7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Mahasiswa • 18 Aug 2021

3 Faktor UGM Diminati Banyak Calon Mahasiswa

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM– Siapa sih yang tak kenal dengan kampus UGM. Yaps, UGM yang merupakan kepanjangan dari Universitas Gadjah Mada, merupakan salah satu perguruan tinggi PTN-BH (Perguruan Tinggi Berbadan Hukum) yang terletak di kota Yogyakarta. 

Kampus ini bisa dibilang salah satu perguruan tinggi ternama dan tertua yang terletak di Indonesia. Menurut Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU ASEAN Eng, pada tahun 2020 jumlah pendaftar UGM mencapai 76.000 pendaftar. Maka di tahun ini UGM sedikit membatasi membludaknya pendaftar di kampus itu.

“Pendaftaran tahun 2021 ini kami batasi agar tidak terjadi pembludakan pendaftar. Makanya untuk periode pendaftaran kami pangkas dari tahun sebelumnya,” tutur Prof. panut saat melakukan Talkshow bersama tim SEVIMA pada (20/7) lalu. 

Berdasarkan pengamatan Prof. Panut, banyaknya calon mahasiswa yang ingin masuk di UGM ini lantaran beberapa hal, antara lain.

Baca juga: 10 Jurusan Paling Laris di UGM, Berani Ambil?

Alasan calon mahasiswa ingin masuk UGM

 1. Masuk UGM tidak ada uang gedung

Faktor penentu utama UGM sangat laris diburu oleh calon mahasiswa adalah tidak adanya uang gedung di kampus tersebut. Sang Rektor, Prof. Panut pun juga mengakui kebenaran tersebut. Menurutnya, tingginya minat masuk ke perguruan tinggi tak hanya dari kualitas kampus saja, namun juga bisa dilihat dari faktor biaya kuliah yang merakyat. 

“Biaya kuliah di UGM tidak membebankan uang gedung kepada calon mahasiswa. Baik dari jalur SNMPTN, SBMPTN, bahkan jalur UM UGM pun kami tak menarik uang gedung. Hanya UKT saja yang wajib dibayar oleh mereka,” jelas Prof. Panut sembari menjelaskan. 

2. QS WCU urutan pertama

Faktor penentu lainnya adalah kampus UGM menduduki peringkat teratas di Indonesia pada WCU rank. Inilah yang membuat kampus UGM makin dicari oleh banyak orang. 

“Selama beberapa tahun ini UGM menduduki peringkat teratas di QS WCU rank. Inilah yang menjadi salah satu aspek kenapa UGM selalu dinanti oleh puluhan ribu calon mahasiswa,” ungkapnya. 

3. Lulusan terbukti berkompeten

Bukan rahasia lagi jika UGM melahirkan alumni yang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Tak hanya itu saja, UGM juga mampu mencetak banyak pemimpin bangsa. Banyak menteri dan pejabat publik berasal dari kampus ini. Bahkan presiden Indonesia pun juga merupakan alumni dari kampus ini. 

“Ya bukan rahasia lagi jika banyak alumni dari UGM menjadi pejabat di negeri ini. Banyak yang jadi menteri, bahkan sampai presiden. Mungkin banyak calon mahasiswa yang memiliki mimpi yang sama menjadi calon menteri dan pejabat publik lain. Makanya banyak dari mereka yang ingin masuk di kampus ini,” tambah Prof. Panut. 

Baca juga: Bukan Hanya UGM, Inilah 5 Kampus Terbaik di Yogyakarta Versi Kemenristek/BRIN

Nah, itulah 3 alasan yang paling utama kenapa banyak calon mahasiswa yang berebut masuk di UGM. Terlepas dari itu semua, UGM memang menjadi contoh pusat pendidikan di negeri ini. Tak heran banyak sekali calon mahasiswa yang ingin mengejar mimpi di kampus yang satu ini. 

Biar makin siap dalam masuk ke perguruan tinggi, kamu bisa langsung kunjungi maukuliah.id. Dapatkan berbagai informasi seru menuju kampus impianmu. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×