Dunia Kampus

15 Kampus Terbaik 2020 Versi Kemendikbud, IPB Geser ITB & UGM

SEVIMA.COM – [Daftar ter Update] Dari kemarin beberapa institusi telah merilis peringkat kampus terbaik versi masing-masing. Nah akhirnya yang ditunggu-tunggu pemeringkatan resmi 2020 dari Kemendikbud telah rilis yang melibatkan 2.136 kampus di Indonesia.

Secara rutin, setiap bulan Agustus, Pemerintah secara resmi mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi. Tahun ini pengumuman klasterisasi perguruan tinggi dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi ( Dirjen Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Klasterisasi perguruan tinggi ini bertujuan membangun landasan bagi Kemendikbud dan perguruan tinggi untuk melakukan perbaikan terus-menerus dalam rangka meningkatkan performa dan kesehatan organisasi.

Selain klasterisasi, Dirjen Dikti Kemendikbud juga melakukan pemeringkatan perguruan tinggi berbasis pada 4 indikator penilaian meliputi:
1. Indikator Input (20 persen): meliputi persentasi jumlah dosen S3, jumlah lektor dan guru besar, rasio mahasiswa dan dosen, jumlah mahasiswa asing dan jumlah dosen yang bekerja sebagai praktisi industri.
2. Indiktor proses (25 persen): meliputi penilaian akreditasi universitas dan program studi, kerja sama perguruan tinggi, pembelajaran daring, pelaksanaan Kampus Merdeka, dan kelengkapan laporan.
3. Indikator output (25 persen): meliputi penilaian jumlah artikel ilmiah, kinerja penelitian dan mahasiswa, dan jumlah prodi bersertifikasi internasional.
4. Indikator outcome (30 persen): meliputi penilaian kinerja inovasi, jumlah lulusan yang memperoleh kerja dalam waktu 6 bulan, jumlah nilai sitasi per dosen, dan kinerja pengabdian masyarakat

15 Universitas Terbaik Di Indonesia Terbaru Versi Kemendikbud:

1. Institut Pertanian Bogor

Dengan skor 3,648 – klaster 1. Institut Pembangunan Bogor adalah perguruan tinggi berbentuk institut yang berada di provinsi Jawa Barat, tepatnya di kota Bogor. IPB lebih berfokus di bidang pertanian, meski banyak juga jurusan non-agragris. IPB konsisten masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia di peringkat 10 besar.

Singkatan : IPB
Kota : Bogor, Jawa Barat
Didirikan : 1 September 1963

2. Universitas Indonesia

Dengan skor 3.414 – klaster 1. Berikutnya dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia adalah Universitas Indonesia atau UI. Letaknya berada di perbatasan kota Depok dan Jakarta, namun sering dianggap sebagai universitas di Jakarta. Kampus negeri di Jakarta ini pertama didirikan di tahun 1849. UI juga pernah beberapa kali menempati peringkat 1 list universitas terfavorit di Indonesia dan termasuk salah satu universitas terbesar di Indonesia.

Singkatan : UI
Kota : Depok, Jawa Barat
Didirikan : 1849

3. Universitas Gadjah Mada

Dengan skor 3.315 – klaster 1. Urutan universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Gajah Mada atau biasa disingkat UGM. Kampus UGM terletak di Yogyakarta dan sudah didirikan sejak tahun 1949. UGM memang konsisten menempati posisi 1 daftar universitas terbaik di Indonesia. Dengan statusnya sebagai PTN.

Singkatan : UGM
Kota : Sleman, Yogyakarta
Didirikan : 19 Desember 1949

Baca juga: 6 Metode Pembelajaran Paling Efektif di Masa Pandemi Menurut Para Pakar

4. Universitas Airlangga

Dengan skor 3.299 – klaster 1. Tak lengkap membahas daftar ranking universitas di Indonesia terbaru tanpa memasukkan universitas di Surabaya. Universitas Airlangga atau UNAIR mungkin paling pas jika disebut sebagai universitas terbaik di Surabaya. UNAIR terkenal sebagai kampus yang memiliki kredibililtas dan moralitas tinggi serta salah satu universitas terbaik di Jawa Timur.

Singkatan : UNAIR
Kota : Surabaya, Jawa Timur
Didirikan : 10 November 1954

5. Institut Teknologi Bandung

Dengan skor 3.275 – klaster 1. Peringkat universitas terbaik di Indonesia dipegang ITB, singkatan dari Institut Teknologi Bandung. PTN di Bandung ini layak menjadi institut terbaik di Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan teknik dan sains. ITB didirikan sejak tahun 1959 dan mampu mempertahankan kualitas sebagai salah satu yang termasuk daftar PTN terbaik di Indonesia.

Singkatan : ITB
Kota : Bandung, Jawa Barat
Didirikan : 2 Maret 1959

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Dengan skor 3.218 – klaster 1. Satu lagi kampus negeri di Surabaya yang masuk 10 besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia, apa lagi kalau bukan ITS. Singkatan dari ITS adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan terletak di daerah Sukolilo, Surabaya. Pertama didirikan di tahun 1957, ITS berfokus untuk mengembangkan bidang teknologi dan maritim Indonesia.

Singkatan : ITS
Kota : Surabaya, Jawa Timur
Didirikan : 10 November 1957

7. Universitas Hasanuddin

Dengan skor 3.161 – klaster 1. Tidak mau kalah dengan yang di jawa, Universitas Hasanuddin, masuk di daftar universitas terbaik. Universitas Hasanuddin yang kemudian disingkat UNHAS, merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 10 September 1956.

Singkatan : UNHAS
Kota : Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan
Didirikan : 10 September 1956

Baca juga: Gak Usah Bingung Mau Kuliah di Mana, Cari di Maukuliah.id Aja

8. Universitas Brawijaya

Dengan skor 3.161 – klaster 1. Tidak mau ketinggalan dari universitas di surabaya, Universitas Brawijaya juga menjadi salah satu universitas terbaik di Jawa Timur. Universitas Brawijaya atau UB didirikan di tahun 1963 dan terletak di kota Malang. Dulunya singkatan universitas ini adalah UNIBRAW, namun kemudian disederhanakan lagi menjadi UB sampai sekarang.

Singkatan : UB
Kota : Malang, Jawa Timur
Didirikan : 5 Januari 1963

9. Universitas Diponegoro

Dengan skor 3.111 – klaster 1. UNDIP juga termasuk dalam urutan universitas terbaik se Indonesia ini. UNDIP atau Universitas Diponegoro terletak di kota Semarang, dan layak dianggap sebagai universitas terbaik di Jawa Tengah. Letaknya yang cukup strategis serta pilihan jurusan yang bervariasi membuat UNDIP jadi salah satu rekomendasi tempat kuliah terbaik di Indonesia yang enak.

Singkatan : UNDIP
Kota : Semarang, Jawa Tengah
Didirikan : 9 Januari 1957

10. Universitas Padjadjaran

Dengan skor 3.007 – klaster 1. Tidak mau kalah dengan tetangganya ITB, Universitas Padjadjaran atau yang sering dikenal UNPAD menjadi universitas terbaik ke 10. UNPAD merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Singkatan : UNPAD
Kota : Bandung, Jawa Barat
Didirikan : 11 September 1957

11. Universitas Sebelas Maret: skor 2.930
12. Universitas Negeri Yogyakarta: skor 2.908
13. Universitas Andalas: skor 2.860
14. Universitas Sumatera Utara: skor 2.792
15. Universitas Negeri Malang: skor 2.747

Itulah daftar kampus terbaik 2020 versi Kemendikbud. Semoga membantu, jika tulisan ini membantu kamu, jangan lupa untuk dibagikan ke teman-teman yang lain agar pada tahu ya.

Bagikan artikel ini

Komentar