e-learning | Info Sentra Vidya Utama

Tips Melakukan Kelas Virtual Berbasis Video Conference yang Lancar

Tahun boleh sudah berganti, namun kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara virtual. Pandemi yang belum mereda mengharuskan para pengajar masih menggunakan media online saat mengajar. Untuk melakukan kegiatan itu, para pengajar harus memerlukan strategi yang tepat. Sehingga materi yang disampaikan kepada para pelajar bisa diterima dengan baik.

Agar proses tersebut bisa berjalan dengan sangat mudah, maka video conference bisa Anda jadikan sarana untuk menyampaikan materi perkuliahan. Saat ini, sarana kelas virtual berbasis video conference sangat diperlukan. Tapi, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar pengaplikasiannya berjalan dengan baik.

Apa saja yang bisa dilakukan agar kelas virtual berbasis video conference bisa berjalan lancar? Berikut tipsnya.

1. Tetapkan aturan saat menjalankan kelas virtual

Sebelum menerapkan pembelajaran ini, Anda harus menetapkan aturan saat menjalankan kelas virtual ini. Aturan ini seperti aturan menyalakan microphone saat bertanya, mengenakan pakaian rapi meskipun kelas berlangsung daring, dan yang terpenting tidak mengindahkan mahasiswa untuk makan dan minum selama kelas.

Meskipun kelas dijalankan dengan online, namun bukan berarti kegiatan belajar mengajar lebih santai dan tak teratur. Maka, dengan adanya aturan ini seluruh kegiatan belajar mengajar bisa tetap berjalan kondusif.

Baca juga: Integrasi Layanan Online untuk Atasi Permasalahan Kampus di Masa Pandemi

2. Lakukan sistem absensi 

Meskipun kegiatan belajar mengajar di rumah, namun Anda perlu melakukan absensi kepada seluruh mahasiswa. Ini digunakan untuk mengantisipasi mahasiswa yang titip absen dan tidak mengikuti kegiatan belajar ini.

3. Pastikan koneksi internet berjalan lancar

Hal paling krusial dalam sistem pembelajaran ini adalah koneksi internet. Koneksi internet sebagai hal paling penting untuk menentukan apakah kelas tersebut bisa dilakukan dengan baik atau tidak.

Maka, sebagai pengajar, Anda harus memastikan bahwa koneksi yang Anda gunakan sudah bisa berfungsi dengan baik. Jika koneksi ini terputus, maka seluruh kegiatan belajar mengajar Anda akan terganggu.

4. Pastikan semua perangkat berfungsi sempurna

Media pendukung lain yang Anda gunakan harus memenuhi standar. Pastikan bahwa seluruh perangkat tersebut bisa digunakan dengan baik, seperti laptop, headset, kamera, dan software.

Tak hanya itu saja, dalam melakukan kegiatan pembelajaran ini, Anda juga harus mumpuni menggunakan perangkat-perangkat ini. Jika Anda tidak bisa menggunakannya, bisa jadi kegiatan belajar mengajar tak bisa berjalan lancar.

Baca juga: Kelas Online Course Gratis untuk Tingkatkan Skills Mahasiswa di SEVIMA EdLink

5. Pilih tempat yang nyaman dan aman

Biasanya berada di dalam rumah sering kali banyak halangan dan gangguan. Secara tak sadar, Anda bisa ter-distract dengan suara-suara yang berada di luar lingkungan Anda. Maka, untuk mengatasinya, Anda bisa mencari tempat yang nyaman di salah satu sudut rumah Anda.

6. Gunakan platform yang tepat

Belajar melalui media virtual memang sangat tricky. Dosen perlu memilih platform yang tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran sehari-hari.

Selain memudahkan kegiatan belajar mengajar, pemilihan platform juga sangat penting sebagai suksesnya pembelajaran online ini. Dengan demikian, dosen harus bisa memilah penggunaan platform yang cocok sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, selain Anda bisa berkonsentrasi menyampaikan materi, Anda juga bisa terjauh dari suara-suara yang mengganggu kegiatan belajar mengajar tersebut.

Kegiatan belajar mengajar saat ini bisa dibilang butuh effort yang besar. Namun, sebagai pengajar yang berkompeten, Anda pasti bisa menyelesaikannya dengan baik. Kelima tips di atas bisa Anda lakukan dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik.

Kemudahan belajar mengajar melalui sistem online juga bisa Anda temukan melalui EdLink. Seluruh sarana belajar mengajar yang Anda butuhkan tersedia dalam satu platform.

Bagikan artikel ini

Komentar