Dunia Kampus | siAkad Cloud

SIAKAD Bukan Hanya Untuk Penyimpanan Data, Tapi..

SEVIMA.COM – Bagi sebuah perguruan tinggi, istilah Siakad memang sudah tak asing lagi. Siakad atau merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Akademik yang sangat penting untuk mengelola data serta melakukan berbagai kegiatan akademik yang melibatkan antara mahasiswa, dosen, serta administrasi akademik di sebuah perguruan tinggi. 

Melihat begitu banyak fungsinya, siakad tak hanya berfungsi sebagai penyimpan data saja. Namun Siakad ini sangat penting untuk menjalankan berbagai macam kegiatan kampus. Mulai dari pelaporan PDDIKTI, pengelolaan manajemen perguruan tinggi, hingga pengambilan keputusan pelaporan di lingkungan perguruan tinggi. 

Baca juga : Pentingnya SIAKAD Kampus Terintegrasi Pembayaran Online

Apa sih fungsi Siakad selain penyimpanan data?

Menurut fungsinya, Siakad tak hanya berguna untuk penyimpanan data saja. Nyatanya, masih banyak lho fungsi penting yang dimiliki oleh Siakad ini. Beberapa fungsinya tersebut antara lain: 

1. Pusat informasi

Pusat informasi ini sangat penting untuk mengetahui apa yang terjadi di kampus dalam waktu cepat.  Dengan menggunakan siakad ini, seluruh komponen data dikemas secara otomatis. 

2. Sebagai sistem integrasi data

Saat menggunakan siakad Anda akan lebih melakukan integrasi data yang up-to-date. Anda tidak akan menemukan data yang double karena seluruh sistem sudah terpusat. 

3. Media komunitas pengguna

Siakad tak hanya digunakan sebagai penyimpanan data saja. Namun dengan menggunakan Siakad akan lebih memudahkan Anda dalam menyampaikan materi perkuliahan. Bisa dibilang bahwa siakad tersebut merupakan media komunitas seluruh penggunanya. Mulai dari admin, staff, mahasiswa, dosen, bahkan hingga pimpinan kampus. 

4. Rekam kegiatan kampus

Layanan siakad akan memantau seluruh kegiatan serta perkembangan kampus. Mulai dari PMB, KRS, hingga proses penilaian seluruh kegiatan yang lebih bisa diselesaikan dengan efektif dan efisien. 

5. Memudahkan proses pengelolaan data akademik dan non akademik

Ketika menggunakan siakad, Anda akan jauh lebih mudah terbantu dalam mengelola data akademik. Data tersebut mulai dari nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar atau dosen, dan data seluruh fakultas atau jurusan pada perguruan tinggi. 

6. Membantu dalam hal pengambilan keputusan bagi top manajemen di perguruan tinggi

Seluruh data dan proses penggunaan yang lengkap, Anda juga bisa menggunakan Siakad sebagai salah satu proses pengambilan keputusan bagi manajemen di perguruan tinggi. 

Apa saja manfaat Siakad?

Tentu saja dari semua fungsi di atas memberikan manfaat banyak. Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika menggunakan Siakad. Tidak hanya bermanfaat untuk perguruan tinggi dan dosen, tetapi juga bermanfaat untuk mahasiswa. 

Manfaat Siakad akan semakin Anda rasakan jika Siakad yang Anda gunakan tersebut sudah terintegrasi dengan layanan pelaporan PDDIKTI seperti Neo Feeder. 

Seluruh komponen pelaporan yang Anda gunakan akan menjadi semakin mudah bila Anda menerapkannya dengan baik. Sehingga adanya proses integrasi tersebut dapat memudahkan semua lini atau bagian di dalam perguruan tinggi. 

Baca juga: Kampus Anda Alami Kendala Integrasi Siakad dengan Simponi?

Nah, tak hanya itu saja. Layanan Siakad yang sudah dilengkapi dengan sistem dan teknologi Cloud Computing juga akan semakin mempermudah Anda dalam melakukan penyimpanan data. Selain itu, keamanan yang Anda gunakan akan semakin aman karena sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang sudah memenuhi standar keamanan data. 

Menggunakan layanan Siakad memang sebuah layanan yang sangat memudahkan para penggunanya.  Jadi Anda tak perlu lagi khawatir dengan melakukan manajemen dan pengolahan data di kampus Anda. Semuanya sudah terjamin dengan sangat mudah dan cepat. 

Terlebih kalau Anda menggunakan layanan SiakadCloud, seluruh layanan dengan kemudahan tersebut bisa dengan mudah Anda temui di sini. Terbukti, banyak perguruan tinggi yang sudah berhasil dengan nyaman menggunakan layanan ini. Lalu, kapankah Anda bergabung juga menggunakan layanan ini? 

 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar