Dunia Kampus

10 Kampus Terbaik di Indonesia Berdasarkan Kinerja Penelitian

SEVIMA.COM – [Daftar Paling Update] Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN) mengumumkan hasil Evaluasi dan Klasterisasi Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian terbaru.

Hasil evaluasi tersebut juga berupa pemeringkatan kampus di Indonesia berdasarkan kualitas kinerja penelitian masing-masing perguruan tinggi. Hasil Evaluasi dan Klasterisasi Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian biasa dikeluarkan dalam periode tiga tahunan. Sebelum 2019, laporan terakhir dirilis pemerintah pada 2016 lalu. Berikut 10 perguruan tinggi terbaik di indonesia berdasarkan kinerja penelitian.

10 Kampus Terbaik di Indonesia Berdasarkan Kinerja Penelitian

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gajah Mada atau biasa disingkat UGM. Kampus UGM terletak di Yogyakarta dan sudah didirikan sejak tahun 1949.

Singkatan : UGM
Kota : Sleman, Yogyakarta
Didirikan : 19 Desember 1949

2. Institut Pertanian Bogor

Institut Pembangunan Bogor adalah perguruan tinggi berbentuk institut yang berada di provinsi Jawa Barat, tepatnya di kota Bogor. IPB lebih berfokus di bidang pertanian, meski banyak juga jurusan non-agragris. IPB konsisten masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia di peringkat 10 besar dalam penelitian.

Singkatan : IPB
Kota : Bogor, Jawa Barat
Didirikan : 1 September 1963

3. Universitas Diponegoro

UNDIP juga termasuk dalam urutan universitas terbaik se Indonesia ini. UNDIP atau Universitas Diponegoro terletak di kota Semarang, dan layak dianggap sebagai universitas terbaik di Jawa Tengah. Letaknya yang cukup strategis serta pilihan jurusan yang bervariasi membuat UNDIP jadi salah satu rekomendasi tempat kuliah terbaik di Indonesia.

Singkatan : UNDIP
Kota : Semarang, Jawa Tengah
Didirikan : 9 Januari 1957

4. Universitas Andalas (Unand)

Universitas Andalas biasa disingkat dengan (Unand) adalah sebuah perguruan tinggi negeri Indonesia yang terletak di Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia.

Singkatan : UNAND
Kota : Kota Padang, Sumatra Barat
Didirikan : 23 Desember 1955

5. Institut Teknologi Bandung

Peringkat universitas terbaik di Indonesia dipegang ITB, singkatan dari Institut Teknologi Bandung. PTN di Bandung ini layak menjadi institut terbaik berdasarkan penelitian di Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan teknik dan sains. ITB didirikan sejak tahun 1959 dan mampu mempertahankan kualitas sebagai salah satu yang termasuk daftar PTN terbaik di Indonesia.

Singkatan : ITB
Kota : Bandung, Jawa Barat
Didirikan : 2 Maret 1959

Baca juga: 22 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2019, Daftar Terbaru!

6. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau UNAIR mungkin paling pas jika disebut sebagai universitas terbaik di Surabaya berdasarkan penelitian. UNAIR terkenal sebagai kampus yang memiliki kredibililtas dan moralitas tinggi serta salah satu universitas terbaik di Jawa Timur.

Singkatan : UNAIR
Kota : Surabaya, Jawa Timur
Didirikan : 10 November 1954

Baca Juga: Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2019

Baca Juga: 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Dikti, Setara PTN?

7. Universitas Padjadjaran

Tidak mau kalah dengan tetangganya ITB, Universitas Padjadjaran atau yang sering dikenal UNPAD menjadi universitas terbaik ke 10 berdasarkan penelitian. UNPAD merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Singkatan : UNPAD
Kota : Bandung, Jawa Barat
Didirikan :  11 September 1957

8. Universitas Hasanuddin

Tidak mau kalah dengan yang di jawa, Universitas Hasanuddin, masuk di daftar universitas terbaik berdasarkan penelitian. Universitas Hasanuddin yang kemudian disingkat UNHAS, merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 10 September 1956.

Singkatan : UNHAS
Kota : Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan
Didirikan : 10 September 1956

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Tak lengkap membahas daftar ranking universitas di Indonesia terbaru tanpa memasukkan universitas di Surabaya. Singkatan dari ITS adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan terletak di daerah Sukolilo, Surabaya. Pertama didirikan di tahun 1957, ITS berfokus untuk mengembangkan bidang teknologi dan maritim Indonesia.

Singkatan : ITS
Kota : Surabaya, Jawa Timur
Didirikan : 10 November 1957

10. Universitas Udayana

Universitas Udayana, disingkat UNUD, adalah perguruan tinggi negeri di Bali, Indonesia, yang berdiri pada 29 September 1962.

Singkatan : UNUD
Kota : Kuta Sel., Badung, Bali
Didirikan : 29 September 1962

Itulah daftar Klasterisasi Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian terbaru. Bagaiamana, apakah kampus kamu masuk daftar?

Bagikan artikel ini

Komentar