7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 03 Nov 2023

Transparansi Keuangan Dukung Kredibilitas Kampus

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Salah satu aspek yang dapat menilai kredibilitas sebuah kampus adalah pengelolaan keuangan kampus. Laporan keuangan kampus yang transparan bisa menjadi bukti, bagaimana kampus tersebut bertanggungjawab dalam pengelolaan keuangan. 

Perlu diketahui, bahwa pengelolaan keuangan di perguruan tinggi menggunakan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Di mana kedua prinsip ini dapat diimplementasikan untuk menyajikan laporan keuangan yang tepat, akurat, dan bertanggung jawab.

Mengingat pengelolaan keuangan menjadi sebuah hal yang sangat krusial dalam pelaporan PDDIKTI, maka perguruan tinggi harus mengelolanya dengan tepat dan bijak. Lantas, bagaimana upaya perguruan tinggi mengelola keuangan yang transparan? Berikut ulasannya.

Transparansi sebagai Prinsip Pengelolaan Keuangan Perguruan Tinggi

Prinsip transparansi pengelolaan keuangan pendidikan diatur dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 48. Dijelaskan, bahwa transparansi merupakan sebuah keterbukaan dalam mengelola suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kepercayaan pada semua lini, mulai dari pemerintah, masyarakat, orang tua, hingga mahasiswa.

Pada aturan ini juga dijelaskan bahwa anggaran untuk perguruan tinggi/universitas baik negeri dan swasta dalam pelaksanaannya ditopang oleh APBN dan pembayaran biaya pendidikan oleh mahasiswa. Oleh sebab itu, perguruan tinggi hendaknya transparan dalam mengelolan keuangan. 

Upaya Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Perguruan Tinggi

1. Membuat Rencana Anggaran dan Rencana Prioritas Program

Setiap tahunnya, perguruan tinggi melakukan belanja tahunan sesuai dengan anggaran yang tersedia. Belanja tahunan dapat diatur secara rinci menggunakan rencana anggaran dan prioritas program. Ini bertujuan untuk menghindari keuangan yang tidak sesuai. 

Oleh sebab itu, ketika merencanakan keuangan kampus, Anda wajib membuat skala prioritas program ada. Caranya, dengan melakukan analisis yang jelas dalam memilah program. Pastikan untuk mendahulukan program dengan prioritas tinggi.

2. Penyampaian Laporan Keuangan Sesuai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan

Penyusunan laporan perguruan tinggi tidak boleh asal. Pelaporan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan standar akuntansi keuangan yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia pada Undang-Undang No.12 Tahun 2012 Pasal 63. 

Dijelaskan pada aturan tersebut, bahwa  perguruan tinggi wajib berprinsip transparan. Artinya, penyusunan laporan keuangan perguruan tinggi dapat menggunakan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 35 untuk memberikan informasi posisi keuangan, kinerja, dan arus kas entitas yang jelas dan bermanfaat bagi berbagai pihak. 

3. Penyusunan Pengelolaan Keuangan Tepat Waktu

Pelaporan manajemen keuangan disarankan menggunakan sistem tata kelola yang efisien. Pengelolaan yang tepat akan membantu perguruan tinggi melapor ke PDDIKTI dengan cepat dan tepat. 

Untuk itu, perguruan tinggi membutuhkan sistem tata kelola yang efisien dan kredibel, salah satu dengan SEVIMA Platform. Melalui sistem ini, Anda lebih mudah memantau kegiatan aktivitas keuangan kampus, sehingga proses pelaporan keuangan bisa tercatat dengan rapi. Dengan begitu, proses pelaporan ke PDDIKTI pun otomatis menjadi lebih mudah. 

Baca juga: Cara Kelola Manajemen Anggaran Perguruan Tinggi 

Dapat disimpulkan, bahwa transparansi keuangan merupakan faktor penting dalam mendukung kredibilitas suatu perguruan tinggi. Pengelolaan keuangan yang transparan mempermudah kampus bergerak membentuk perguruan tinggi yang bersih dan kredibel. Oleh karena itu, perguruan tinggi seyogyanya memperhatikan sistem tata kelola keuangan di kampusnya. 

Agar pengelolaan keuangan kampus bisa lebih mudah, Anda bisa menggunaan sistem tata kelola yang tepat, seperti  Modul Finance Cloud SEVIMA Platform. Penasaran? Langsung saja hubungi kami di 0822-6161-0404

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×