Berita | Dunia Mahasiswa | Tips & Trik

Wajib Terapkan ! 3 Hal ini Bikin Sukses Generasi Muda ala Direktur Human Capital Waskita

SEVIMA.COM – Beberapa tahun mendatang, impact masa depan sangat ditentukan oleh generasi muda. Memupuk potensi mereka sejak dini bisa meningkatkan kualitas sebuah bangsa. 

Menurut penuturan Ir. Hadjar Seti Adji, M.EngSc, Direktur Human Capital Management & System Development – Waskita Karya, anak muda masih memiliki semangat yang sangat tinggi dalam proses belajar. Oleh karena itu, generasi muda menjadi sebuah ujung tombak suatu negara. Kualitas dari negara tersebut akan terlihat dari kualitas dari generasi anak mudanya. 

“Jika ingin mengubah suatu bangsa, hal utama yang harus dilakukan adalah mengubah kebiasaan dan mindset generasi mudanya,” tegas Hadjar saat Talkshow Online bersama SEVIMA (17/08) lalu. 

Sayang, dalam mencapai proses belajar yang benar, para generasi muda kerap menemukan kesulitan di awal. Apalagi dalam situasi pandemi seperti ini, proses sosialisasi dan belajar para generasi muda sangat terhambat ruang dan waktu. 

Kesulitan inilah yang membuat Hadjar berinisiatif untuk mengunggah semua materi motivasi untuk para pelajar di kanal Youtube miliknya. Hadjar sangat yakin, melalui media digital ini semua materi yang dibutuhkan para generasi muda bisa tersampaikan dengan baik. 

Baca juga: Inilah Alasan Kenapa Generasi Millenial Rentan Mengalami Gangguan Mental Menurut Psikiater UNAIR

Menurut Hadjar, para generasi muda harus menanamkan tigal hal ini agar kemampuannya meningkat.

1. Lakukan Time Management yang baik

 

 

Menurut Hadjar, dirinya sering menemui generasi muda kesulitan mengatur time management. Mereka kerap kali mengeluh kelabakan dan sulit melakukan banyak aktivitas dalam sekali waktu. 

“Banyak kejadian di sekitar saya, para anak muda itu sering kelabakan saat melakukan banyak aktivitas. Mereka kesulitan mengatur time management. Makanya, mereka harus belajar lebih banyak dalam mengatur time management yang baik,” tegasnya. 

 

2. Mampu mengambil keputusan

 

Selain time management , anak muda zaman sekarang juga sulit mengambil keputusan. Keputusan sekecil apapun sulit sekali mereka lakukan. 

“Beberapa pelajar kerap bertanya kepada saya mengenai pengambilan keputusan. Mereka mengatakan sangat sulit dalam mengambil keputusan. Bahkan ketika mereka lulus kuliah pun, mereka masih bingung mau menjadi apa,” tuturnya. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengelola Stres Bekerja Ala Pakar UNAIR

 

3. Hindari Overthinking

 

Penyakit yang banyak dialami para generasi muda saat ini adalah overthinking. Mereka kerap melakukan hal-hal yang tidak semestinya dilakukan. Nah, overthinking inilah yang menjadi penghambat bagi diri mereka. 

“Banyak sekali anak muda jaman sekarang terlalu overthinking. Terlalu memikirkan masa lalu bahkan banyak juga yang terlalu worry dengan masa depan. Hal seperti ini yang harus dihindari agar generasi muda bisa merdeka dan tetap maju,” tutupnya.

Bagikan artikel ini

Komentar