10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 19 Feb 2024

Peran Penting SPMI Terhadap Mutu dan Akreditasi Perguruan Tinggi

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bagaikan fondasi bagi Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau akreditasi. Mengacu pada Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 menjelaskankan bahwa SPMI merupakan proses yang dilaksanakan secara tersusun dan terorganisir untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di perguruan tinggi secara otonom. 

Hasil dari SPMI kemudian dinilai melalui akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk perguruan tinggi, atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) untuk program studi. Semakin optimal SPMI diimplementasikan, semakin tinggi peluang meraih akreditasi yang baik. 

Dari hasil akreditasi, maka masyarakat hingga calon mahasiswa dapat mengetahui kelayakan dan mutu suatu perguruan tinggi atau program studi. Agar pemahaman terkait pentingnya SPMI semakin jelas, berikut adalah peran SPMI terhadap akreditasi.

Baca juga: Bingung Proses Pelaksanaan SPMI di Perguruan Tinggi? Ini Panduan Praktisnya

Peran Penting SPMI Untuk SPME (Akreditasi)

1. Menjaga Mutu Perguruan Tinggi dan Prodi

Kenapa SPMI dapat menjaga mutu perguruan tinggi dan Prodi? Tentu, dengan adanya pelaksanaan SPMI, akan mendorong perguruan tinggi untuk menetapkan standar mutu yang tinggi.

Selain itu, SPMI juga dapat membantu perguruan tinggi untuk memantau dan mengevaluasi kinerja secara berkelanjutan dan tentunya mendorong budaya mutu di seluruh civitas akademika.

Apalagi pelaksanaan SPMI disusun melalui siklus PPEPP yakni Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan. Implementasi yang sesuai dengan siklus, secara langsung akan berdampak pada mutu perguruan tinggi yang terjaga kualitasnya. Sehingga pendidikan dan layanan di perguruan tinggi akan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti).

2. SPMI Menjadi Bagian dari SPM Dikti

spmi adalah

Sumber: LLDIKTI 6

Berdasarkan aturan resmi dari Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 pada Bab V pasal I dan pasal 66 tentang penjaminan mutu menjelaskan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) terdiri dari rangkaian SPMI dan SPME. Kedua sistem ini memiliki kaitan secara teratur yang digunakan meningkatkan mutu secara berencana dan berkelanjutan. 

Sehingga pelaksanaan SPMI tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk memperbaiki mutu secara internal, tetapi juga sebagai komponen penting dalam proses eksternal (SPME) untuk memastikan mutu pendidikan yang dihasilkan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

3. Sebagai Pelaporan ke DIKTI

SPMI tidak hanya dilaksanakan, namun juga dilaporkan secara berkala. Peraturan ini tertera pada aturan Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 pada Bab 5 pasal 99 ayat 3. Pelaporan SPMI ini minimal dilakukan secara berkala setidaknya 1 kali dalam setiap semester untuk memantau dan menilai mutu pendidikan suatu perguruan tinggi. 

4. Mempermudah Re-Akreditasi Automasi

Masih dalam aturan Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 pada pasal 81, menjelaskan bahwa reakreditasi automasi dapat dilakukan dengan cara memantau dan mengevaluasi mutu program studi dan perguruan tinggi melalui data dari PDDikti. 

Dengan catatan, automasi ini diawasi sepenuhnya oleh BAN-PT dan LAM sesuai dengan kewenangan masing-masing. Maka penting bagi perguruan tinggi untuk menjaga mutu melalui pelaksanaan SPMI secara optimal agar mempermudah reakreditasi dengan mekanisme automasi. 

Pantau Progress SPMI dengan Mudah Melalui Modul SPMI SEVIMA Platform

Untuk mewujudkan pelaksanaan SPMI yang baik, perguruan tinggi membutuhkan sistem yang handal dalam pelaksanaannya. Saat ini, SEVIMA platform telah mendukung pelaksanaan SPMI yang dilengkapi dengan fitur “smart dashboard”

Melalui smart dashboard ini, perguruan tinggi atau tim SPMI diberikan kemudahan dalam memantau progress pelaksanaan SPMI secara real-time dan memberikan para pengelola perguruan tinggi visibilitas yang komprehensif terhadap seluruh aspek penjaminan mutu di dalam kampus.

Selain itu, tim SPMI dapat lebih mudah melacak dan mengevaluasi capaian serta progres kesiapan SPMI untuk dilaporkan. Sehingga, para administrator untuk mengambil tindakan yang tepat waktu dan efektif berdasarkan analisis data yang akurat, sehingga memperkuat upaya peningkatan mutu di tingkat internal perguruan tinggi.

Baca juga: Bingung Proses Pelaksanaan SPMI di Perguruan Tinggi? Ini Panduan Praktisnya

Itulah penjelasan singkat mengenai pentingnya peranan SPMI terhadap SPME (akreditasi) kampus. Bagi Anda yang ingin proses SPMI yang lebih mudah dan penasaran dengan modul SPMI SEVIMA Platform, yuk segera konsultasi dengan Tim SEVIMA. 

 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×