support@sevima.com

 +62 31 8722719


3 Resolusi Mudah Perguruan Tinggi Tapi Banyak Membawa Perubahan

Dunia Kampus
 

adminweb

 

27 Desember 2018

SEVIMA.CO.ID – Tahun baru merupakan awal dari segala pengharapan, tak terkecuali bagi kampus atau perguruan tinggi. KAMPUS yang sering disebut sebagai awal perjalanan perjuangan ini, tentu sudah banyak pembaharuan yang diciptakan demi kualitas segala sektornya, dan tentu dengan adanya tahun baru ini akan menjadi moment untuk membuat resolusi yang lebih baik lagi.

Resolusi mempunyai arti suatu tindakan perubahan dalam mencapai keinginan. Begitu pula yang diperlukan kampus dalam mencapai cita-cita setiap mahasiswanya maupun dosen serta pihak yang bersangkutan di dalamnya.

Saat ini Indonesia juga telah memasuki era disruptif resolusi 4.0. untuk itu penting bagi perguruan tinggi untuk melakukan resolusi, khususnya resolusi untuk tahun baru 2019 ini. Berikut ini 3 resolusi gampang buat kampus-kampus agar semakin maju dan berkualistas.

1. Menuju Smart Campus

Smart Campus merupakan konsep sebuah kampus yang menerapkan dan memadukan sistem pembelajaran dengan penggunaan Teknologi Informasi. Intinya adalah untuk mempermudah dalam kegiatan proses belajar-mengajar dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

Salah satu contoh dari penerapan Smart Campus adalah dengan penggunaan Sistem Infromasi Akademik Terintegrasi. Dengan menggunakan Sistem Akademik Terintegrasi yang ada pada Smart Campus, pegawai dapat menggunakan data perkuliahan mahasiswa untuk digunakan pada kepentingan sistem yang lainnnya. Misalnya pada sistem Keuangan (Finance), Library, Smart Parking, beasiswa dan kepentingan lainnya.

Sudah saatnya nih kampus mu menuju smart campus.

2. Link and match pendidikan dan dunia kerja

Kurikulum dan sistem pendidikan terutama pendidikan tinggi di Indonesia sudah saatnya sesuai dengan kebutuhan kerja (link and match). Pasalnya, sampai saat ini lulusan pendidikan tinggi belum menjadi jaminan bisa memasuki pasar kerja dan dunia industri.

Seperti kita tahu, hampir setiap tahun terjadi peningkatan pengangguran lulusan pendidikan tinggi. Pasalnya, lulusan perguruan tinggi belum didukung dengan kemampuan atau kompetensi untuk masuk ke pasar kerja.

Oleh karena itu, sebagai pihak kampus, langkah kongkrit yang dapat dilakukan oleh lembaga pendidikan dan pelatihan adalah menyesuaikan program pendidikan dan pelatihan dengan kebutuhan pasar.

3. Pembelajaran Online (e-learning)

Sekarang zamanya serba online, tak terkecuali dalam hal belajar atau perkuliahan atau yang sering kita kenal dengan e-learning. Penggunaan e-learning banyak manfaat, seperti memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran.

Dengan e-learning mahasiswa juga tidak perlu mengadakan perjalanan menuju tempat pelajaran disampaikan, e-learning bisa dilakukan dari mana saja baik yang memiliki akses ke Internet ataupun tidak.

Itulah 3 resolusi yang harus segera terimplementasi di kampus anda di tahun 2019 yang telah memasuki era disruptif resolusi 4.0 ini. Pasti anda tidak ingin jika kampus anda ditnggalkan karena tidak mengikuti perkembangan zaman. Semoga bermanfaat.

Ingin kampus anda administrasi akademik beres, pelaporan Feeder beres & akreditasi sukses, yuk klik: gofeeder.sevima.com

Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami