Gak Hanya UI, Berikut 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Jakarta Versi Kemenristek/BRIN

Dunia KampusFeatured
 

adminweb

 

27 Desember 2019

SEVIMA.COM – Seperti yang kita tahu, Jakarta menjadi salah satu kota favorit bagi para pelajar untuk melanjutkan studinya. Kementerian Riset Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) telah mengeluarkan hasil klasterisasi 100 perguruan tinggi non-vokasi di Indonesia pada 2019. Di Jakarta ini, terdapat 10 perguruan tinggi yang masuk dalam 100 perguruan tinggi terbaik non-vokasi tersebut.

Nah, bagi kamu yang punya mimpi melanjutkan studi di Jakarta. Berikut 10 perguruan tinggi terbaik di Jakarta berdasarkan versi Kemenristekdikti.

1. Universitas Indonesia

Menempati sebagai jajaran perguruan tinggi favorit di Indonesia, Universitas Indonesia memiliki skor 3.401 dan masuk dalam klaster 1 menurut Kemenristekdikti. Bisa dibilang UI merupakan 5 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Universitas Indonesia merupakan kampus yang memiliki dua kampus di area yang berbeda, yaitu di kawasan Salemba dan Depok.

Dulunya UI merupakan kampus yang bermula pada tahun 1849 yang dinobatkan sebagai salah satu institusi pendidikan yang paling tua di Asia. Sekarang ini, UI sudah mencetak lebih dari 400.000 alumni dari berbagai program studi. Tertarik masuk UI? Jangan lupa belajar dengan baik ya!

2. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara atau lebih dikenal dengan sebutan Binus University adalah perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang terletak di kota Jakarta. Kampus ini menempati peringkat ke 20 tepatnya pada klaster 2 dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Sekarang ini, Binus University sudah memiliki berbagai macam program studi yang tergabung dalam 9 fakultas.

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Merupakan salah satu universitas Katolik di Jakarta, Unika Atma Jaya mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Jakarta. Universitas ini berasa pada jajaran 100 besar perguruan tinggi terbaik di Jakarta. Dengan motto “Kristiani,Unggul, Profesional,Peduli” Unika Atma Jaya mempunyai visi untuk menyeimbangkan antara iman kristiani dan ilmu pengetahuan teknologi agar mampu bersaing secara professional di seluruh Indonesia dan Internasional.

4. Universitas Tarumanagara

Terletak di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Universitas Tarumanagara berdiri sejak tahun 1959. Dulunya, UNTAR merupakan perguruan tinggi ekonomi dengan jurusan Ekonomi Perusahaan. Seiring dengan berkembangnya zaman, UNTAR tumbuh pesat dan menyediakan berbagai macam program studi mulai dari teknik, ekonomi dan social, hingga kedokteran. Di bawah naungan Yayasan Tarumanagara, kini UNTAR telah memiliki 8 Fakultas yang sudah mencetak ribuan alumnusnya.

5. Universitas Trisakti

Didirikan pada tahun 1965, Universitas Trisakti tercatat sebagai salah satu perguruan tinggi swasta favorit di Jakarta. Universitas Trisakti kini sudah terakreditasi A BAN-PT dan sudah mencetak ribuan alumni terbaiknya. Sejak berdiri pada tahun 1956, Universitas Trisakti menggunakan lambing berbentuk Trisula yang berpondasi dasar dari pidato Presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Hingga saat ini, Universitas Trisakti masih menjadi kampus impian para pelajar di Indonesia.

6. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di Jalan Raya Meruya Selatan Kembangan, Jakarta. Lokasi kampus ini terbagi menjadi empat kawasan, yaitu kampus A di wilayah Kebon jeruk, Kampus B di kawasan Menteng, Kampus C di daerah Depok, dan Kampus D di kawasan Bekasi. Menurut Kemenristekdikti, Universitas Mercu Buana masuk dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Maka, tak dipungkiri lagi jika hampir semua program studi di kampus ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

7. Universitas Gunadarma

Memiliki visi menjadi perguruan tinggi swasta yang bereputasi internasional pada tahun 2022, Universitas Gunadarma kerapkali menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi agar bisa mencetak SDM yang maju dan berkarakter. Kini Universitas Gunadarma telah memiliki lebih dari 30 program studi mulai dari program sarjana hingga program doktor.

8. Universitas Negeri Jakarta

Terletak di Ibukota DKI Jakarta, dulunya Universitas Negeri Jakarta merupakan perguruan tinggi yang mencetak para tenaga pengajar professional. Didirikan pada 16 Mei 1964, UNJ berawal dengan nama IKIP Jakarta. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1999 IKIP Jakarta namanya bertransformasi menjadi Universitas Negeri Jakarta, atau biasa disingkat UNJ. Sampai sekarang UNJ sudah melahirkan lebih dari 30.000 alumni yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun Internasional.

9. Universitas Al-Azhar Indonesia

Kampus yang terletak di kawasan Komplek Masjid Agung Al-Azhar ini adalah perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta. Pada tahun 2000, kampus ini hanya memiliki enam fakultas saja dan 16 program studi saja. Namun, kini memiliki enam fakultas yang terdapat 19 program studi sarjana dan satu program pascasarjana. Di bawah Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar, kampus ini mampu bersaing dengan perguruan tinggi terbaik lainnya di Indonesia.

10. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

10 terbaik terakhir adalah Universitas Pembangunan Veteran Jakarta atau lebih bisa dikenal sebagai UPN Veteran Jakarta. Dulunya pada tahun 1967, kampus ini bernama PTPN Veteran Cabang Jakarta. Namun pada 30 November 1977, namanya resmi diubah menjadi UPN Veteran Cabang Jakarta. Saat ini, UPN Veteran Jakarta telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan telah memiliki tujuh fakultas yang terdapat lebih dari 20 program studi.

10 perguruan tinggi terbaik tersebut tentunya punya kualitas yang sangat bagus dalam pendidikan tinggi di Indonesia. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Jakarta, 10 perguruan tinggi terbaik di Jakarta tersebut bisa jadi pilihan untuk masa depanmu. Selamat berjuang ya!

Download Premium WordPress Themes FreeDownload Premium WordPress Themes FreeDownload WordPress […]

Info Menarik Lainnya :


Komentar :