Berita | Siaran Pers

UNAIR Terima 1425 Calon Mahasiswa Jalur SNMPTN Tahun 2022

SEVIMA.COM – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumumkan hari ini, Selasa (29/3/2022). Tahun 2022 ini, Universitas Airlangga menerima sebanyak 1.425 calon mahasiswa pada jalur SNMPTN.

Baca juga: Mau Masuk UNAIR! Ini Kuota Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN, SBMPTN & Mandiri UNAIR 2022/2023

Terkait penerimaan mahasiswa jalur SNMPTN 2022, Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak menyampaikan beberapa hal, sebagai berikut,

1. UNAIR menerima sebanyak 1.425 calon mahasiswa baru jalur SNMPTN dari daya tampung 1.256 peserta. Pada jalur SNMPTN UNAIR total pendaftar mencapai 18.165.

2. Sebanyak 79,09 persen atau 1.127 peserta adalah perempuan.

3. Ada dua prodi yang 100 persen perempuan, yaitu prodi Kebidanan dan Gizi.

4. 24,7 persen atau 352 peserta adalah calon mahasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Tiga prodi dengan peserta KIP-K terbanyak adalah dari prodi Ekonomi Pembangunan (50 mahasiswa), Keperawatan (54 mahasiswa), dan Kesehatan Masyarakat (57 mahasiswa). Masih ada verifikasi faktual lagi perihal kebenaran data. Hal ini agar penerima KIP kuliah dipastikan tepat sasaran.

5. Sebanyak 1.425 yang diterima sudah termasuk 50 peserta penerima golden tiket.

6. 1.425 peserta yang diterima berasal dari 580 sekolah, 34 provinsi + luar negeri.

7. Peserta termuda dari jalur SNMPTN UNAIR 2022 dari SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, atas nama Ratu Sakinatul Aqila, berusia 14 tahun 8 bulan, diterima di prodi Ilmu Politik. Ada pula dari SMA 5 Surabaya, atas nama Muhammad Zaky Islami Rasya, berusia 15 tahun 8 bulan, diterima di prodi Kedokteran.

8. Rektor mengungkapkan, prodi favorit tidak jauh berbeda dari tahun lalu. Bidang sains teknologi (saintek) ditempati oleh prodi Kedokteran, Farmasi, dan Teknik Biomedis. Sementara prodi sosial humaniora (soshum) ditempati prodi Psikologi, Komunikasi, Ilmu Komunikasi.

9. Rektor mengimbau kepada peserta yang diterima untuk segera melakukan daftar ulang.

 “Manfaatkan karena ini kesempatan yang sangat bagus. Segera lakukan daftar ulang. Dengan begitu nanti kami bisa segera memproses. Jangan sampai kesempatan ini tidak dimanfaatkan karena bisa merugikan sekolah. Bagi peserta yang tidak daftar ulang akan berpengaruh ke indeks sekolah di tahun-tahun berikutnya,” ucap Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR itu.

 “Peserta yang sudah diterima SNMPTN tidak bisa mendaftar UTBK, berarti tidak bisa ikut jalur Mandiri di beberapa PTN yang menggunakan nilai UTBK,” terang Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Tahun 2020 dan 2021 itu.

10. Rektor menekankan kepada peserta yang belum diterima di jalur SNMPTN untuk tidak berkecil hati.

“Jangan berkecil hati bagi yang belum diterima karena memang daya tampung SNMPTN masih terbatas. Kesempatan masih cukup banyak, ada jalur SBMPTN dan Mandiri,” ucap Rektor.

11. Rektor juga menekankan bahwa UNAIR tidak melakukan pungutan biaya di luar biaya resmi yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Baca juga: Unair Siapkan Golden Ticket SNMPTN 2022 untuk Calon Mahasiswa

“Tidak ada pungutan apapun di UNAIR maupun perguruan tinggi lain selain dari biaya resmi yakni UKT yang sudah diatur dalam peraturan rektor. Kalau ada yang mengaku dan minta ini itu (pungutan biaya, Red), dipastikan itu bukan dari UNAIR,” ucap Rektor. (*)

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar