Dunia Akademik | Dunia Mahasiswa

7 Kegiatan yang Wajib Diikuti Mahasiswa Baru

SEVIMA.COM – Kegiatan mahasiswa saat di perkuliahan memang berbeda dengan kegiatan yang kegiatan di masa SMA. Di bangku perkuliahan kegiatan bakalan lebih fleksibel dibanding dengan zaman SMA.

Biar masa kuliahmu semakin berwarna, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan lho. Masa kamu mau sih cuma kuliah lalu pulang aja? Wah, nggak banget kan?

So, inilah 7 kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru biar masa kuliahmu makin keren. 

1. Mengikuti proyek dosen

Ketika kamu masuk di sebuah perguruan tinggi, pasti nggak asing deh sama yang namanya proyek dosen. Nah, proyek dosen ini sangat cocok untuk kamu ikuti lho. Kan sangat lumayan tuh kalau kamu bisa ikut proyek dosen. Pasti kamu bakal bertemu dengan orang baru dan perspektif baru di luar dunia perkuliahan. 

2. Mengikuti organisasi kampus

Mengikuti organisasi kampus juga sangat cocok untuk kamu ikuti lho. Di tingkat perguruan tinggi bakal banyak organisasi yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa pilih salah satu tuh, mulai dari organisasi tingkat jurusan hingga tingkat universitas. 

Yang pasti kalau kamu ikut organisasi ini kamu bakal lebih punya pengalaman lebih. Nggak cuma itu ya, kamu juga bakal mendapatkan link yang lumayan banyak. Jadi untung banget deh buat kamu ikuti. 

3. Mengikuti kegiatan kepanitiaan kampus

Kalau kamu gak pingin ikut organisasi kampus, kamu bisa banget nih ikuti kegiatan kepanitiaan kampus. Yaps, kegiatan kepanitiaan kampus juga bisa membuatmu lebih berkembang dan bertanggung jawab. Kamu bakalan dapat ilmu secara softskill yang bisa kamu petik. 

Baca juga: Mahasiswa Baru, Yuk Kenali Etika Komunikasi Online dengan Dosen

4. Mengikuti program pertukaran pelajar

Pertukaran pelajar saat ini sudah menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh banyak perguruan tinggi. Kegiatan pertukaran pelajar ini biasanya diadakan setiap tahunnya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Bahkan, saat ini Kemendikbud Ristek telah mewadahi program ini ke dalam rangkaian program Kampus Merdeka lho. Wah, makin banyak kesempatan kamu nih sobat. 

5. Mengikuti program sukarelawan di kampus atau lingkungan

Menjadi sukarelawan juga sangat bermanfaat buat kamu lho. Kegiatan seperti ini bisa mengasah diri menjadi lebih baik. Kamu bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Apalagi dalam hal membantu sesama. Kegiatan ini sangat cocok deh buat kamu gunakan untuk mengembangkan skill kamu. 

6. Mengikuti kegiatan magang mahasiswa

Program magang mahasiswa juga sangat cocok untuk kamu terapkan lho. Pada program ini kamu bisa belajar bagaimana bekerja dan menjadi pegawai di masa depan. Di sini kamu bisa memahami dunia pekerjaan dengan lebih baik baik mengasah softskill maupun hardskill terutama di dunia kerja. 

7. Mengikuti kegiatan kompetisi 

Nah, kegiatan lain yang wajib kamu ikuti adalah kegiatan kompetisi. Di kegiatan kompetisi ini kamu bakal mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Kamu bisa mengikuti kompetisi menulis, karya tulis, atau kompetisi lainnya. Kalau kamu menang kan menjadi sebuah keuntungan buat kamu. 

Baca juga: Anti Gagal Mengisi KRS buat Mahasiswa Baru

Well guys, itulah 7 kegiatan penting yang bisa kamu lakukan selama menduduki dunia perkuliahan. Semua bakal berjalan dengan lancar jika kamu lancar dalam mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh. 

Memang sih masuk kuliah nggak hanya kuliah dan belajar saja. Namun, banyak banget kegiatan yang bisa kamu lakukan biar kamu semakin siap dan berkembang di dunia perkuliahan. Dengan begitu bekal kamu menghadapi dunia kerja akan semakin matang. Nah, biar semakin matang kamu bisa lihat tips dunia perkuliahan dengan membuka laman maukuliah.id

Bagikan artikel ini

Komentar