eBook: 7 Kunci Sukses Implementasi Sistem Informasi di Perguruan Tinggi

Sebuah penelitian mengungkapkan dari setiap 3 sampai 5 proyek implementasi sistem informasi, hanya ada 1 proyek yang berhasil. Ini dapat diartikan bahwa implementasi sistem informasi dalam organisasi sebesar perguruan tinggi tidaklah mudah.

Terlepas dari itu, ternyata dalam implementasi sistem informasi akademik di perguruan tinggi ada beberapa faktor pendukung yang mempengaruhi sebuah keberhasilan. Apa saja kira-kira? Download dan temukan 7 kunci suksesnya.

Sistem informasi akademik memiliki banyak peran penting untuk perguruan tinggi, seperti memperbaiki kualitas, untuk mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan. 

Sistem Informasi akademik juga bertujuan untuk menghasilkan informasi yang akurat, dan menciptakan keunggulan kompetitif bagi perguruan tinggi itu sendiri.

Itulah yang menjadi sebab kenapa perguruan tinggi harus memiliki sistem informasi akademik.

Namun, perlu diketahui juga bahwasanya di dunia Teknologi Informasi khususnya pengembangan software sistem informasi, sudah menjadi rahasia umum bahwa tingkat kegagalannya termasuk paling tinggi dibandingkan dengan proyek lainnya (Yeo, 2002).

Berdasarkan data penelitian dari Rudi Dwi Apriyanto dan Hanson Prihantoro Putro dengan judul “Tingkat Kegagalan dan Keberhasilan Proyek Sistem Informasi Di Indonesia” (2018) mendapati hasil yang cukup mengejutkan.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa hanya 27% proyek sistem informasi yang terselesaikan sesuai anggaran, tepat waktu dan telah dievaluasi oleh pengguna. Sisanya 55% bermasalah dan 18% dibatalkan. 

Ini berarti dari setiap 3 sampai 5 proyek implementasi sistem informasi, hanya ada 1 proyek yang berhasil. 

Lalu, bagaimana dengan implementasi sistem informasi akademik di perguruan tinggi? Tentunya, tidak jauh beda dari data diatas, bisa lebih banyak atau lebih sedikit tingkat keberhasilannya.

Terlepas dari itu, dalam implementasi sistem informasi akademik di perguruan tinggi ada beberapa faktor pendukung yang mempengaruhi sebuah keberhasilan.





    Mockup

    Kesulitan Mengelola Kampus?

    Dapatkan Sistem Informasi Akademik (SiakadCloud) yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi.