Berita | Dunia Kampus

10 Kampus Terbaik di Indonesia 2021 Versi QS WUR

SEVIMA.COM – Pemeringkatan kampus terbaik versi QS World University Rankings (QS WUR) memang sudah menjadi rutinitas tahunan seluruh kampus di dunia. Publikasi peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS) ini rupanya juga dinanti oleh semua kalangan di dunia pendidikan tinggi Indonesia.

Berdasarkan QS WUR, pemeringkatan bergengsi tersebut diikuti oleh lebih dari 1000 universitas terbaik di dunia. Berbeda dari tahun sebelumnya, penilaian QS WUR tahun ini membutuhkan effort yang lebih besar. Tentunya, karena pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh bumi. 

Sebanyak 30 perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti pemeringkatan QS WUR 2021. Namun, hanya 11 perguruan tinggi saja yang masuk dalam perangkingan tersebut. Kampus mana saja yang ada di dalam perangkingan itu? Simak ulasan berikut. 

10 Kampus Terbaik di Indonesia 2021 Versi QS WUR

1. Universitas Gadjah Mada 

Perguruan tinggi yang terletak di Kota Yogyakarta ini berhasil menduduki peringkat #254. Berdasarkan histori di laman QS WUR, peringkat di kampus ini selalu mengalami kenaikan. Tidak hanya itu, Universitas Gadjah Mada (UGM) juga berhasil menghasilkan karya penelitian dengan sangat tinggi. UGM yang merupakan kampus terbaik di Indonesia ini berhasil mendapatkan peringkat #57 di Asian University. 

Baca juga: 16 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2022

2. Universitas Indonesia 

Peringkat selanjutnya diduduki oleh Universitas Indonesia (UI). Kampus yang terkenal dengan julukan kampus kuning ini menempati peringkat #305 di dunia. Selain itu, UI juga berhasil menembus peringkat ke #59 di Asian University. Kontribusi UI dalam penelitian dan pengembangan juga patut diacungi jempol. UI berhasil menghasilkan penelitian dengan skala maksimal. Jadi, bukan menjadi suatu rahasia lagi. Jika salah satu kampus tertua di Indonesia ini menjadi kampus terbaik yang pernah ada.  

3.Institut Teknologi Bandung 

Terletak di Kota Kembang, Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu kampus teknik tertua di Indonesia. Kampus ini menjadi salah satu kampus idaman para calon insinyur di negeri ini. Namanya semakin mencuat terlebih saat ITB menduduki peringkat #313 di dunia menurut QS World University Ranking. Sementara di kawasan Asia, ITB menduduki peringkat #62. 

Baca juga: Info Biaya Kuliah di 5 PTN Terbaik; ITB, UGM, IPB, ITS dan UI

4.Universitas Airlangga 

Universitas Airlangga atau lebih terkenal disebut Unair, merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang terletak di Kota Surabaya. Saat ini Unair menduduki peringkat ke #521-530 di dunia pada QS Global World Rankings 2021. Peringkat Unair semakin naik karena didukung oleh beberapa kriteria perangkingan, antara lain Academic Reputation (24.3), Employer Reputation (35,3), Faculty Student (39,4) dan International Faculty (20,7). 

5. IPB University 

Terkenal sebagai salah satu kampus pertanian di Indonesia, terbukti dari hasil IPB University yang berhasil menempati peringkat ke #531-540. Tidak hanya itu, IPB University juga berhasil menyabet predikat terbaik dalam kategori penelitian. Ini bisa diartikan bahwa kegiatan penelitian di kampus ini sangatlah bagus. Sehingga banyak penelitian yang berhasil diselesaikan dengan baik. 

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

Menjadi satu-satunya kampus teknik negeri di Jawa Timur, Institut Teknologi Sepuluh Nopember berhasil menduduki peringkat #751-800. Memiliki goal untuk mewujudkan sebagai salah satu kampus yang berkontribusi aktif dalam penelitian, kampus ITS terbukti berhasil menghasilkan angka penelitian yang sangat tinggi. Tidak hanya disitu saja, kampus yang terletak di Kota Pahlawan ini juga berusaha untuk selalu mengembangkan inovasi terbaru, khususnya pada industri dan sektor maritim. 

7. Binus University 

Binus University tercatat sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang menempati peringkat terbaik di dunia. Ini menegaskan bahwa kampus swasta di Indonesia juga mampu bersaing di kancah Internasional. Binus University menduduki peringkat #801-1000 QS World University Ranking. Sementara itu, kampus ini juga mampu menduduki peringkat #227 di kawasan Asia. 

8. Universitas Padjajaran 

Berlokasi di Kota Kembang, Universitas Padjajaran (Unpad) merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka yang masuk dalam QS World University Ranking 2021. Sama seperti Binus University, kampus ini menduduki peringkat ke #801-1000 di dunia. Di kawasan Asia sendiri, Unpad berhasil menyabet peringkat #238.  

9. Universitas Diponegoro 

Universitas Diponegoro merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang terletak di Kota Semarang. Kampus ini berhasil menduduki peringkat #801-1000 dunia. Menariknya lagi, di Asian University Rankings, Universitas Diponegoro (Undip) menyabet peringkat ke #241. 

Baca juga: Selain UNDIP, Ini 5 Perguruan Tinggi Terbaik di Semarang versi Kemenristek/BRIN

10. Universitas Brawijaya 

Berada di Kota Malang, Universitas Brawijaya (UB) merupakan salah kampus terkemuka di Indonesia. Memiliki keunggulan di bidang Agrikultur dan pertanian, akhirnya menghantarkan kampus ini menduduki peringkat #271-280 di kawasan Asian. Sementara di tingkat Qs Global World Ranking, kampus ini menduduki peringkat #801-1000.

11. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Selain Binus University, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berhasil masuk di kategori perguruan tinggi terbaik di dunia. Memiliki motto dalam pengetahuan berbasis Islam, kampus ini berhasil membuktikan dengan menduduki peringkat #801-1000 di dunia. Di kawasan Asia, UMS menduduki peringkat #601+. 

Itulah perguruan tinggi terbaik Indonesia yang berhasil menduduki peringkat terbaik dunia. Di tahun berikutnya semoga semakin banyak perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam perankingan QS World University Rankings. Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar