12 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita | Info SEVIMA • 21 Apr 2022

15 Jenis Kata Hubung Lengkap dengan Contohnya yang Baik dan Benar

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM- Kata hubung dalam sebuah kalimat merupakan suatu hal yang sangat penting. Dalam bahasa Indonesia sendiri, kamu akan mengenal beberapa jenis kata hubung atau kata penghubung yang disebut juga dengan istilah konjungsi. Pada dasarnya kata penghubung ini tidak hanya ada di bahasa Indonesia namun juga di bahasa negara lain, termasuk bahasa Inggris. 

Penggunaannya akan membantu membangun kalimat yang efektif sehingga mudah dipahami dan juga enak untuk dibaca. Jenis dari kata penghubung ini kemudian sangat beragam yang sekaligus memiliki beberapa fungsi khas. Sehingga penting untuk dipelajari dan dipahami sekaligus dikuasai. 

Sebab jenis kata ini tentu akan sering digunakan, baik ketika membuat suatu tulisan maupun ketika mengucapkan suatu kalimat. Lalu, darimana harus memulainya? Bisa dimulai dengan mengetahui definisi dari kata hubung itu sendiri dan berikut penjelasannya. 

Baca juga: Apa Itu OBE, Penerapan dan Penilaiannya?

Pengertian Kata Hubung 

Hal pertama dan mendasar dari materi kata penghubung adalah definisinya. Kata penghubung yang juga disebut sebagai kata sambung merupakan suatu bentuk kata tugas yang dalam sebuah kalimat memiliki fungsi sebagai penghubung. 

Sehingga memiliki kemampuan untuk menghubungkan atau menggabungkan klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat, dan juga antara paragraf dengan paragraf. Artinya setiap kali ada suatu kata atau kalimat dan paragraf yang memang perlu dihubungkan maka penggunaan kata sambung menjadi hal wajib untuk dilakukan. 

Supaya pembaca bisa mengetahui dan memahami bahwa kedua klausa, kalimat, dan paragraf tersebut memang terhubung satu sama lain. Maksud dari tulisan pun bisa dipahami dengan baik oleh pembacanya. Jika kata sambung ini dihilangkan maka ada resiko pembaca menjadi bingung dan ada kemungkinan juga kalimat menjadi punya banyak makna. 

Fungsi dari kata sambung ini kemudian cukup beragam sehingga dalam bahasa Indonesia juga memiliki beberapa definisi. Selain yang dijelaskan diatas, kata sambung juga memiliki definisi sebagai sebuah kata tugas yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat. 

Dalam definisi lain, kata sambung diartikan sebagai sebuah kata tugas yang dalam kalimat atau klausa dan paragraf berfungsi sebagai alat untuk meluaskan satuan lain dengan konstruksi hipotaktis. 

Sedangkan untuk penempatan, kata sambung bisa ditempatkan di tengah kalimat dan bisa juga di awal paragraf dan kalimat. Sehingga pada saat digunakan untuk menghubungkan antar klausa maka ditempatkan di tengah antara satu klausa dengan klausa lain. Sedangkan saat menghubungkan kalimat dan paragraf maka ditempatkan di bagian awal. 

Jenis Kata Hubung dan Contohnya 

Kata hubung kemudian memiliki jenis yang sangat beragam, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai 16 jenis. Berikut adalah beberapa jenis tersebut beserta contohnya: 

1. Kata Hubung Aditif 

Jenis kata sambung yang pertama adalah kata sambung aditif yang disebut juga sebagai kata sambung gabungan. Yakni jenis kata sambung yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antar klausa, maupun kalimat dan paragraf yang memang memiliki kedudukan yang sama. 

Jadi, ketika satu klausa memiliki kedudukan yang sama maka dijamin akan memakai kata sambung jenis ini. Sehingga pembaca bisa mengetahui bahwa kedua klausa maupun kalimat dan paragraf tersebut memiliki kedudukan yang sama, bobot yang sama, urgensi yang sama, dan seterusnya. 

Contoh kata sambung di dalam jenis satu ini adalah kata dan, lagipula, dan juga kata serta. Berikan beberapa contohnya: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  dan  Kakak dan adik tersebut terlihat selalu akur. Kucing dan anak-anaknya yang baru lahir kemarin terlihat sehat. Jahe dan santan bisa dibuat menjadi minuman tradisional yang enak. 
  serta  Ika, Mawar, serta Ina sudah menyelesaikan tes TOEFL dengan baik.Bantal dan kursi serta sofa sudah dibersihkan oleh jasa cleaning yang sangat profesional. Tempe dan tahu serta jenis protein nabati lain sangat tepat dikonsumsi secara teratur. 
  lagipula Tidak masalah bilang tidak, lagipula memang ajakan tersebut sebaiknya ditolak. Biarkan saja adik bangun telat, lagipula ini tanggal merah. Tidak mengapa ditolak, lagipula masih banyak yang akan menggunakannya. 

Baca Juga: 11 Fungsi dan Penggunaan Huruf Kapital Yang Benar

2. Kata Hubung Waktu 

Jenis kedua adalah kata hubung waktu dan sesuai namanya jenis ini memang menghubungkan dua klausa, kalimat, maupun paragraf yang memiliki hubungan waktu. Jenis kata sambung ini bisa digunakan pada kalimat yang sederajat maupun yang tidak sederajat. Contoh kata dan penggunaannya dalam kalimat adalah: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  Setelah  Setelah makan perut adik tentu merasa kenyang, jadi jangan langsung tiduran. Setelah mandi badan kamu dijamin terasa segar. 
  Sejak  Sejak kapan kamu berdiri disitu? Adik sudah duduk disana sejak jam 8 tadi. 
  Selanjutnya  Acara selanjutnya adalah animasi Sailormoon. Pengisi acara selanjutnya adalah Bapak Ali. 

3. Kata Hubung Pertentangan 

Jenis berikutnya adalah kata sambung pertentangan, yakni jenis kata sambung yang menghubungkan dua klausa, kalimat, maupun paragraf yang sederajat namun saling bertentangan. Adapun contoh kata dan juga contoh penggunaannya dalam kalimat adalah: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  tetapi  Dia cantik tapi sayang terlalu realistis. Ibunya baik tetap anaknya punya karakter kurang baik. 
  melainkan  Irwan bukan pilot melainkan masinis. Dia tidak membeli obat di apotek melainkan di warung pak Ahmad. 
  sedangkan  Ira ingin pamit sedangkan sang ayah ingin tinggal lebih lama. Uma ingin kurus sedangkan Ika justru ingin gemuk. 

Baca Juga: 145 Kata Baku dan Tidak Baku Beserta Fungsinya

4. Kata Hubung Pilihan 

Kata sambung berikutnya adalah kata sambung pilihan yakni jenis kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat, paragraf, maupun klausa yang tujuannya untuk memberikan atau menyampaikan beberapa pilihan. Contoh kata dan penggunaannya adalah sebagai berikut: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  atau  Kamu ingin membeli es krim atau buku? Apakah kamu ingin menjadi orang sukses atau sebaliknya?
  ataupun  Baik ayam ataupun daging sapi dia suka keduanya. Mau kurus ataupun gemuk dia selalu terlihat bahagia. 
  maupun  Nita menghabiskan siang maupun malam untuk menyelesaikan skripsinya. Baik naik motor maupun naik mobil sepertinya Ika tidak mempermasalahkannya. 

5. Kata Hubung Tujuan 

Selanjutnya ada kata sambung tujuan yakni jenis kata sambung yang fungsinya untuk menjelaskan suatu tujuan atau menjelaskan tujuan dari suatu kejadian yang disampaikan oleh penulis atau penutur. Contoh kata dan penggunaannya pada kalimat adalah: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  untuk  Anita membeli lem untuk merekatkan kertas pada paralon. Ayam membelikan sepeda untuk adik supaya tidak perlu jalan kaki saat berangkat mengaji. 
  agar  Agar cepat kurus dia memilih diet ketat. Polisi terlihat sibuk mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. 
  supaya  Lampu lalu lintas terus aktif supaya tidak ada yang menerobos jalan. Adik sarapan sehat supaya bisa fokus saat belajar di sekolah. 

Baca Juga: Begini Cara Penulisan Judul yang Benar, Jangan Salah Lagi, Ya!

6. Kata Hubung Sebab

Kata sambung selanjutnya adalah kata sambung sebab, yakni jenis kata sambung yang berfungsi sebagai media untuk menjelaskan suatu kejadian yang terjadi karena sebab tertentu. Contoh kata dan penggunaannya sendiri adalah sebagai berikut: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  sebab  Adi bisa sakit sebab dia kurang memperhatikan pola makan. Mereka sangat berempati sebab mereka sendiri juga pernah menjadi korban. Ika memutuskan belajar giat sebab dia tahu belajar adalah cara terbaik untuk lulus tepat waktu. 
  karena  Hanya karena ingin kurus bukan berarti harus diet ekstrim. Karena ingin menang di pertandingan, intensitas latihan kemudian tingkatkan. Ayah akhirnya berjalan kaki karena motornya harus dibawa ke bengkel untuk sementara waktu. 

7. Kata Hubung Akibat 

Berikutnya ada kata sambung akibat yaitu jenis kata sambung yang memiliki fungsi untuk menjelaskan suatu kejadian yang disebabkan oleh suatu hal. Sehingga kalimat yang dihubungkan merupakan akibat atau dampak dari penyebab tersebut. Contoh kata dan penggunaannya adalah sebagai berikut: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  sehingga   Selama ini sudah latihan rutin sehingga dia berhasil menjadi juara pertama. Adi sering berbohong sehingga tidak banyak yang percaya dengan kata-katanya. 
  sampai  Diaduk terus adonan tersebut sampai kalis. Keasyikan bermain sampai siang membuat Adi lupa untuk pulang dan makan. 
  akibatnya  Suka menunda makan, akibatnya dia sering kena maag. Sering bermain sampai lupa waktu, akibatnya dia sering ketinggalan pelajaran. 

8. Kata Hubung Urutan 

Jenis selanjutnya adalah kata hubung urutan yakni jenis kata sambung yang fungsinya adalah menjelaskan suatu urutan dari satu klausa ke klausa lain atau antar kalimat dan paragraf. Jenis kata yang sering dipakai adalah lalu dan juga kata kemudian. Berikut contoh penggunaannya dalam kalimat: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  lalu  Setelah selesai makan lalu Ika mencuci piringnya. Selesai mandi lalu dia memutuskan untuk santai menonton televisi. Kipas angin yang dibeli sudah datang lalu dicoba apakah berfungsi atau tidak. 
  kemudian  Usai adonan kue jadi, kemudian didiamkan agar sedikit mengembang. Adik sudah tertidur, kemudian ibu memutuskan ke dapur untuk melanjutkan memasak makan siang. Hari sudah sore, kemudian semua karyawan memutuskan untuk beres-beres dan bersiap pulang. 

Baca Juga: Masih Bingung dengan Penggunaan Kata di? Simak Penjelasan Berikut

9. Kata Hubung Syarat 

Berikutnya ada kata sambung syarat, yakni jenis kata sambung yang menjelaskan bahwa suatu kejadian bisa terjadi jika memenuhi sejumlah syarat tertentu. Jenis kata dalam kata sambung satu ini cukup beragam dan paling umum adalah sebagai berikut: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  jika  Jika ingin pandai maka harus rajin belajar. Jika ingin tubuh tetap sehat maka harus memperhatikan apa yang dimakan. 
  kalau  Kalau sudah sampai di Singapura Adi diminati mengabari ibunya. Kalau adik berhasil mendapat rangking dua maka bisa mendapatkan tas baru dari ayah. 
  jikalau  Sebenarnya kejadian ini tidak perlu terjadi jikalau semua sudah menyiapkan antisipasi. Kondisi Nita tidak akan memburuk jikalau mendapat pertolongan dengan cepat. 
  apabila  Rina tidak akan sakit apabila dirinya tidur yang cukup. Kamar ini tidak akan berantakan apabila selalu rajin dirapikan oleh pemiliknya. 

10. Kata Hubung Tak Bersyarat 

Kata sambung berikutnya adalah kata sambung tak bersyarat yakni jenis kata sambung yang digunakan untuk menghubungkan antar klausa, kalimat, maupun paragraf yang berfungsi untuk menyatakan suatu hal bisa terjadi tanpa ada syarat yang harus dipenuhi. 

Contoh kata untuk kata sambung jenis ini juga cukup beragam. Berikut contoh kata sekaligus contoh penggunaannya dalam kalimat: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  walaupun  Walaupun penampilannya terlihat aneh namun dia sangat percaya diri dna inspiratif. Tidak masalah dia ikut, walaupun sering nakal tapi semoga tidak ada masalah kedepannya. 
  meskipun  Dia bersikeras ikut acara meskipun kondisi badannya kurang bagus. Dia tetap merasa cukup meskipun nyaris setiap hari tidak memegang uang sepeserpun. 
  biarpun  Adik tetap pergi biarpun ayam sudah marah dan melarangnya. Hujan tetap turun dengan deras biarpun matahari masih tetap bersinar dengan cerah.

11. Kata Hubung Perbandingan 

Kata sambung berikutnya adalah kata sambung perbandingan yang memiliki fungsi untuk membandingkan dan menghubungkan dua klausa, kalimat, maupun paragraf. Jadi jika menjumpai suatu kalimat perlu dihubungkan sekaligus dibandingkan satu sama lain maka dijamin memakai kata sambung ini. 

Adapun contoh kata dan juga contoh penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  seperti   Kelakuannya seperti katak dalam tempurung sangat membatasi diri. Pecahan kaca itu memiliki bentuk seperti sebutir telur. Kipas angin kecil itu bentuknya mirip dengan wajah tokoh Hello Kitty. 
  sebagai  Lapangan itu dibangun sebagai tempat untuk olahraga masyarakat sekitar. Mata air itu berfungsi sebagai sumber air bagi kehidupan masyarakat sekitar. Jembatan itu dibangun sebagai media untuk memudahkan mobilitas antara desa A dengan desa B.
  bagaikan  Perangai adik kakak itu bagaikan kucing dengan anjing. Semilir angin yang berhembus bagaikan sapuan tangan si ayah yang lembut. Saat berjalan dirinya terlihat bagaimana supermodel yang melenggok di atas catwalk

Baca Juga: Berkenalan dengan Kertas Ukuran A4 Beserta Penggunaannya

12. Kata Hubung Pembenaran 

Kata sambung lainnya adalah kata sambung pembenaran yakni kata sambung yang digunakan untuk menghubungkan klausa, kalimat maupun paragraf dengan cara membenarkan satu hal dan kemudian menolak hal lainnya. Sehingga ketika ada salah satu yang dibenarkan dan disalahkan maka akan memakai kata sambung ini. 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  biar   Lepaskan saja anak itu biar dia tahu rasanya lari di lapangan seperti apa. Makanan itu diracik sebaik mungkin biar laku keras saat dijajakan oleh penjualnya. Kertas itu dilipat-lipat biar tampilannya kucel namun tetap cocok dijadikan bahan kerajinan.  
  biarpun  Biarpun kurus asalkan badan tetap sehat dan selalu fit. Biarpun pahit, namun parea banyak disukai bahkan  beberapa orang membuatnya menjadi lalapan. Tidak masalah diambil, biarpun jatuh sakit Ani ingin tetap mandiri. 

13. Kata Hubung Korelatif 

Jenis kata hubung lainnya adalah kata sambung korelatif, yakni jenis kata sambung yang berfungsi menjelaskan bahwa dua kalimat masih saling berhubungan. Sehingga antara satu kalimat dengan kalimat lain saling memberikan pengaruh. 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  tidak hanya….tetapi juga Adit tidak hanya aktif sebagai mahasiswa tetapi juga sebagai wirausaha. Tidak hanya sibuk mencari nafkah, tetapi juga beramal dengan pekerjaannya yang mulia. 
  bukannya…. melainkan  Pelaku kejahatan tersebut bukannya Adit melainkan Ika. Sepeda itu rusak bukannya karena dipakai Ari melainkan memang sudah tua. 

14. Kata Hubung Penegas 

Kata sambung berikutnya adalah kata sambung penegas yang tentu fungsinya adalah menghubungkan dua klausa, kalimat, dan paragraf untuk menjelaskan atau menegaskan dari salah satunya. Berikut contoh kata dan penggunaanya: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
1.   bahkan   Bahkan tanpa uang pun, Ripto masih tetap hidup nyaman. Pikirannya tenang bahkan ketika badai melanda kota tempat tinggalnya. 
2.  yaitu  Fungsi garam yaitu untuk memberikan rasa asin pada makanan. Petugas yang bertanggung jawab yaitu bagian keamanan bukan bagian pemasaran. 
3.  yakni  Titik kumpul sudah disepakati, yakni di lokasi yang telah ditentukan. Area diberi batas, yakni untuk mencegah kecelakaan saat acara digelar. 

15. Kata Hubung Pembatas 

Berikutnya ada kata sambung pembatas yang tidak hanya menghubungkan namun juga berfungsi sebagai batasan terhadap suatu kejadian atau hal. Contoh kata dan penggunaannya adalah sebagai berikut: 

No.  Kata Sambung Contoh Kalimat 
  kecuali  Perjalanan akan ditunda kecuali cuaca mulai membaik. Keputusannya sudah bulat kecuali jika memang perlu ada perubahan. 
  selain  Selain ali, yang bisa mengerjakannya hanya Iwan. Selain dipakai untuk komunikasi, smartphone juga bisa dipakai untuk berpenghasilan. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×