Dunia Kampus | Info Sentra Vidya Utama

10 Jurusan ITB ini Jadi Rebutan di SBMPTN 2021

SEVIMA.COM– Institut Teknologi Bandung atau biasa dikenal dengan ITB, merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang selalu jadi idaman semua siswa. Kampus ini sangat terkenal dengan jurusan tekniknya lho. Maka tak heran kalau jurusan teknik di kampus ini selalu diburu oleh banyak lulusan sekolah menengah atas. 

Selain jurusan teknik, beberapa jurusan non teknik di kampus ini juga jadi idaman lho. Lulusan yang keren dan kompeten membuat beberapa jurusan di ITB selalu diimpikan oleh banyak orang. 

Baca juga: 10 Jurusan UI Paling Dicari di SBMPTN 2021

So, jurusan mana saja sih yang paling dicari di ITB? Yuk kita rangkum pada ulasan berikut ini ya. Check it out!

1. STEI

Jurusan elektro, teknologi dan informasi masih menjadi  jurusan yang paling dicari di SBMPTN 2021. Munculnya teknologi di era modern ini membuat jurusan di STEI ini laris manis di pasaran. Tak heran, jurusan yang masuk dalam Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ini diminati oleh 2.752 calon mahasiswa pada tahun 2020. Sayangnya, hanya tersedia 190 kursi saja yang tersedia. 

2. FTTM

Jurusan yang masuk pada Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)  rupanya juga menjadi salah satu jurusan paling diminati oleh calon mahasiswa. Sebanyak 1.813 ingin masuk di jurusan ini lho. Namun kursi yang tersedia hanya sebanyak 114 saja. 

3. FTMD

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) merupakan fakultas yang mencakup beberapa jurusan di dalamnya, mulai dari jurusan teknik mesin, teknik dirgantara, hingga teknik material metalurgi. Tak heran, kualitas di jurusan ini menjadi sangat diminati di SBMPTN 2021. Tahun lalu saja, peminat dari jurusan ini tersedia sebanyak 1.423 calon mahasiswa. Sementara kursi kosong yang tersedia pada tahun 2021 ini hanya 93 orang saja. 

4. FTSL

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) juga menjadi salah satu jurusan yang sering diburu oleh lulusan siswa SMA. Jurusan ini hanya menampung 107 mahasiswa saja dalam SBMPTN 2021. Sementara minat SBMPTN 2020 sendiri mencapai 1.588 calon mahasiswa. 

5. FTI

Jurusan di Fakultas Teknologi Industri (FTI) juga menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh banyak lulusan SMA.Sebanyak 1.515 calon mahasiswa mendaftar di SBMPTN 2020. Namun, ITB hanya menyediakan 112 kursi kosong saja pada SBMPTN 2020. 

 6. FSRD

Tak kalah dengan jurusan teknik lainnya. Jurusan yang ada di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Sebanyak 1.618 calon mahasiswa memenuhi pendaftaran SBMPTN 2020. Di tahun 2021 ini hanya tersedia 102 kuota saja. 

7. SBM

Meski terbilang fakultas baru, jurusan yang ada di Sekolah Bisnis Manajemen ini menjadi salah satu jurusan yang selalu dinanti oleh banyak lulusan SMA. Tahun 2020 lalu, sebanyak 2.214 calon mahasiswa menginginkan masuk di jurusan ini. Namun di tahun 2021, kuota SBMPTN 2021 hanya tersedia 72 kursi saja. 

ITB memang sedikit berbeda dengan kampus lainnya. Ketika seleksi, ITB hanya menyediakan pilihan fakultas saja. Nah, saat kamu sudah menjadi mahasiswa barulah akan diberi kesempatan untuk masuk di jurusan masing-masing. 

Baca juga: 5 Tips Cerdas Taklukkan Dunia Kampus buat Para Mahasiswa Baru

Persiapan masuk ke perguruan tinggi memang tak bisa disepelekan. Kamu harus menyiapkan persiapan yang cukup agar mimpimu masuk ke kampus impian bisa tercapai. 

Biar kamu makin siap dan yakin masuk ke perguruan tinggi, kamu bisa mengecek maukuliah.id sebagai sarana informasi untuk masuk ke perguruan tinggi. 

Bagikan artikel ini

Komentar