5 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Diskusi bersama Pelaporan ke PDDIKTI via Neofeeder 2.3.0 Terbaru Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 15 Dec 2023

Apa itu CRM? Tujuan, Manfaat dan Fungsinya

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM Customer Relationship Management (CRM) kini semakin diminati oleh pembisnis dan perguruan tinggi sebagai strategi mengoptimalkan prospek dan memanajemen hubungan dengan pelanggan. Melalui CRM ini, tim marketing kampus dapat mengelola data pelanggan dengan maksimal seperti mengetahui pelanggan mana yang dapat diakuisisi hingga mengetahui strategi marketing yang tepat berdasarkan analisis data. 

Meski kian populer, bagi pebisnis dan perguruan tinggi baru mungkin belum sepenuhnya mengenal CRM. Melalui artikel ini, SEVIMA akan menjelaskan apa itu CRM, tujuan, hingga manfaatnya. 

Definisi Customer Relationship Management (CRM)

CRM merupakan metode yang digunakan oleh perusahaan, perguruan tinggi hingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menghimpun informasi mengenai pelanggan. CRM merupakan kepanjangan dari Customer Relationship Management yang secara harfiah berarti “pengelolaan hubungan dengan pelanggan”. Sistem ini menjadi solusi untuk meningkatkan bisnis dengan memperkuat interaksi antara perusahaan dan konsumen.

Biasanya, konsep CRM diterapkan oleh industri dengan cara mengumpulkan informasi yang diperlukan oleh pelanggan. Proses ini memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan karena melalui CRM, karakteristik khusus dari pelanggan dapat dengan mudah diidentifikasi

Tujuan Penerapan Customer Relationship Management (CRM)

1. Meningkatkan conversion rate (prospek)

Tujuan penggunaan CRM yang paling utama adalah meningkatkan prospek atau konversi rate. Melalui CRM ini, Tim Marketing dapat melihat data pelanggan yang berpotensi menghasilkan prospek hingga dapat dikonversikan. Ini akan berdampak kepada keuntungan perusahaan yang semakin meningkat.

2. Memunculkan brand loyalty pada pelanggan

Seperti yang disampaikan pada poin pertama, CRM memudahkan tim marketing untuk membuat strategi konversi yang lebih sesuai dengan data pelanggan. Strategi yang tepat ini akan memunculkan brand loyalty pada pelanggan karena mereka akan merasa bahwa perusahaan memahami diri mereka.Mengapa? 

Strategi yang tepat ini tanpa disadari akan menggiring mereka untuk terus berinteraksi dan berkontribusi dengan perusahaan. Sehingga akan muncul kesetiaan pada diri mereka, atau dalam hal ini sering disebut sebagai brand loyalty.

3. Proses kerja (workflow) lebih efisien

Ketiga, implementasi CRM digunakan untuk peningkatan tingkat efisiensi proses operasional kerja dalam perusahaan. Hal ini dikarenakan proses CRM dilakukan dengan baik maka otomatis pekerjaan dari setiap divisi akan lebih mudah.

Misalnya saja divisi marketing, mereka akan dengan mudah menyampaikan pemasaran kepada pelanggan sesuai dengan preferensi mereka. Dengan begitu waktu yang ada tidak akan terbuang dengan sia-sia

Baca juga: Pentingnya CRM bagi Perguruan Tinggi, Siap Dukung Penerimaan Mahasiswa

Bagaimana Cara Kerja Sistem Customer Relationship Management (CRM)

Cara kerja CRM hingga mendapatkan prospek mengalami beberapa tahapan yakni:

1. Melakukan Pengumpulan kontak

Data yang dikumpulkan melalui berbagai sumber akan di-input ke CRM. Pada tahap awal ini, pemilik usaha atau perguruan tinggi dapat melihat data yang sudah masuk secara rinci sesuai dengan kebutuhan untuk segmentasi data.  

2. Membuat Segmentasi Data

Setelah pengumpulan data, maka Anda dapat membuat segmentasi data sesuai relevansi bisnis. Segmentasi data ini akan “dinilai” secara otomatis apakah berpotensi untuk diskusi atau tidak. Berikut adalah cara SEVIMA CRM menilai prospek suatu data.

Tampilan CRM SEVIMA terkait tingkat prospek pelanggan

3. Melakukan Approach

Data yang berpotensi tinggi dapat langsung dilakukan pendekatan atau approach. Proses approach ini akan didasarkan pada data yang telah dikumpulkan CRM terkait minat pelanggan. 

4. Melakukan Akuisisi dan konversi

Tahap terakhir adalah akuisisi dan konvensi calon konsumen menjadi konsumen/pembeli. Untuk sampai di tahap ini, dibutuhkan strategi, memahami dan menganalisis prospek hingga approach dengan cara yang tepat hingga menghasilkan konversi. 

Salah satu pilihan CRM terbaik yang dapat membantu perguruan tinggi untuk memaksimalkan prospek mahasiswa baru adalah SEVIMA CRM. Melalui fitur-fitur di SEVIMA CRM, perguruan tinggi dapat melakukan tracking lead calon mahasiswa. Tak hanya itu, fitur ini juga akan memastikan semua lead bisa dikonversi menjadi mahasiswa terdaftar. 

SEVIMA merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Edutech dan telah memiliki 950+ klien perguruan tinggi. Seperti apa keunggulan SEVIMA CRM ini di kalangan perguruan tinggi?

Implementasi SEVIMA CRM, Tingkatkan Intake Mahasiswa Baru

SEVIMA CRM atau tools manajemen prospek adalah sebuah fitur yang memungkinkan tim manajemen perguruan tinggi untuk melacak calon mahasiswa yang mendaftar dan memastikan semua prospek tersebut dapat menjadi mahasiswa yang terdaftar.

Dengan menggunakan Lead Scoring dan Funnel Conversion, petugas Admisi dapat mengidentifikasi minat dari para calon mahasiswa dan ada banyak alat lain yang akan disampaikan dalam.

Keunggulan CRM SEVIMA

1. Kemudahan Merekap Data Calon Mahasiswa

Banyak perguruan tinggi yang tidak memiliki pencatatan data penerimaan mahasiswa baru yang lengkap, termasuk pelaporan PMB setiap tahunnya. Padahal, data ini sangat penting dalam proses penerimaan mahasiswa baru.

SEVIMA CRM memberikan informasi seperti jumlah peminat, pendaftar, dan mahasiswa yang mendaftar ulang. Hal ini memudahkan dalam merencanakan strategi PMB untuk tahun-tahun berikutnya.

2. Mempermudah Approach Siswa

Proses PMB berlangsung dari pengenalan kampus hingga saat siswa menjadi bagian dari kampus tersebut. Karena itu, komunikasi yang berkelanjutan sangat penting agar calon mahasiswa tetap tertarik untuk mendaftar.

Dengan SEVIMA CRM, Anda dapat mengumpulkan kontak siswa dalam satu sistem. Setelah kontak terkumpul, tim PMB dapat segera berinteraksi dengan siswa, memberikan promosi, bahkan melakukan iklan.

3. Proses Pendaftaran yang Praktis

Siswa yang tertarik untuk mendaftar dapat diarahkan untuk mengakses platform pendaftaran SEVIMA. Platform ini dilengkapi dengan fitur one day service, memungkinkan siswa mendaftar hingga mendapatkan NIM hanya dalam satu hari.

Baca juga: Musim Penerimaan Mahasiswa Baru Telah Usai, Saatnya Tim Marketing Kampus Menyusun Strategi Baru

Dengan menggunakan CRM, anda tidak mengoptimalkan prospek namun juga mempermudah kolaborasi antar sesama karyawan. SEVIMA CRM kini dapat mengumpulkan kontan calon mahasiswa, mengelola, hingga intake mahasiswa bagi. 

Yuk, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai CRM SEVIMA dapat langsung menghubungi Tim SEVIMA. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya Apa Itu SPADA? Pengertian, Tujuan, Implementasi, Kelebihan & Manfaatnya Artikel Selanjutnya SEVIMA Donasikan 10 Laptop untuk Siswa Berprestasi
×