7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Solusi SEVIMA • 12 Sep 2023

Musim Penerimaan Mahasiswa Baru Telah Usai, Saatnya Tim Marketing Kampus Menyusun Strategi Baru

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Masa penerimaan mahasiswa baru (PMB) di beberapa perguruan tinggi telah usai, kini saatnya tim marketing kampus menyusun strategi baru untuk menyongsong penerimaan baru yang lebih optimal musim depan. Apalagi sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) saat ini dituntut untuk terus berinovasi dalam metode penerimaan agar bisa memastikan kuota mahasiswa baru terpenuhi.

Di samping itu, perguruan tinggi swasta (PTS) juga telah banyak melakukan upaya untuk meningkatkan penerimaan mahasiswa baru di kampusnya, namun sering kali hasilnya tidak sesuai harapan. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Qausya Faviandhani, SE., MM. selaku Pakar Marketing dan juga Direktur Marketing di Universitas Narotama Surabaya.

Beliau mengungkapkan bahwa kampus setidaknya harus punya strategi agar target kuota mahasiswa baru terpenuhi.

“Untuk meningkatkan intake mahasiswa baru, perguruan tinggi swasta (PTS) perlu mempunyai strategi khusus agar target kuota mahasiswa baru dapat terpenuhi. Namun, ternyata banyak perguruan tinggi yang belum mengetahui strategi marketing yang tepat,” ungkap Qausya.

“Apalagi saat ini perguruan tinggi negeri (PTN) juga jor-joran menerima mahasiswa baru, total ada tiga jalur seleksi masuk di PTN. Kondisi tersebut membuat PTS semakin sulit untuk urusan penerimaan mahasiswa baru,” tambahnya.

SEVIMA selaku penyedia layanan platform perguruan tinggi pun memastikan problem ini terjadi di 300 kampus dari 951 perguruan tinggi yang menggunakan layanan dari SEVIMA.

Daissy Margaretha, selaku Product Manager SEVIMA CRM sebuah layanan Customer Relationship Management berbasis cloud yang memiliki tujuan untuk membantu Divisi Marketing kampus dalam peningkatan intake penerimaan mahasiswa baru mengungkapkan bahwa masih banyak kampus yang belum sepenuhnya mengerti tentang efektivitas strategi marketing di sebuah perguruan tinggi. Padahal strategi marketing ini sangatlah penting untuk proses promosi kepada calon mahasiswa baru.

“Untuk itu, kami membuat mentoring/pelatihan strategi marketing untuk tim marketing kampus dan menghadirkan layanan SEVIMA CRM yang dapat membantu melakukan tracking terhadap lead calon mahasiswa yang masuk dan memastikan semua lead bisa dikonversi ke mahasiswa yang terdaftar.” Ungkap Daissy

Sunardi Selamat selaku Ketua STAI Panca Budi yang telah mengikuti kegiatan mentoring sekaligus memanfaatkan tools SEVIMA CRM, Ia menyampaikan bahwa setelah mengikuti mentoring ini intake mahasiswa mereka naik pesat  yaitu sebanyak 200% dari tahun sebelumnya pada periode yang sama.

“Dari perbandingan tahun lalu dengan periode yang sama, di kampus kami terdapat peningkatan jumlah mahasiswa, bahkan peningkatannya hampir 200% berkat mentoring dari SEVIMA” ucap Sunardi.

Manfaat adanya sesi exclusive mentoring Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ini juga dirasakan oleh kampus lainnya. Choirul Anam sebagai perwakilan dari STAINU Pacitan menyampaikan bahwa dengan adanya mentor PMB dapat membantu dalam menambah referensi untuk arahan marketing selanjutnya.

“Kami menyambut positif solusi yang ditawarkan SEVIMA ini dan mentoring yang dilakukan sangat bagus dan membantu. Dengan adanya mentor dan forum para tim PMB ini tentunya menambah referensi kita dalam memberikan arahan PMB di kampus kita”, kata Choirul.

Pelatihan yang telah dilakukan SEVIMA kepada lebih dari 23 kampus ini dibimbing langsung oleh Pak Qausyah Faviandhani S.E., M.M. selaku Pakar Marketing terkait meningkatkan intake atau penerimaan mahasiswa baru.

Mentoring dan SEVIMA CRM ini merupakan sebagian upaya dari SEVIMA untuk memecahkan masalah intake penerimaan mahasiswa baru yang kurang maksimal di perguruan tinggi swasta (PTS). Bagaimana, kampus Anda ingin penerimaan mahasiswa baru  yang membludak? Saatnya menggunakan SEVIMA CRM dan ikuti mentoring dari SEVIMA. Langsung hubungi tim kami: 082261610404.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×