Info Kuliah | Kampus Terbaik

16 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2022

SEVIMA.COM – Perhelatan pemeringkatan World Class University (WCU) merupakan perhelatan yang rutin diadakan setiap tahunnya. Dikutip dari laman QS World Class University, sebanyak 1.300 perguruan tinggi di seluruh dunia mengikuti pemeringkatan ini. Nah, di tahun ini pula tercatat sebagai pemeringkatan World Class University dengan peserta terbanyak. 

Pemeringkatan ini didasarkan dari berbagai penilaian dari berbagai aspek yang didasarkan pada 5 kunci metrik yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Dari hasil tersebut, maka didapatkan kampus terbaik yang bisa menjadi kampus masa depan kamu. 

Di Indonesia sendiri ternyata ada 10 kampus terbaik yang masuk di dalam pemeringkatan ini lho. Wah, kampus mana saja sih yang masuk dalam World Class University Ranking? Let’s check this out!

Baca juga: 20 Universitas Terbaik Indonesia Versi Scimago (SIR) 2021

16 Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2022

1. Universitas Gadjah Mada

Siapa yang tak tahu kampus ini? Perguruan tinggi yang terletak di Kota Yogyakarta ini merupakan perguruan tinggi yang sudah melahirkan alumni berkualitas. Tak hanya itu saja, kampus ini juga sudah berhasil menghasilkan jutaan karya yang sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia. 

Nah, di pemeringkatan ini, kampus UGM berhasil menyabet peringkat 254 dengan skor yang didapat sebesar 38.3. 

2. Universitas Indonesia

Perguruan tinggi yang terletak di Kota Depok, Jawa Barat ini adalah perguruan tinggi terbaik kedua di pemeringkatan ini. Sudah tak heran lagi, kampus yang identik dengan jas kuning ini sudah berhasil mencetak jutaan alumni yang berprestasi. 

Dalam pemeringkatan tahun ini, UI berhasil menduduki peringkat ke 290 dengan skor yang diperoleh sebesar  35.2. Wah, keren ya UI!

3. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau yang dikenal dengan ITB, merupakan perguruan tinggi yang identik dengan dunia teknik dan sains. Kampus ini termasuk menjadi salah satu kampus terbaik di dalam pemeringkatan WCU. 

ITB berhasil mendapatkan peringkat ke 303 dari 1.300 perguruan tinggi yang mengikuti. Sementara itu, ITB juga berhasil mendapatkan skor sebesar 34.2. 

Baca juga : 12 Jenis Blended Learning dan Contoh Penerapannya

4. Universitas Airlangga

Kampus yang terletak di Kota Pahlawan Surabaya ini ternyata juga berhasil menyabet peringkat kampus terbaik di perhelatan WCU. Universitas Airlangga (Unair) memang sudah sejak lama menghantarkan alumni dan mahasiswanya untuk terus berprestasi. 

Maka, bukan suatu rahasia lagi, jika kerja keras Unair akhirnya membuahkan hasil yang maksimal. Unair menduduki peringkat ke 465 dengan perolehan skor 25.3. 

5. IPB University

IPB University merupakan salah satu kampus yang sangat lekat dengan dunia pertanian. Perguruan tinggi yang terletak di Kota Bogor ini rupanya juga sukses masuk ke dalam pemeringkatan WCU. IPB University berhasil menduduki peringkat 511-520.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

Kampus yang masih satu daerah dengan Unair ini ternyata juga berhasil masuk di dalam kampus terbaik WCU. Kampus ini yang sangat identik dengan jurusan teknik ini berhasil menduduki peringkat ke 751-800. 

7. Universitas Padjadjaran

Terletak di Kota Kembang, Universitas Padjadjaran juga tak kalah dengan kampus terbaik lainnya. Kampus ini rupanya juga masuk di jajaran kampus terbaik di WCU. di tahun ini, UNPAD masuk di peringkat 801-1000. 

Baca juga: 9 Universitas Terbaik di Indonesia 2021 versi THE Asia University Rankings

8. Binus University

Keren nih! Binus University merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang letaknya di Ibukota Jakarta. Meskipun kampus swasta, rupanya kampus ini tak kalah keren dengan kampus negeri lainnya lho. Binus University masuk di peringkat 1001-1200 WCU 2022. Keren ya!

9. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro atau biasa disapa UNDIP, merupakan perguruan tinggi yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah. Kampus ini rupanya juga menjadi salah satu kampus terbaik di pemeringkatan WCU guys. UNDIP berhasil masuk di peringkat 1001-1200 lho. Selamat ya!

10. Telkom University

Selain Binus University, perguruan tinggi swasta yang masuk dalam jajaran terbaik pemeringkatan WCU adalah Telkom University. Telkom University berhasil menyabet peringkat ke 1001-1200 lho. 

11. Universitas Brawijaya 

Universitas Brawijaya (UB) merupakan perguruan tinggi yang terletak di Kota Malang. Kampus ini terkenal dengan kampus yang memiliki berbagai jenis jurusan mulai dari teknik, peternakan, perikanan, sosial hingga kedokteran. 

Di dalam kampus terbaik versi WCU, UB mendapatkan peringkat ke 12 dan berhasil menduduki peringkat ke 1001-1200 di WCU 2022 ini guys

12. Universitas Hasanuddin

Berlokasi di Kota Makassar, Universitas Hasanuddin juga masuk dalam rangkaian kampus terbaik di Indonesia versi WCU. Universitas Hasanuddin masuk dalam peringkat 1001-1200 pada WCU 2022. 

13. Universitas Andalas

Universitas Andalas merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Kampus ini rupanya juga punya kualitas yang tak kalah keren dibanding lainnya lho. Di dalam perangkingan WCU 2022, kampus ini berhasil meraih peringkat ke 1.201+. 

14. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Menyusul Binus University dan Telkom University, kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan kampus swasta yang berhasil mendapatkan predikat sebagai kampus terbaik versi WCU. Kampus ini berhasil menduduki peringkat ke 1.201+.

15. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret, atau biasa dikenal sebagai UNS merupakan sebuah perguruan tinggi yang berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah. Kampus yang satu ini berhasil meraih peringkat ke 1.201+. 

16. Universitas Sumatera Utara

Nah, perguruan tinggi yang terakhir ini juga berhasil menduduki peringkat sebagai kampus terbaik di Indonesia versi WCU 2022. Universitas Sumatera Utara atau lebih dikenal dengan singkatan USU berhasil duduk di peringkat 1.201+. 

Baca juga: 10 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dan Jurusan di dalamnya

16 perguruan tinggi terbaik tersebut merupakan deretan perguruan tinggi terbaik yang masuk dalam World Class University Rankings. Selain memiliki kualitas terbaik, keenam belas perguruan tinggi tersebut memang menghasilkan lulusan dan mahasiswa yang terus berkarya dan berkontribusi bagi bangsa Indonesia. 

Nah, kamu bisa banget tuh mempertimbangkan kampus tersebut sebagai kampus masa depanmu. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa banget kunjungi maukuliah.id agar dapat informasi seputar kampus-kampus tersebut. Yuk buruan lihat!

Bagikan artikel ini

Komentar