Berita | Dunia Kampus | Tips & Trik

10 Tops Skills Paling Dibutuhkan di Tahun 2025 Menurut Kemendikbud Dikti

SEVIMA.COM – Perkembangan teknologi sampai detik ini masih terus berkembang pesat. Tentu saja demand di bidang teknologi juga terus meningkat. Maka dari itu, skill di bidang teknologi sangat dibutuhkan di berbagai macam industri. 

Disampaikan oleh Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. melalui Zoom Webinar  di acara SEVIMA Awards pada Kamis (25/02/2021) lalu. Pada acara ini Paris mengulas tuntas tentang implementasi Kelas Merdeka. Dalam kesempatan ini, Paris juga membeberkan bahwa terdapat 10 skills yang sangat dicari pada tahun 2025. 

“Di dunia industri masa depan, akan ada 10 skills yang sangat dicari. Skills tersebut sangat membantu pihak industri untuk terus berkembang pesat pada tahun 2025,” terang Paris. 

Gambar 1. Slide informasi 10 skills paling dibutuhkan 2025

Paris mengungkapkan, bahwa 10 skills yang harus dikuasai pada tahun 2025 antara lain: 

  1. Analytical thinking and innovation; 
  2. Active learning and learning strategies; 
  3. Complex problem-solving; 
  4. Critical thinking analysis; 
  5. Creativity, originality and initiative; 
  6. Leadership and social influence; 
  7. Technology use, mentoring and control; 
  8. Technology design and programming; 
  9. Resilience, stress tolerance and flexibility;
  10. Reasoning, problem solving and ideation. 

Nah, untuk mengetahui lebih detail tentang 10 skills tersebut, kita akan mengulas tuntas satu persatu melalui ulasan di bawah ini. Yuk simak.

1. Analytical thinking and innovation

Industri kreatif di Indonesia terus berkembang. Tak dipungkiri jika kebutuhan untuk berkontribusi dan kreatif sangat dibutuhkan di seluruh industri kreatif. 

Kebutuhan analytical thinking and innovation ini sangat penting untuk melakukan analisa serta memahami seluruh penyelesaian masalah. Oleh karena itu, kemampuan ini sangat penting untuk dimanfaatkan dalam dunia kerja.

 2. Active learning and learning strategies

Perlu diketahui, kebutuhan untuk terus belajar tidak akan pernah berakhir. Begitu juga saat memasuki dunia kerja. Kemampuan ini sangat dibutuhkan agar setiap karyawan bisa terus mengasah skill mereka dengan baik. 

Salah satu kemampuan yang terus diasah dengan melakukan aktivitas membaca, menulis, diskusi, dan menyelesaikan masalah. Dengan demikian kemampuan ini bisa diaplikasikan di masa yang akan datang.

 3. Complex problem-solving

Setiap karyawan diharapkan mampu memiliki keterampilan untuk melakukan pemecahan masalah. Pemecahan masalah tersebut dianggap sangat krusial karena akan membantu perusahaan terus berkembang pesat dengan melakukan evaluasi.

Di era yang serba digital di masa depan, kebutuhan skill complex problem-solving sangat membantu pihak perusahaan untuk terus berpikir maju dan improve

4. Critical thinking analysis

Tak hanya menggunakan kemampuan complex problem-solving, rupanya kemampuan critical thinking juga sangat dibutuhkan dalam dunia industri di masa depan. Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk melakukan analisa detail jika terjadi permasalahan di dalam kantor. 

Kemampuan berpikir kritis akan membantu seluruh pegawai di masa depan untuk lebih bisa bekerja dengan baik. Seperti dalam melakukan observasi, analisis, komunikasi dan penyelesaian masalah. 

5. Creativity, originality and initiative

Di dunia industri masa depan, kebutuhan untuk tetap kreatif inovatif sangat diutamakan. Tak hanya itu saja, kemampuan untuk menjunjung tinggi orisinalitas sangat dibutuhkan  untuk menciptakan dunia kerja yang sangat kondusif. 

 6. Leadership and social influence

Tak hanya kreatif, inovatif dan problem solving saja, kemampuan leadership dan social influence juga sangat dibutuhkan. Kemampuan memimpin amat sangat penting diterapkan di masa depan. Kemampuan memimpin ini akan berdampak terhadap karyawan mampu berkolaborasi satu sama lain. Terutama di dalam kemampuan bersosialisasi. 

7. Technology use, mentoring and control

Kebutuhan untuk terus mengembangkan teknologi sangat dibutuhkan dalam dunia industri kreatif. Kemampuan tersebut tentunya membutuhkan pengawalan tersendiri agar bisa menjadi lebih baik. Untuk itu, mempersiapkan diri untuk bisa melakukan mentoring dan melakukan kontrol diperlukan. 

8. Technology design and programming

Design dan programming merupakan dua skill yang wajib dikuasai di tahun 2025. Kedua skill ini sangat  berhubungan dengan teknologi. Jadi, tak dipungkiri bisa banyak perusahaan yang berusaha mencari kedua skill ini. 

9. Resilience, stress tolerance and flexibility

Resilience merupakan salah satu kemampuan untuk tetap bertahan meskipun banyak halang rintang. Kemampuan ini sangat diperlukan di dunia kerja. Mengingat masa kuliah berbeda dengan keadaan di dunia kerja. 

Selain itu kemampuan untuk stress tolerance dan flexibility juga harus didalami oleh mahasiswa untuk menyiapkan dunia kampus. Sehingga, bisa dibilang bahwa ketiga kemampuan ini sangat penting untuk disalami oleh mahasiswa agar lebih siap ketika mendalami dunia kerja. 

10. Reasoning, problem solving and ideation

Kemampuan memberikan pendapat, menyelesaikan masalah dan tentunya memberikan ide cemerlang masih sangat booming di tahun 2025. Jadi, setiap mahasiswa wajib untuk mendalami ketiganya agar bisa survive di dunia kerja. 

Sebenarnya, dalam dunia kuliah kemampuan tersebut sulit untuk dilakukan. Namun, mahasiswa bisa melakukannya dengan mudah melalui kegiatan magang, pertukaran pelajar, hingga melakukan aktivitas di luar kampus. 

Nah, beruntungnya kegiatan-kegiatan tersebut kini sudah diwadahi melalui kampus merdeka. Sehingga, mahasiswa bisa terlatih sejak di bangku kuliah. 

Bagikan artikel ini

Komentar