#revolutionizeEducation | Dunia Akademik | Dunia Kampus

siAkadcloud Support Implementasi MBKM, Tata Kelola Jadi Lebih Mudah

SEVIMA.COM – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menuntut perguruan tinggi memiliki adaptasi dan melakukan transformasi dalam melaksanakan pendidikan tinggi. Misalnya saja pendidikan tinggi yang relevan dengan dinamka kekinian dari masyarakat dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu, kampus perlu membuka ruang dan kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk bisa mengembangkan potensi sesuai peminatan masing-masing mahasiswa. Salah satunya melalui pembelajaran berbasis pengalaman atau disebut sebagai experiential learning. 

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memiliki delapan (8) kegiatan pembelajaran. Menurut Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1, kedelapan kegiatan tersebut antara lain:  1. Program pertukaran pelajar 2. Magang atau praktik kerja 3. Asistensi mengajar di satuan pendidikan 4. Penelitian atau riset 5. Proyek kemanusiaan 6. Kegiatan wirausaha 7. Studi atau proyek independen 8. Membangun desa atau KKN tematik.

Kedelapan kegiatan tersebut bisa diimplementasikan oleh kampus untuk diikuti oleh setiap mahasiswa. Namun, dalam kenyataannya di beberapa perguruan tinggi masih kesulitan untuk implementasi program MBKM ini, seperti menyusun kurikulumnya, pengelolaan administrasinya, bahkan kesulitan untuk pelaporan ke PDDikti.

Salah satu upaya pemerintah disini Kemendikbudristek untuk membantu percepatan perguruan tinggi dalam melaksanakan MBKM di perguruan tinggi adalah dengan memberikan dana hibah dalam program PK-KM ISS-MBKM (Institutional Support System) yang secara khusus ditujukan untuk memperkuat tata kelola MBKM. Disini terlihat jelas, bahwa tata kelola MBKM sangat diperlukan.

Tata Kelola Administrasi MBKM

Salah satu yang menjadi tantangan perguruan tinggi dalam implementasi MBKM adalah tata kelola administrasinya, banyak banget proses administrasi yang harus disiapkan, seperti; menyiapkan pendaftaran mahasiswa untuk mengikuti program MBKM,  menyiapkan rekomendasi mata kuliah untuk mahasiswa, melakukan konversi mata kuliah MBKM dan monitoring pencatatan dan kegiatan MBKM dll, belum lagi terkait pelaporan ke PDDikti.

Baca juga: Tata Cara Pembayaran Virtual Account di Siakad Cloud

Pelaporan Kegiatan MBKM Ke PDDikti

Untuk pelaporan ke PDDIKTI, perguruan tinggi penyelenggara mencatatkan pembuatan kelas dengan status Kampus Merdeka. Dari perguruan tinggi peserta, akan ada mahasiswa yang mendaftar dan mengikuti perkuliahan; perkuliahan berlangsung seperti perkuliahan biasa. Dan pada akhir semester akan ada ujian dan mahasiswa dari perguruan tinggi peserta akan mendapatkan nilai. Nilai ini yang akan dibawa ke perguruan tinggi peserta. Perguruan tinggi peserta akan mencatatkan ke PDDIKTI sebagai nilai konversi, dan tetap masuk ke transkrip nilai.

Untuk 7 kegiatan pembelajaran MBKM lainnya, secara teknis di PDDIKTI kegiatan-kegiatan tersebut dicatatkan di menu Aktivitas Mahasiswa, berbeda dengan menu untuk pertukaran pelajar tadi. Operator PDDIKTI di kampus akan mencatatkan kegiatan mahasiswa di perguruan tinggi tersebut; jenis aktivitasnya apa, dosen pembimbing kegiatan, peserta kegiatan siapa. Setelah akhir kegiatan, mahasiswa akan mendapatkan nilai dan dicatatkan oleh perguruan tinggi terkait melalui menu Konversi Kampus Merdeka.

Baca juga: SIAKAD Bukan Hanya Untuk Penyimpanan Data, Tapi..

siAkad Cloud Permudah Administrasi dan Pelaporan MBKM

Bisa dibayangkan betapa ribetnya pengelolaan administrasi dan pelaporan MBKM ini, sehingga tata kelola MBKM sangat diperlukan, karena administrasi, dan pelaporan tidak mudah dilakukan oleh perguruan tinggi. Untuk mendukung proses pelaksanaan MBKM tersebut, kampus membutuhkan layanan sistem informasi yang mengakomodir. Dengan begitu seluruh kegiatan MBKM di kampus bisa terlaksana dengan baik.

Untuk itu, SEVIMA siAkadcloud siap membantu perguruan tinggi siap dan memperkuat pelaksanaan program MBKM ini dengan menyiapkan beberapa modul untuk memudahkan administrasi maupun pelaporan ke PDDikti, sehingga dapat menunjang perguruan tinggi dalam pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Berikut modul yang tersedia pada siAkadcloud untuk support MBKM antara lain:

1. Modul pengelolaan kurikulum MBKM

Modul pengelolaan kurikulum MBKM ini sudah dilengkapi dengan rekomendasi mata kuliah yang akan diikuti. Kemudian akan dikonversikan nilai MBKM yang sudah diikuti tersebut. 

2. Portal ajuan kegiatan MBKM oleh mahasiswa 

Portal pengajuan kegiatan MBKM ini sudah dilengkapi dengan fasilitas upload dokumen pendukung. Sehingga peserta tak perlu bingung lagi melampirkan persyaratan yang ditentukan. 

3. Modul validasi ajuan kegiatan MBKM oleh validator (dosen/prodi)

Proses MBKM akan semakin mudah karena melalui siAkadcloud ini dosen atau pihak prodi sudah bisa melakukan validasi kegiatan MBKM yang diikuti oleh mahasiswa. 

4. Modul penilaian dan konversi matakuliah MBKM 

Menariknya, agar proses penilaian dan konversi nilai bisa berjalan dengan baik, layanan siAkadcloud juga dilengkapi dengan fitur relevansi capaian pembelajaran MBKM. tak hanya itu, relevansi RPS mata kuliah MBKM juga tersedia pada layanan ini.  

5. Modul pencatatan log book kegiatan MBKM

Bagi kampus yang bingung dengan pencatatan log book, siAkadcloud menyediakan modul pencatatan pada kegiatan MBKM. 

6. Modul Monitoring pencatatan dan kegiatan MBKM

Agar proses kegiatan MBKM berjalan lancar, siAkadcloud juga dilengkapi dengan modul pencatatan MBKM. Di modul ini  bisa membantu perguruan tinggi melakukan monitoring keseluruhan proses MBKM yang dilakukan oleh mahasiswa. 

7. Laporan kegiatan MBKM

Ada juga laporan kegiatan MBKM yang penting untuk berlangsungnya kegiatan ini. 

8. Modul pengiriman data ke Neofeeder PDDIKTI  terkait MBKM

Pelaporan PDDIKTI merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh setiap perguruan tinggi. Adanya MBKM ini menjadi salah satu konsentrasi penting agar seluruh data bisa tersampaikan baik ke PDDIKTI. Untuk itu, di layanan siAkadcloud ini pengiriman data Neofeeder disediakan untuk membantu perguruan tinggi melakukan pelaporan.

9. Pencatatan Referensi jenis kegiatan dan pencatatan mitra industri 

Kegiatan MBKM juga berhubungan dengan mitra industri. Untuk memudahkan kampus, siAkadcloud juga menyediakan referensi jenis kegiatan dan pencatatan mitra MBKM.

Kami berharap dengan adanyanya Modul MBKM dalam siAkad Cloud ini dapat membantu perguruan tinggi Anda sukses melaksanakan program MBKM ini sehingga dapat membantu mahasiswa atau generasi muda kita kaya akan skill dan talenta. Yuk siap melaksanakan MBKM dengan siakadcloud.com, dan bersama-sama #revolustionizeEducatian pendidikan di Indonesia untuk yang lebih baik.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar