Berita | Dunia Mahasiswa

4 Tips Bagi Mahasiswa Jalani Kuliah Offline dari Wakil Rektor Unnes

SEVIMA.COM – Nama Hendi Pratama mungkin sudah tak asing lagi di jagad maya. Wakil Rektor Universitas Semarang itu sempat viral di TikTok beberapa waktu lalu.

Hendi yang juga seorang komika, viral karena memberikan tips mengerjakan skripsi bagi mahasiswanya. Nah kali ini Hendi kembali memberikan tips kepada mahasiswanya yang sudah mulai kembali kuliah secara offline.

Hendi mengatakan pekan ini di Unnes mulai menerapkan perkulihan dengan sistem hybrid. Mengingat level PPKM di Semarang sudah berada pada level 2 karena penanganan pandemi di Jawa Tengah menunjukkan tren yang positif.

Sistem perkuliahan hybrid merupakan penggabungan kuliah tatap muka dan kuliah daring. Dimana sebagian mahasiswa melakukan kuliah offline di kampus dan lainnya tetap melakukan secara daring dari rumah masing-masing.

“Sekarang yang lagi ngetren pembelajaran hybrid. Ini menggembirakan sekali, misal ada 20 mahasiswa di kelas, nah yang 10 itu datang ke kelas dan 10 sisanya di rumah,” kata Hendi kepada Sevima, beberapa waktu lalu.

Dalam menjalankan perkulihan hybrid tentu Unnes tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebab kita masih hidup di tengah pandemi. Hendi pun membagikan tips bagi mahasiswa yang melakukan kuliah di kampus. Apa saja sih tipsnya? Yuk simak!

Baca juga: 5 Tips bagi Mahasiswa untuk Tuntaskan Skripsi di Masa Pandemi ala Wakil Rektor UNNES

4 Tips Bagi Mahasiswa Jalani Kuliah Offline

1. Sudah vaksin

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran di kampus tentu harus memenuhi beberapa persyaratan. Salah satunya yakni sudah vaksin sebanyak dua kali. Menurut Hendi jika sudah vaksin booster akan lebih baik.

2. Menerapkan protokol kesehatan

Menggunakan masker tentu sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat yang ingin bepergian sebagai tindakan preventif. Begitupun bagi mahasiswa dan dosen semua harus menggunakan masker. Selain itu juga rajin cuci tangan dan menjaga jarak.

3. Mengetahui kondisi kesehatan

Bagi mahasiswa yang kurang sehat, disarankan tidak mengikuti pembelajaran di kampus. Mahasiswa diminta untuk memperhatikan kondisi kesehatan masing-masing.

“Kalau enggak yakin-yakin amat, misalnya lagi meriang, kurang sehat jangan dipaksakan berangkat, mending istirahat dulu di rumah,” ucapnya.

Baca juga: 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Persiapan SNMPTN &SBMPTN

4. Jangan berekspektasi terlalu tinggi

Melakukan pembelajaran di kampus pada masa pandemi seperti saat ini tentu akan berbeda dengan sebelum pandemi. Karena masih diberlakukan sistem pembelajaran hybrid maka jumlah mashasiswa yang datang juga terbatas.

“Jadi jangan berekspektasi terlalu tinggi ya, misalnya kalau berangkat akan ramai. Karena belum semua masuk,” ujarnya.

Hendi menambahkan pihaknya membatasi mahasiswa yang melakukan perkuliahan offline hanya yang berada di wilayah Semarang Raya saja, seperti Semarang, Kendal, dan Purwodadi. Sementara bari mahasiswa yang di luar daerah diminta tetap mengikuti pembelajaran secara online.

Itu dia empat tips bagi mahasiswa yang menjalankan pekuliahan secara offline dari Hendi Pratama, semoga bermanfaat.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

×