Berita | Info Sentra Vidya Utama

Bagaimana PTKI Menyikapi Kurikulum Kampus Merdeka

SEVIMA.COM – Sejak kebijakan baru mengenai program kampus merdeka dikeluarkan oleh Kemendikbud RI, seluruh perguruan tinggi di Indonesia terus menerus melakukan perubahan. Perubahan tersebut dilakukan mulai dari pembukaan program baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, serta hak belajar tiga semester di luar prodi.

Agar proses pelaksanaan kampus merdeka bisa berjalan dengan seimbang, maka setiap PTKI di Indonesia harus melakukan perubahan secara merata terutama dalam segi kurikulum. Dengan melakukan perubahan pada kurikulum tersebut diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di perguruan tinggi. 

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) rupanya juga memiliki peran penting dalam menciptakan tujuan pendidikan nasional di Indonesia. Dengan demikian, PTKI di seluruh Indonesia terus melakukan perubahan dan pembenahan kurikulum dalam menyambut program Kampus Merdeka.  

PTKIS berkembang melalui program Kampus Merdeka

Di Indonesia sendiri, terdapat 649 PTKI-PTKIS yang sudah didata di dalam Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Kemenag Dirjen Pendis). Melalui program kampus merdeka ini, pemerintah sangat berharap agar kualitas sumber daya manusia Indonesia akan naik. 

Dengan adanya program ini, PTKI diberikan peluang untuk mampu berkembang pesat seiring dengan meningkatnya mutu pendidikan. PTKI dinilai akan jauh lebih berkembang pesat melalui program kampus merdeka. 

Peningkatan kualitas pendidikan melalui kurikulum 

Perubahan ini juga diiringi oleh kualitas pelayanan pendidikan. Peningkatan itu mulai dilakukan dari proses pembelajaran, penelitian dan proses pengabdian masyarakat. Yang mana jika kegiatan tersebut dimasukkan melalui kurikulum, maka kualitas pendidikan akan terpenuhi dengan baik. 

Agar PTKI di Indonesia lebih siap dalam melakukan perubahan yang lebih baik, maka perguruan tinggi di Indonesia bisa melakukan rombakan kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan DUDI. Dengan demikian, secara tak langsung perguruan tinggi akan lebih siap dan lebih mudah dalam mengimplementasikan kurikulum kampus merdeka. Kurniawan, S.Ag., M.Pd. (Kaprodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup Bengkulu) akan mengupas tuntas tentang kurikulum kampus merdeka di PTKI melalui Webinar SEVIMA.

Webinar kali ini tak hanya membahas tentang kurikulum kampus merdeka di PTKI saja, namun juga akan membahas secara detail tentang Tips Membangun Kurikulum Kampus Merdeka serta Ekuivalensinya. Acara ini akan diadakan pada Selasa, 30 Maret 2021 Pukul 13.00 WIB bersama pembicara lainnya, yaitu Dr. Eng. Siti Machmudah, S.T.,M.Eng.(Direktur Pendidikan ITS) dan Bagus Jati Santoso, S.Kom., Ph.D. (Ketua PKKM ITS).

Bagikan artikel ini

Komentar