Dunia Dosen | Dunia Kampus

Lakukan Persiapan ini Agar Proses KRS di Kampus Anda Berjalan Lancar

SEVIMA.COM– Sebelum semester dimulai, setiap kampus pasti melakukan persiapan untuk pengambilan Kartu Rencana Studi (KRS). Kegiatan pengambilan KRS memang sudah menjadi suatu rangkaian akademik yang harus dilakukan oleh para civitas akademik.

KRS sendiri merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa agar bisa mengikuti kegiatan perkuliahan. Untuk itu, proses pengambilan KRS wajib dipersiapkan sebaik mungkin.

Mengingat pentingnya KRS ini bagi kegiatan belajar mengajar, maka hendaknya pihak kampus wajib menyiapkannya dengan matang. Nah, kira-kira apa saja sih yang harus diperhatikan dalam proses persiapan KRS ini? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Menyiapkan jadwal konsultasi antara dosen dan mahasiswa

Setiap melakukan proses KRS biasanya diawali dengan proses konsultasi mahasiswa kepada dosen pembimbing akademik. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat dengan mudah memilih mata kuliah yang akan diampu selama satu semester.

Kegiatan konsultasi ini biasanya tak hanya diisi dengan pengambilan mata kuliah saja, namun juga dilengkapi dengan konsultasi hasil akademik mahasiswa. Untuk itu, civitas akademik hendaknya menyiapkan jadwal konsultasi terlebih dahulu, agar mahasiswa bisa memilih mata kuliah sebelum proses KRS dimulai.

Baca juga: Manfaat Aplikasi KRS Online untuk Permudah Mahasiswa

2. Memastikan jadwal kelas dengan benar

Proses pengambilan KRS bisa diartikan sebagai proses rencana belajar selama satu semester. Agar kegiatan pengambilan KRS bisa berjalan dengan lancar, maka pihak civitas akademik harus menyiapkan jadwal perkuliahan yang akan berlangsung. Kegiatan ini bisa digunakan untuk meminimalisir bentroknya jadwal mata kuliah yang akan diambil.

3. Membuat jadwal pelaksanaan KRS 

Selain menyiapkan jadwal konsultasi dan jadwal kelas, pihak kampus juga harus memperhatikan jadwal pelaksanaan KRS. Jadwal pelaksanaan KRS bisa digunakan untuk memastikan mahasiswa bisa melakukan KRS dengan tepat waktu.

Baca juga: 5 Tips untuk Kampus Agar Lancar Menyelenggarakan KRS Online

4. Sediakan call centre untuk KRS

Selama melakukan KRS, biasanya seringkali terjadi trouble. Terutama bagi kampus yang sudah melakukan kegiatan KRS online. Untuk menanggulanginya, sebaiknya pihak kampus wajib menyediakan call centre agar kegiatan KRS bisa berjalan dengan lancar.

5. Pilih layanan KRS yang tepat

Saat ini, menggunakan sistem KRS online adalah suatu pilihan yang tepat. Sistem KRS online ini akan membantu kampus Anda dalam menyiapkan proses kegiatan KRS dengan baik. Namun, tak semua kampus punya layanan KRS yang tepat.

Nah, untuk mengantisipasi masalah tersebut, Anda harus menggunakan layanan KRS yang tepat. Salah satu layanan KRS yang bisa mengatasinya adalah siAkad Cloud.

Pentingnya KRS sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, kampus harus memperhatikan proses KRS dengan baik.

Dengan menggunakan siAkad Cloud, Anda akan dengan mudah melakukan proses administrasi dan persiapan KRS dengan baik. Karena seluruh data dalam siAkad Cloud akan diimplementasikan dengan sangat mudah dan ringkas.

Jadi, apakah kampus Anda sudah menggunakan layanan KRS dengan tepat? Jika belum, langsung kunjungi saja  siakadcloud.com. Temukan kemudahan dan kenyamanan layanan KRS di sini.

Bagikan artikel ini

Komentar