Akreditasi | Dunia Kampus | Info Sentra Vidya Utama | Regulasi Pendidikan Tinggi

Manfaat Mendapat Akreditasi Internasional bagi Perguruan Tinggi

SEVIMA.COM – Secara tidak langsung, adanya akreditasi internasional merupakan sebuah awal untuk mendongkrak dunia pendidikan di tanah air. Akreditasi ini secara tidak langsung memberikan dampak positif bagi para civitas akademik. 

Jika sebuah perguruan tinggi sudah berhasil mengantongi akreditasi internasional, maka perguruan tinggi tersebut sudah pasti mendapatkan nilai plus dari BAN-PT. Jadi bisa dipastikan jika akreditasi internasional ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi. 

Semakin banyak perguruan tinggi yang memiliki akreditasi internasional tersebut, maka pendidikan di Indonesia lebih bisa dipandang di dunia internasional. Tak hanya itu saja, para mahasiswa yang berasal dari luar negeri pun juga bisa bersekolah di sini. 

Baca juga : eBook: Rahasia Mendapat Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul (A)

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan akreditasi internasional?

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat mengikuti akreditasi internasional ini, antara lain:

1. Untuk recognize perguruan tinggi

Akreditasi internasional ini sangat penting, salah satunya untuk jaminan dan pengakuan sebuah kualitas perguruan tinggi. Sehingga lulusan yang dihasilkan bisa tersebar di berbagai sudut dunia. 

Harapannya, setelah melakukan sebuah akreditasi internasional ini, perguruan tinggi akan lebih diakui di jajaran perguruan tinggi terbaik dunia.  Jadi akan hadir berbagai kampus di Indonesia yang bisa diakui di tingkat internasional. 

2. Dosen asing bisa mengajar di kampus

Manfaat akreditasi internasional ini bisa dibilang sangat penting untuk keberlangsungan sebuah perguruan tinggi. Dosen yang mengajar bisa langsung dari dosen di kampus luar negeri. Atau dosen yang berasal dari Indonesia bisa mengajar di luar negeri. Sehingga bisa lebih mudah terjadinya staff mobility. 

3. Mutu kampus bisa lebih meningkat

Ketika sudah melakukan akreditasi Internasional ini dipastikan mutu kampus bisa meningkat. Sehingga kampus lebih dipandang dan diakui di kancah internasional. Tak hanya itu saja, alumninya juga akan mendapatkan penghargaan yang bagus di dunia kerja dan industri. 

Baca juga: 9 Indikator Syarat Pemenuhan Perpanjangan Peringkat Akreditasi Program Studi (Mei 2022)

4. Diakui oleh Kemendikbud

Akreditasi Internasional merupakan sebuah akreditasi yang juga diakui oleh Kemendikbud RI. Tertulis di NOMOR 83/P/2020, Kemendikbud sudah melayangkan informasi penting seputar akreditasi yang diakui. 

Berikut adalah lampiran lembaga akreditasi internasional yang diakui oleh Kemendikbud:

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kampus mengikuti proses akreditasi Internasional. Jika setiap kampus berupaya mendapatkan akreditasi ini, pasti pendidikan tinggi di indonesia akan lebih maju dan berkembang. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar