamu dapat. Setelah itu, kamu bisa melakukan crosscheck dan penyuntingan terhadap ide dan informasi yang sudah kamu tuangkan dalam bentuk tulisan.

Gak hanya itu, kamu harus membuat struktur penulisan artikel ilmiah sesuai standar yang berlaku. Sehingga karya ilmiah yang kamu buat akan dengan mudah diidentifikasi dan dibaca oleh pembaca.

5. Lakukan evaluasi dan cek ulang

Setelah melakukan semua langkah di atas, yang terakhir ini adalah melakukan evaluasi. Dengan melakukan pengecekan tentang semua isi karya ilmiah yang sudah kamu tulis, maka akan mengurangi kesalahan yang fatal saat karya tersebut diterbitkan. Perhatikan apakah konten yang kamu gunakan sudah relevan dengan ide dan tujuan dari penulisanmu atau belum.

Jika semua dirasa sudah pas, kamu bisa melakukan publikasi penulisan karya ilmiah tersebut.

Jadi, membuat penulisan karya ilmiah sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan kok. Yang terpenting adalah bagaimana kamu memperbanyak literasi agar ide-ide yang kamu dapat bisa berkembang dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk selalu teliti dan hati-hati dalam melakukan penulisan karya ilmiah tersebut. Yuk, segera tulis karya ilmiah terbaikmu.

Free Download WordPress ThemesDownload WordPress Themes FreeDownload Premium WordPress Themes […]

Komentar :