10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 03 Oct 2023

Pentingnya CRM bagi Perguruan Tinggi, Siap Dukung Penerimaan Mahasiswa

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Banyaknya perguruan tinggi di Indonesia menimbulkan persaingan ketat di setiap musim penerimaan mahasiswa baru (PMB). Antar perguruan tinggi saling berlomba meningkatkan mutu pendidikan guna dapat menarik minat pendaftar.

Berbagai upaya rupanya sudah dilakukan oleh perguruan tinggi agar meningkatkan intake mahasiswa baru. Sayangnya, belum banyak perguruan tinggi yang berhasil saat melakukan cara tersebut.

Untuk mendukung proses penerimaan mahasiswa baru tersebut, maka dibutuhkan pendekatan yang tepat. Salah satu pendekatan yang bisa dilakukan adalah CRM (Customer Relationship Management). Melalui CRM ini tim marketing perguruan tinggi akan lebih mudah melakukan approach  kepada calon mahasiswa.

3 Alasan CRM Mendukung Penerimaan Mahasiswa

Dengan menggunakan CRM, perguruan tinggi akan lebih siap menghadapi penerimaan mahasiswa baru. Apa saja sih bentuk dukungan CRM dalam proses penerimaan mahasiswa baru?

1. Proses Pendaftaran Mudah Dipantau 

Kendala yang dihadapi oleh perguruan tinggi, terutama swasta, adalah kurangnya kuota pendaftaran mahasiswa. Tim marketing kampus seringkali menemukan banyak calon mahasiswa yang tertarik untuk mendaftar di perguruan tinggi tersebut. Namun, data yang diperoleh dari tim marketing di lapangan kadang masih belum dapat dimaksimalkan.

Kurangnya responsivitas saat calon mahasiswa bertanya dan informasi yang belum lengkap berdampak pada calon mahasiswa yang akhirnya tidak mendaftar. Maka dengan menggunakan CRM, data siswa atau calon pendaftar seperti kontak, nama sekolah, dan informasi lainnya dapat diolah secara maksimal oleh tim PMB. Mereka dapat memantau secara langsung melalui sistem terkait proses mahasiswa dari mulai tertarik hingga menjadi pendaftar.

2. Bisa Menciptakan Strategi Komunikasi yang Efektif

Faktanya meski banyak mahasiswa yang memiliki keinginan mendaftar, seringkali kampus sangat slow response dalam membalas pertanyaan-pertanyaan calon mahasiswa. Dengan menggunakan SEVIMA CRM kondisi tersebut tak akan terjadi. Komunikasi antara calon mahasiswa dan tim PMB pun bisa terakomodir dengan mudah karena layanan yang sudah disediakan pada sistem CRM tersebut.

Harapannya, ketika komunikasi antara tim PMB dan calon mahasiswa baru bisa lebih mudah, maka proses pendaftaran bisa lebih berjalan lancar. Sehingga kuota kampus juga akan lebih terpenuhi.

3. Mendapatkan mentoring permasalahan PMB pada kampus

Berbagai permasalahan terkadang hadir ketika menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Maka kampus harus segera mempersiapkan strategi efektif untuk bisa memaksimalkan kuota pendaftar.

SEVIMA CRM dapat menjadi salah satu solusi atas permasalahan yang dihadapi perguruan tinggi saat proses PMB. Selain dimudahkan dengan penggunaan aplikasinya, Perguruan Tinggi juga mendapatkan mentoring langsung dari konsultan ahli.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai pentingnya CRM bagi perguruan tinggi yang dapat mendukung penerimaan mahasiswa baru. Bagi Anda yang tertarik dengan CRM dapat langsung mengunjungi SEVIMA CRM atau menghubungi Tim SEVIMA.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×