Info Kuliah

10 Jurusan UI Paling Dicari di SBMPTN 2021

SEVIMA.COM – Universitas Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di negeri ini. Kampus ini selalu menjadi kampus yang dibanjiri oleh banyak pendaftar. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN, hingga SIMAK. 

Untuk bisa masuk menjadi salah satu mahasiswa kampus ini, kamu harus siap menyingkirkan banyak pesaing. Makanya kamu harus benar-benar gigih dan bekerja keras untuk bisa masuk di kampus ini. 

Tahun 2021 ini, kampus UI menjadi kampus yang memiliki jurusan paling banyak diminati lho. Beberapa jurusan yang paling banyak dicari di kampus ini. Mau tau gak sih jurusan apa saja yang paling banyak dicari di jurusan ini? Let’s check together!

1. Pendidikan Dokter

Impian menjadi seorang dokter adalah keinginan hampir seluruh anak di Indonesia. Gak heran,jurusan kedokteran di kampus UI juga banyak sekali dicari lho. Di tahun 2020, sebanyak 3.045 peminat menginginkan masuk jurusan ini melalui jalur SBMPTN. Nah, pada SBMPTN 2021 ini, hanya tersedia kuota sebesar 54 saja. 

2. Sistem Informasi

Teknologi di era industri 4.0 memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Tak heran, jurusan sistem informasi di UI juga menjadi jurusan yang paling favorit. Sebanyak 1.573 peminat mendaftar jurusan ini pada tahun 2020. Sementara di tahun 2021 ini hanya tersedia 45 kuota mahasiswa baru saja. 

3. Ilmu Komputer

Senada dengan sistem informasi, jurusan Ilmu Komputer di UI juga menjadi salah satu jurusan yang paling banyak dicari. UI hanya menyediakan kuota 45 saja pada SBMPTN 2021, namun di tahun 2020 peminatnya mencapai 1.256 calon mahasiswa. Wah, bisa dibayangkan kan harus menyisihkan berapa banyak orang. 

4. Ilmu Kesehatan Masyarakat

Selain jurusan teknologi, jurusan kesehatan masyarakat juga menjadi salah satu jurusan yang paling banyak dicari. Terdapat 1.198 orang memenuhi kuota pendaftaran mahasiswa baru melalui SBMPTN. Di tahun 2021 ini, hanya tersedia 45 bangku kosong saja yang bisa diduduki oleh mahasiswa terpilih UI. 

Baca juga: 10 Kampus Swasta Terbaik Versi Webometrics 2021

5. Farmasi 

Jurusan kesehatan terbaik kesehatan setelah kedokteran dan kesehatan masyarakat adalah jurusan farmasi. Jurusan farmasi ini mendapatkan calon mahasiswa 1.050 pada SBMPTN 2020. Sedangkan pada tahun 2021, hanya tersedia daya tampung SBMPTN sebanyak 27 saja. 

6. Ilmu Hukum

Selain jurusan dari saintek, terdapat jurusan soshum yang juga paling banyak dicari oleh oleh pendaftar. Jurusan hukum di UI juga menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di SBMPTN 2020. Total sebanyak 3.370 mahasiswa mengikuti seleksi SBMPTN tahun lalu. Di tahun 2021 ini, terdapat 90 kuota yang tersedia bagi calon mahasiswa. 

7. Manajemen

Seperti biasanya, jurusan manajemen adalah jurusan yang paling banyak diminati oleh banyak orang. Jurusan yang masuk dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini berhasil diminati oleh 3.037 calon mahasiswa pada SBMPTN 2020 silam. Sedangkan pada tahun 2021 ini, hanya terdapat kuota 54 saja. 

8. Ilmu Komunikasi

Berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, jurusan Ilmu Komunikasi juga menjadi salah satu jurusan yang paling banyak digandrungi pendaftar. Jurusan ini diminati oleh 2.988 calon mahasiswa pada SBMPTN 2020. Pada tahun 2021 ini, UI membuka peluang sebanyak 21 calon mahasiswa pada jalur SBMPTN.

9. Ilmu Psikologi

Jurusan Psikologi bisa dibilang sebagai jurusan yang paling banyak dicari. Sebanyak 2.797 peminat mendaftar pada SBMPTN tahun 2020 lalu. Di tahun ini, UI hanya menyediakan kuota kosong sebanyak 54 saja pada jalur SBMPTN. 

10. Akuntansi

Siapa hayo yang ingin jadi akuntan? Yaps, jurusan akuntansi UI adalah jurusan yang paling banyak diminati oleh lulusan SMA. Kampus ini menyediakan bangku kosong sebanyak 60 kursi saja. Sedangkan pada tahun 2020, peminatnya mencapai 2.307. 

Baca juga: 5 Tips Cerdas Taklukkan Dunia Kampus buat Para Mahasiswa Baru

Nah, agar kamu bisa tembus masuk UI, kamu harus berusaha keras dan banyak berdoa ya. Jangan lupa kamu juga harus rajin cari informasi seputar jurusan tersebut. Biar gampang cari infonya nih, kamu bisa masuk melalui laman maukuliah.id. Informasi seputar masuk perguruan tinggi tersedia disana. 

Bagikan artikel ini
TAGS :
Info Kuliah

Komentar