+62 812-9000-4560     support@sevima.com


6 Unsur Utama Tata Kelola Perguruan Tinggi Yang Baik

AkreditasiDunia Kampus
 

adminweb

 

08 Juli 2019

SEVIMA.COM – Tata kelola kampus atau perguruan tinggi sangat penting terutama di era modern yang serba kompetitif seperti saat ini. Setiap perguruan tinggi pun memiliki profilnya masing-masing. Serta ketika kita melihat profil tersebut selalu ada keunggulan dan prestasi yang telah diraihnya. Yang menjadikan sebuah perguruan tinggi berkualitas tidak terlepas dari tata kelolanya.

Banyak versi dan indikator untuk menjelaskan tentang tata kelola yang baik, misalnya oleh Bappenas, UNDP tentang good governance. Salah satu yang dapat dipandang cocok untuk PT, adalah tentang ciri good governance, yang dimodifikasi sebagai berikut:

6 Unsur Utama Tata Kelola Perguruan Tinggi Yang Baik

1. Transparansi

Transparansi, yaitu tentang sejauh mana kebijakan regulasi, program, kegiatan dan anggaran PT diketahui, dan dipahami oleh sivitas akademika sehingga mereka dapat berpartisipasi secara aktif.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian, yaitu tentang sejauh mana pimpinan PT mampu menerapkan berbagai prinsip pengorganisasian, seperti menetapkan tata hubungan kerja, rincian tugas pokok, fungsi/wewenang serta melakukan directing (pengarahan).

3. Partisipasi

Partisipasi, yaitu tentang sejauh mana proses pengambilan keputusan strategis PT melibatkan secara partisipatif stakeholders eksternal dan internal, sehingga stakeholders dapat mendukungnya secara aktif.

4. Responsivitas

Responsivitas, yaitu tentang sejauh mana kebijakan, regulasi, dan pengalokasian anggaran mendapat dukungan dan tanggapan positif dari sivitas akademika. Efisiensi dan Efektivitas, yaitu tentang seberapa besar upaya pimpinan PT untuk membuat sivitas akademika faham, dan dapat memberi komitmen yang tinggi terhadap kebijakan, regulasi, dan program yang ditetapkan oleh pimpinan.

5. Akuntabilitas

Akuntabilitas, yaitu tentang seberapa jauh tingkat pertanggungjawaban pimpinan PT dalam menjalankan tugasnya.

6. Kepemimpinan

Kepemimpinan, yaitu tentang sejauh mana kepemimpinan PT mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif, dan mampu memotivasi sivitas akademika untuk bekerja secara produktif dalam mencapai visi dan misi PT. Perlu dikemukakan bahwa unsur-unsur utama tersebut tidak dipenuhi secara terpisah, melainkan harus dipenuhi secara integratif.

Di era modern seperti saat ini, banyak cara untuk melengkapi 6 unsur utama tata kelola perguruan tinggi yang baik seperti yang dijelaskan diatas, salah satunya dengan penggunaan teknologi, seperti penggunaan sistem informasi manajemen akademik yang dapat merealisasikan transparansi, pengorganisasian, responsivitas dan unsur-unsur lainnya.

Sistem informasi manajemen akademik TERLENGKAP No 1 di Indonesia dan sudah sesuai dengan regulasi Ristekdikti adalah siAkad Cloud yang dapat memudahkan kampus Anda dalam mengelola Proses PMB, Registrasi, Pembayaran Akademik, Portal Mahasiswa dan Pelaporan PDDIKTI.

Refrensi: http://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/viewFile/45/35

Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami