Dunia Dosen | Dunia Kampus

Cara Meningkatkan Jumlah Guru Besar di Perguruan Tinggi

SEVIMA.COM – Guru besar di sebuah perguruan tinggi, merupakan sebuah harapan baru di dunia pendidikan. Guru besar bisa disebut sebagai agen perubahan yang penting di dunia pendidikan tinggi. 

Apalagi saat ini tengah terjadi persaingan global yang cukup ketat. Guru besar bisa membawa hawa segar bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Meningkatkan jumlah Guru Besar ini secara tidak langsung akan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sayangnya, saat ini Guru Besar di setiap perguruan tinggi di Indonesia masih relatif sedikit. Menurut data statistik tahun 2020, total guru besar di Indonesia adalah 5.479 orang. Sementara, jumlah dosen secara keseluruhan ada 312.890. Ini menunjukan bahwa perbandingan dosen dan guru besar masih relatif kecil. 

Untuk meningkatkan jumlah guru besar di sebuah perguruan tinggi, diperlukan beberapa cara. Berikut adalah ulasannya. 

Cara Meningkatkan Guru Besar di Perguruan Tinggi

  • Harus memahami persyaratan yang dikeluarkan DIKTI

Agar proses peningkatan guru besar bisa terealisasikan dengan baik, maka harus memahami persyaratan yang dikeluarkan DIKTI. Ini merupakan kunci untuk meningkatkan jumlah guru besar di setiap perguruan tinggi. 

  • Terus berkarya dengan jurnal internasional

Agar proses menjadi guru besar bisa terwujud, dosen bisa terus berkarya dengan jurnal internasional. Penerbitan jumlah jurnal internasional yang meningkat juga sangat membantu terwujudnya jumlah guru besar di perguruan tinggi. 

  • Melakukan visiting professor

Salah satu cara yang bisa dilakukan perguruan tinggi adalah melakukan visiting professor dari kampus ternama di luar negeri. Visiting professor merupakan sebuah upaya untuk membimbing dan memotivasi para dosen untuk menjadi guru besar. 

  • Memanfaatkan hibah penelitian inovatif dan kolaboratif

Agar penelitian menuju guru besar bisa berjalan lancar, kampus harus pintar dalam memanfaatkan hibah penelitian. Dana hibah ini akan berfungsi sebagai fasilitas dosen saat melakukan penelitian. 

  • Coaching clinic

Setiap perguruan tinggi bisa memberikan upaya dan arahan untuk mempercepat guru besar dan jabatan fungsional dosen. Biasanya diberikan untuk memberikan wawasan dalam penulisan menuju proses guru besar. 

Tak hanya itu, pada sesi ini juga memberikan sebuah support team dari beberapa para senior. Sehingga guru proses menjadi guru besar bisa berjalan lancar. 

Itulah beberapa cara penting yang bisa meningkatkan kualitas guru besar. Dengan menerapkan beberapa tips tersebut diharapkan bisa membantu setiap perguruan tinggi mencetak Profesor yang kompeten di bidangnya. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar