Lomba Artikel

SEVIMA: SEbuah VIsi MAsa depan

Penulis: Agnescia Clarissa Sera

Politeknik Kesehatan Palangkaraya

“Teknologilah yang bisa memberikan dampak sosial terbesar di negara ini.  Bukan kebijakan atau policy”  (Nadiem Makarim)

Suatu hari di tahun 2015, saya merasa sedikit gagap teknologi. Pasalnya, status saya sebagai mahasiswa Program Master di sebuah kampus yang termasuk dalam member Group of Eight (Go8) di Australia memberikan saya kesempatan untuk mengakses semua sumber belajar secara digital. Hal ini belum saya dapatkan dengan optimal di kampus terdahulu saya di Indonesia. Salah satu platform manajemen sistem pembelajaran yang disediakan di kampus ini membuat saya terkesan. Semua hal terintegrasi di sana, mulai dari layanan KRS (enrolment), KHS (grades), bahan ajar kuliah (lecture notes), rekaman kuliah (recording), pengumuman (announcement), diskusi dengan dosen dan teman sekelas (group discussion), submit tugas (submitting assignment), mengerjakan ujian (taking tests or quizzes) hingga layanan perpustakaan (library) dapat diakses kapan dan dimana saja sejauh ada akses internet. Saya berpikir, hal positif seperti ini seharusnya tidak hanya dinikmati oleh negara maju. Negara berkembang seperti Indonesia pun sesungguhnya memiliki sumber daya yang mumpuni untuk mewujudkannya. 

Terbukti, pada tahun 2019, institusi pendidikan tempat saya mengabdi kemudian bermitra dengan SEVIMA melalui layanan SiAkadcloud. Aplikasi sistem informasi akademik ini memberikan banyak kemudahan bagi civitas akademika di kampus kami. Dari sisi pengelola institusi, platform SiAkadcloud ini membuat kegiatan persiapan akreditasi menjadi lebih efektif dan efisien. Contohnya, data kemahasiswaan dapat ditarik secara real time, kapan pun diperlukan. Selain itu, manajemen sumber daya manusia dan keuangan, termasuk pelacakan pembayaran SPP mahasiswa menjadi lebih mudah dilakukan. Bagi tenaga pendidik, SiAkadcloud mendukung proses belajar mengajar menjadi lebih terencana. Dosen diberikan reminder tentang kelas yang diampunya (Gambar 1). Bahan ajar dapat diinput dengan mudah. Monitoring kehadiran mahasiswa dapat dilakukan dengan baik. Bahkan, rekam konsultasi bimbingan akademik serta bimbingan skripsi/tugas akhir juga dapat dilakukan secara virtual. 

Aplikasi SiAkadcloud sangat memudahkan mahasiswa dalam melakukan proses pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), mencetak Kartu Hasil Studi (KHS), melakukan evaluasi performa dosen hingga konsultasi dengan dosen pembimbing. Bagi alumni, SiAkadcloud juga menyediakan fitur tracer alumni dan portal karir yang tentu sangat berguna bagi alumni sendiri serta bagi perkembangan institusi pendidikan. Semua kemudahan layanan akademik ini semakin kental kami rasakan terutama di masa pandemi akibat wabah CoVid-19. Saat kegiatan tatap muka harus beralih ke mode dalam jaringan, civitas akademika di kampus kami sudah sangat siap menghadapinya melalui dukungan fitur-fitur yang tersedia di platform SiAkadcloud. 

Saya tidak menduga bahwa ternyata produk yang disediakan SEVIMA ini bahkan memiliki fitur yang melampaui aplikasi sistem informasi akademik yang pernah saya rasakan di luar negeri. Hal ini membuka mata saya bahwa Indonesia sesungguhnya memiliki kemampuan setara dengan negara maju. Revolusi pendidikan sungguh terjadi dan SEVIMA berkontribusi di dalamnya untuk mendukung kampus-kampus Indonesia setara dengan kampus-kampus dunia. Layanan yang SEVIMA berikan selama ini di kampus kami sungguh merupakan layanan prima. Hal ini saya rasakan sendiri sebagai seorang pembimbing akademik, tatkala mahasiswa saya memiliki kendala dalam mengakses kode pembayaran SPP. Masalah yang dialaminya dapat terselesaikan segera dengan dukungan tim IT yang responsif. Melalui layanan yang diberikan oleh SEVIMA, saya yakin suatu hari nanti institusi pendidikan dimana saya mengabdi juga akan menjadi kampus kelas dunia (world class university). SEbuah VIsi MAsa depan yang tentu dapat kami wujudkan melalui hubungan mitra dengan SEVIMA. 

Ke depan, saya berharap SEVIMA dapat terus konsisten memberikan layanan terbaiknya bagi pendidikan di Indonesia. Saya bermimpi, suatu hari kampus kami dapat dilihat secara virtual oleh calon mahasiswa di negara lain. Melalui transformasi digital pada wajah kampus akan memancing animo mahasiswa asing. Selain itu, mahasiswa yang dilayani di kampus kami juga dapat melakukan asesmen sederhana terkait kesehatan fisik dan mentalnya melalui layanan yang tersedia di SiAkadcloud. Fitur-fitur tambahan seperti ini mungkin suatu hari dapat dikembangkan oleh pengelola SEVIMA. SEbuah VIsi MAsa depan yang dapat diwujudkan bersama SEVIMA. Bravo SEVIMA, terus maju menjadi pionir revolusi pendidikan di Indonesia.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar