support@sevima.com

 +62 31 8722719


10 Tips Semangat Kerja di Bulan Ramadan

Tips & Trik
 

adminweb

 

08 Mei 2019

SEVIMA.COM – Walaupun dalam keadaan puasa anda harus tetap semangat donk untuk bekerja, namun terkadang kurang semangat juga, bawaanya pingin tidur aja. Eits, jangan jadikan bulan puasa alasan buat malas-malasan, ya. Biar kamu tetep semangat kerja di bulan puasa, ini 10 Tips biar tetap semangat kerja saat puasa. Gampang banget, yuk praktekkan:

10 Tips Biar Tetap Semangat Kerja Saat Puasa

1. Tetapkan Niat

Sesuatu bisa terlaksana apabila diniati dengan tulus. Jika anda ingin tetap berpuasa sambil bekerja maka kekuatan utama yang harus anda miliki sebelum mulai berpuasa adalah niat. Jangan jadikan puasa sebagai alasan malas bekerja atau sebaliknya bekrja dijadikan alasan untuk tidak menjalankan ibadah puasa.

2. Bangun Lebih Awal

Jika anda tetap berpuasa dan harus bekerja keesokan harinya maka bangunlah lebih awal saat sahur dan konsumsi lebih banyak makanan. Hal ini bisa membuat nutrisi anda tercukupi selama berpuasa dan menjaga pasokan energi dalam tubuh. Dianjurkan agar setelah sahur anda tidak meneruskan tidur karena bisa jadi anda akan melewatkan shalat subuh.

3. Tidur Lebih Awal

Istirahat dan tidur yang cukup bisa membantu mengembalikan vitalitas anda selama bekerja. Jika anda rutin bekerja setiap harinya maka tidurlah lebih awal dan bangunlah lebih awal juga terutama saat sahur. Hal ini bisa membantu memulihkan stamina anda yang turun setelah bekerja.

4. Makan Menu Seimbang Saat Sahur dan Berbuka

Menu makan selama puasa juga menentukan tingkat energi dan vitalitas. Pilihlah menu makanan yang cukup mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Asupan nutrisi ini berperan untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit serta meningkatkan stamina. Anda bisa mengkonsumsi makanan manis atau takjil saat berbuka (baca manfaat takjil ) dan dianjurkan juga untuk mengkonsumsi susu, jus buah atau sayuran dalam porsi yang lebih besar.

5. Hindari Kafein

Kafein biasa dikonsumsi saat bekerja untuk menghindari rasa kantuk. Hal ini akan semakin berat terutama saat berpuasa karena tidak mungkin anda bisa meminum kopi saat bekerja di siang hari. Hindari konsumsi kafein saat sahur dan berbuka puasa karena bisa menyebabkan dehidrasi atau masalah lambung.

6. Perhatikan Asupan Air Putih

Saat sahur, anda harus cukupi asupan air putih agar tidak dehidrasi selama puasa. Air putih mengandung mineral yang baik untuk tubuh karena bisa menjaga kadar oksigen di otak. Setelah berbuka, anda juga dianjurkan untuk minum air putih yang banyak. Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis karena bisa membuat anda cepat merasa ngantuk. Imbangi juga asupan saat sahur dan berbuka dengan makanan bergizi, ya.

7. Manfaatkan Jam Istirahat

Walaupun terkadang istirahat saat puasa lebih singkat, tapi sebaiknya anda manfaatkan waktu tersebut untuk meregangkan diri. Setelah beribadah, anda bisa tidur siang sebentar untuk mengembalikan energi. Setelah pikiran dan tubuh berisirahat dengan baik, anda bisa kembali fokus untuk bekerja lagi.

8. Sibukan Diri

Supaya waktu puasa tidak terlalu terasa, anda bisa menyibukkan diri dengan pekerjaan. Ketika anda fokus bekerja, waktu akan serasa terlupakan. Pekerjaan akan cepat selesai dan waktu puasa jadi tidak terasa. Jangan sampai kamu terlalu merasa malas, pekerjaan pastinya akan terbengkalai dan semakin menumpuk. Biar membantu kamu, cobalah untuk bekerja sambil mendengarkan lagu favorit. Pasti jadi makin semangat, deh!

9. Jangan Sering Lihat Jam

Kalau anda terlalu sering melihat jam dan menghitung waktu menuju maghrib, percayalah waktu akan semakin terasa lama. Ketika kamu sadar kalau waktu maghrib masih lama, pasti akan langsung merasa lemas dan malas, deh. Iya, kan? So, jangan terlalu sering melihat jam dan tetap fokus pada pekerjaan.

10. Berbuka Puasa Bersama

Berbuka bersama teman di kantor bisa membuat anda semangat bekerja, lho. Kamu bisa menyiapkan takjil kecil-kecilan dan menikmati buka puasa bersama dengan teman-teman. Saat bekerja, anda seperti punya suatu hal yang dinanti-nantikan pada saat berbuka nanti. Jangan lupa untuk selesaikan pekerjaan terlebih dahulu baru menyiapkan buka bersama di kantor, ya.

Gampang banget kan, coba praktekkan deh tips-tips ini biar tetap semangat kerja saat puasa. Nah, bagi bapak/ibu akademisi perguruan tinggi jika lagi cari Sistem Informasi Akademik yang memudahkan aktifitas proses administrasi kampus bisa cek disini: siakadcloud.com

Sumber Foto: pixabay.com
Sumber Referensi: dalamislam.com / www.pegipegi.com

Info Menarik Lainnya :


Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami