support@sevima.com

 +62 31 8722719


Akreditasi SEVIMA GoFeeder 

Optimalkan Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi Anda!

 

adminweb

 

29 Mei 2018

SEVIMA.COM – Dosen adalah faktor penting dalam implementasi mutu pada tingkat interaksi di perguruan tinggi. Semakin ketatnya persaingan mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu dosen secara berkelanjutan.  Disinilah peran sistem penjaminan mutu internal.

Penerapan sistem penjaminan mutu internal tidak hanya untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi tetapi juga mendorong setiap elemen perguruan tinggi khususnya dosen untuk selalu meningkatkan kompetensinya agar dapat memberikan pendidikan yang bermutu.

Salah satu indikator peningkatan kompetensi dosen di perguruan tinggi adalah jabatan akademik. setiap dosen diharapkan mampu naik jabatan akademik mulai dari asisten ahli, lektor, lektor kepala, sampai guru besar dalam periode tertentu. Artinya pada kurun waktu tersebut harus ada peningkatan kompetensi bagi setiap dosen. Dalam hal ini sistem penjaminan mutu internal akan mendampingi dosen dalam meningkatan kompetensinya secara terencana dan berkelanjutan sehingga dosen dapat naik jabatan akademik sesuai waktu yang ditentukan.

Agar peningkatan kompetensi dosen terencana dan berkelanjutan perlu adanya daftar kompetensi yang harus dicapai seorang dosen di setiap jabatan akademik.

Daftar kompetensi dosen akan menjadi panduan dan standar bagi setiap dosen, sehingga dapat naik jabatan secara berkala. Tidak hanya itu, perguruan tinggi juga harus memfasilitasi dosen untuk mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan. Contohnya, untuk naik ke jabatan asisten ahli, seorang dosen disyaratkan untuk mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal nasional sebagai penulis pertama.

Untuk itu seorang dosen harus memiliki kompetensi riset ilmiah dan publikasi. Untuk mencapai kompetensi tersebut perguruan tinggi dapat memberikan fasilitas antara lain bimbingan teknis penulisan artikel ilmiah jurnal nasional, insentif publikasi sebagai penulis pertama, dll.

Baca juga: Permudah Proses Pencatatan Data Riwayat Dosen dengan SATU KLIK

Pada akhirnya, kenaikan jabatan akademik dosen secara berkala akan menopang penilaian peringkat perguruan tinggi tersebut. Pemeringkatan ini dilakukan oleh dikti dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

Pemeringkatan tersebut berdasarkan atas rasio dosen dalam jabatan lektor kepala dan guru besar terhadap jumlah dosen keseluruhan. Semakin banyak dosen yang menduduki jabatan lektor kepala maupun guru besar menandakan semakin baik peringkat dan mutu pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

SEVIMA Take IT Easy

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami