eBook: Studi Kasus Dampak dan Solusi Merger Perguruan Tinggi Terhadap Pelaporan PDDikti

Merger (penggabungan) perguruan tinggi saat ini menjadi perbincangan hangat di dunia pendidikan. Salah datu dampak yang terjadi ketika perguruan tinggi melakukan merger adalah masih terpecahnya data dari masing masing kampus. Sehingga data utuh universitas belum bisa diakui oleh pemerintah (Kemendikbudristek).

Nah, apabila saat ini perguruan tinggi anda sedang melakukan merger dan data di PDDikti masih berantakan, yuk belajar dari studi kasus ini, apa saja yang harus dilakukan perguruan tinggi merger agar pelaporan PDDiktinya 100%. Yuk, download sekarang!

Kali ini, SEVIMA akan bercerita bagaimana salah satu klien kami, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) sukses melakukan merger dan juga sukses melakukan pelaporan ke PDDikti.

Merger perguruan tinggi merupakan penggabungan dan penyatuan 1 (satu) atau lebih perguruan tinggi menjadi 1 (satu) perguruan tinggi baru atau penyatuan ke dalam 1 (satu) perguruan tinggi lain.

Adanya program merger ini, kami sering mendapat pertanyaan terkait dampak yang terjadi ketika perguruan tinggi melakukan merger, salah satunya berdampak pada pelaporan PDDikti seperti; masih terpecahnya data dari masing masing kampus sehingga data utuh universitas belum bisa diakui di PDDikti Kemdikbud.

Padahal kita tahu, jika perguruan tinggi tidak melakukan pelaporan PDDikti sesuai Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 51 Tahun 2018 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, Dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta, yang terdapat di Bab 8 Sanksi Administratif bahwa perguruan tinggi akan mendapat sanksi, mulai yang paling ringan yaitu Teguran Tertulis sampai sanksi terberat yaitu Pencabutan Izin Operasional Kampus.

Untuk itu, perguruan tinggi merger butuh strategi khusus agar pelaporan PDDikti-nya tidak terganggu. Tidak hanya itu, perguruan tinggi juga harus tahu persiapan dan tantangan apa saja setelah data kampus (merger) tergabung. Yuk cari tahu agar perguruan tinggi Anda merger dengan aman dan selamat. Yuk, download sekarang!





    Mockup

    Kesulitan Mengelola Kampus?

    Dapatkan Sistem Informasi Akademik (SiakadCloud) yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi.