+62 812-9000-4560     support@sevima.com


3 Masalah Yang Sering Dihadapi Bagian Keuangan Perguruan Tinggi

SIM SEVIMATeknologi
 

adminweb

 

14 Agustus 2019

SEVIMA.COM – Mengelola keuangan perguruan tinggi bukanlah pekerjaan mudah, banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan dan juga keputusan perguruan tinggi yang harus diambil dengan waktu yang cepat. Salah satunya termasuk saat melakukan transaksi keuangan, ini bersangkutan dengan masuk dan keluarnya uang perguruan tinggi yang tidak sedikit.

Tetapi, yang sering menjadi masalah dalam perguruan tinggi adalah pada saat pembuatan laporan keuangan, tanpa disadari dalam pembuatan laporan ini banyak yang ketidakcocokan neraca pada akun keuangan perguruan tinggi. Bahkan tidak jarang bagian keuangan kampus tidak tahu dimana letak kesalahan dan tidak tahu dari mana akar permasalahan tersebut. Berikut beberapa masalah yang sering dihadapi pada keuangan perguruan tinggi kecil:

3 Masalah Yang Sering Dihadapi Bagian Keuangan Perguruan Tinggi

1. Pencatatan Transaksi Kurang Tertib & Rapi

Masalah yang paling banyak dikeluhkan bagian keuangan perguruan tinggi adalah tidak tercatatnya laporan keuangan secara rapi karena tidak rutin input transaksi penerimaan atau pengeluaran. Bahkan karena masih mengelola secara manual terkadang terjadi human error atau kurangnya ketelitian, sehingga banyak terjadi kesalahan dalam penginputan transaksi.

2. Kurang Mengetahui Cerminan Kondisi Keuangannya Sendiri

Pengalaman tim SEVIMA ketika implementasi sistem keuangan di perguruan tinggi, banyak dari bagian keuangan kampus tidak tahu kondisi keuangan perguruan tinggi saat ini, apakah sedang untung atau rugi, karena hutang piutang dan harta tidak termonitor secara konsisten sehingga tidak tahu jumlah kekayaan perguruan tingginya sendiri. Sebenarnya perguruan tinggi punya banyak harta akan tetapi rasanya keuangan seret terus, tentu ini sebab dari ketidaktahuan akan tolak ukur kondisi keuangan kampusnya sendiri.

3. Tidak Mempunyai Kontrol Keuangan Yang Baik

Permasalahan serius yang sering dialami bagian keuangan perguruan tinggi adalah tidak terkontrolnya alur keuangan perguruan tinggi. Bagian keuangan tidak tahu pos-pos pengeluaran dan pemasukan (akun transaksi dan unit kerja). Terkadang bagian keuangan juga tidak bisa mengatur pengeluaran agar sebanding dengan pemasukan, jika ini terjadi sangat berbahaya bagi perguruan tinggi.

Itulah 3 masalah akuntansi yang sering terjadi di pergruan tinggi, universitas, sekolah tinggi kecil bahkan perguruan tinggi negeri, untuk itu sebaiknya hindari beberapa masalah akuntansi kampus yang sering terjadi. Agar bisa mendapatkan laporan keuangan yang tepat dan akurat.

Untuk mempermudah pekerjaan Akuntan dan tentunya sangat bermanfaat bagi perguruan tinggi, tersedia berbagai aplikasi software akuntansi yang fungsinya juga membantu pengelolaan keuangan perguruan tinggi. Salah satu software akuntansi yang sering dipakai oleh perguruan tinggi adalah Finance Cloud. Finanace Cloud ini juga sangat membantu Anda dalam persaingan, dimana waktu yang biasanya Anda gunakan untuk mengurus laporan pembukuan perguruan tinggi Anda, dapat lebih hemat dan Anda bisa lebih fokus untuk perkembangan kampus.

Aplikasi software akuntansi Finance Cloud ini berstandar akuntansi yang bisa membuat atau menyusun pelaporan dan pembukuan keuangan, dan juga dengan bantuan Cloud, jadi kampus anda tidak perlu pusing dalam menangani server Universitas Anda sendiri. Server ditangani oleh profesional di bidang IT dan jaminan akses selama 24 jam serta terjamin keamanan datanya.

Ingin membuat keuangan kampus menjadi lebih terkendali dan membantu dalam akreditasi Kampus nantinya?, yuk gunakan Finance Cloud SEVIMA. Ada HARGA KHUSUS untuk Grand Launching SEVIMA Finance Cloud ini, segera dapatkan DISKON HINGGA 40%, yuk cek benefit yang ada dapatkan disini: financecloud.id

Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami